Soal SBMPTN Bahasa Indonesia Tahun 2018 (1)
Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2017
Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2016
Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2015
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal
nomor 1-5.
Teks 1
(1) Keterlibatan anak di dalam memasak, dapat
melihat anak untuk bergaya hidup sehat. (2) Sebuah penelitian yang diadakan
oleh Universitas Alberta di Kanada mengungkapkan bahwa anak-anak yang biasa ikut
memasak akan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan sehat. (3) Dalam studi
ini ditemukan bahwa mengajak anak-anak untuk ikut memasak dan menyiapkan
makanan di rumah adalah strategi efektif untuk mendukung kebiasaan mengon-
sumsi makanan sehat. (4) Dengan memasak ber- sama, ibu bisa mempererat hubungan
dengan anak-anaknya dan membangun komunikasi yang lebih baik.
(5) Ketika memasak, otomatis waktu anak untuk
menonton televisi dan bermain internet menjadi berkurang. (6) Selain itu, anak yang
biasa memasak di rumah cenderung tidak terlalu suka junk food. (7) Anak juga belajar
banyak hal, mulai dari membaca, berhitung, hingga sains. (8) Di sini, anak akan
belajar membaca resep, menghitung takaran dan mengolah bahan-bahan makanan. (9)
Memasak bersama juga mengajak anak belajar tentang nutrisi yang terkandung
dalam makanan sehat. (10) Jadi, mereka bisa mengetahui makanan yang sehat dan bergizi,
bagaimana memilihnya, dan membantu mereka untuk mengenal bahan-bahan dasar
masakan serta manfaatnya semenjak dini.
(diadaptasi dari http://koran-sindo.com/)
1.
Apa gagasan
utama paragraf pertama?
A.
anak yang biasa
ikut memasak akan ter- latih untuk bergaya hidup sehat
B.
anak yang biasa
ikut memasak akan me- ngetahui makanan sehat dan tidak sehat
C.
keikutsertaan
anak dalam memasak mempererat hubungan komunikasi antara ibu dan anak
D.
anak yang
biasa ikut memasak akan cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan sehat
E.
anak yang sehat
ikut memasak akan ber- gaya hidup sehat
2.
Kesalahan
penggunaan tanda baca ditemu- kan pada kalimat ….
A.
(1)
B.
(6)
C.
(7)
D.
(8)
E.
(10)
3.
Manakah pernyataan
yang jawabannya tidak terdapat dalam teks?
A.
apa yang
diperoleh anak ketika terlibat memasak?
B.
kapan anak
dapat berkegiatan memasak bersama ibunya?
C.
bagaimana cara
melatih anak untuk ber- gaya hidup sehat?
D.
apa manfaat dari
kebiasaan anak terlibat di dalam memasak?
E.
mengapa anak
sebaiknya dilibatkan di dalam kegiatan memasak?
4.
Kata ini pada kalimat merujuk pada ….
A.
konsumsi makanan sehat
B.
perilaku
gaya hidup sehat
C.
keterlibatan
anak dalam memasak
D.
penelitian
universitas Alberta
E.
pembiasaan
anak dalam memasak
5.
Kata sambung
yang salah adalah ….
A.
bahwa pada kalimat
(2)
B.
untuk pada
kalimat (3)
C.
ketika pada
kalimat (5)
D.
selain itu pada
kalimat (6)
E.
jadi pada
kalimat (10)
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal
nomor 6-8.
Teks 2
Penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak
akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan (2) Akibatnya, nutrisi dan oksigen
yang dibutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. (3) Penyebab stroke ada dua
macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah dan adanya pem- buluh darah yang
pecah.
Umumnya stroke diderita oleh orang tua karena
proses penuaan yang menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit serta
lemak yang menyumbat pembuluh darah.
Pada beberapa kasus terakhir menunjukkan
peningkatan kasus stroke yang terjadi puda usia remaja dan usia produktif (15-40
tahun). (6) Pada golongan ini penyebab utama stroke adalah stres, faktor
keturunan, gaya hidup yang otak sehat, seperti penyalahgunaan narkoba dan alkohol.
(7) Pada kasus stroke usia remaja, faktor keturunan merupakan penyebab utama
terjadinya stroke. (8) Sering ditemukan kasus stroke yang disebabkan oleh
pembuluh darah yang mudah pecah atau kelainan sistem darah, seperti penyakit hemofilia
thalassemia yang diturunkan oleh orang tua penderita. (9) Jika ayah atau ibu
menderita diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung, kemungkinan anak terkena
stroke lebih besar.
(Diadaptasi dari http://rsudieuwiliang.bogorkab.go.id/)
6.
Kalimat yang tidak
efektif terletak pada kalimat ….
A.
(2)
B.
(4)
C.
(5)
D.
(6)
E.
(8)
7.
Apa simpulan
teks tersebut?
A.
penyakit stroke
kebanyakan dialami oleh orang usia lanjut
B.
penyakit stroke disebabkan gangguan aliran darah ke otak
C.
sumbatan
atau pecahnya pembuluh darah
mengakibatkan stroke
D.
stroke dapat
terjadi pada usia remaja, produktif, dan usia lanjut?
E.
penyebab stroke
adalah stres, penuaan, gaya hidup, dan keturunan
8.
Apa gagasan
utama yang tidak tepat untuk melanjutkan teks tersebut?
A.
penanganan stroke
B.
risiko stroke
C.
ancaman stroke
D.
gejala stroke
E.
penelitian stroke
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal
nomor 9-11.
Teks 3 Teks 3A
Masa remaja merupakan jenjang menje- lang dewasa.
(2) Pada jenjang menjelang dewasa itu, kebutuhan remaja cukup kompleks;
cakrawala interaksi sosial dan pergaulan remaja juga cukup luas. (3) Dalam
penyesuaian diri ter- hadap lingkungan, remaja mulai memperhatikan dan mengenal
berbagai norma pergaulan yang berbeda dengan norma yang berlaku sebelumya di
dalam keluarga. (4) Remaja akan bergaul dengan berbagai kelompok umur, seperti sesama
remaja, anak-anak. Dewasa dan orang tua.
Teks 3B
(1) Dalam memasuki jenjang umur dewasa,
remaja perlu bergabung dengan kelompok sosial guna memberikan rangsangan kepada
diri mereka untuk berperilaku yang bermanfaat dan dapat diterima khalayak. (2)
Kelompok olahraga, koperasi, kesenian dan semacamnya di bawah asuhan para pendidik
di sekolah atau para tokoh masyarakat di dalam kehidupan masyarakat perlu
banyak dibentuk. (3) Di sekolah perlu sering diadakan kegiatan bakti sosial,
bakti karya, dan belajar kelompok di bawah asuhan para guru pembimbing. (4) Kegiatan
seperti ini hendaknya dikembangluaskan.
9.
Kalimat manakah
yang maknanya sejajar de- ngan kata kompleks pada kalimat (2) Teks 3A?
A.
saudaraku
lelakiku sekarang tinggal di Perumahan Angkatan Laut
B.
Android saat
ini menjadi salah satu teknologi canggih pada HP
C.
pusat konservasi
satwa memberagamkan asupan makanan sehari-hari
D.
seluruh masalah
yang dihadapi saling ter- kait sehingga sulit dipecahkan
E.
beberapa
vitamin yang berbeda itu telah dikemas dalam satu tablet
10. Apa simpulan kedua teks di atas?
A. remaja mulai
memahami norma pergaulan dengan kelompok umur yang berbeda dalam masyarakat
B. diperlukan
aktivitas sosial dalam berbagai kelompok umur agar remaja berkembang dengan baik
C. kelompok remaja
disekolah perlu dibimbing oleh guru dalam melakukan berbagai aktivitas sosial
D. pergaulan
kelompok remaja tidak dibatasi oleh kelompok umur dan ruang untuk berkegiatan
E. dalam
menghadapi berbagai lingkungan dan kelompok umur, remaja perlu menaati sistem norma
11. Informasi manakah yang terdapat pada Teks 3A,
tetapi tidak terdapat pada Teks 3B?
A.
kebutuhan
akan organisasi sosial
B.
kelompok
organisasi di sekolah
C.
kegiatan-kegiatan
di bawah asuhan guru
D.
kebutuhan
interaksi sosial remaja
E.
norma pergaulan
dari interaksi sosial
12. Kalimat manakah yang salah satu katanya
ditulis secara tidak tepat?
A.
berapa pun
pendaftarnya, panitia tetap menerimanya sebagai peserta
B.
meskipun
demikian, hanya satu peserta yang ber-KTP provinsi lain
C.
ternyata,
persaingan antar-RT cukup ketat dalam lomba catur tahun ini
D.
ada dua puluh
satu peserta yang dinyata- kan berhak masuk babak berikutnya
E.
penyerahan
medali emas dilakukan oleh I.F. Baruntung, M.Hum, di podium
13. Kalimat manakah yang di dalamnya terdapat
pilihan kata yang tidak tepat?
A. pada
kesempatan yang berbahagia ini saya mengucapkan terima kasih kepada hadirin
B.
kepribadian
siswa yang satu tidak boleh dibandingkan dengan kepribadian siswa lain
C.
kita harus berusaha
agar secara maksimal untuk mencapai hasil yang gemilang
D.
akan tetapi,
akhirnya pemerintah tetap memperoleh hak kepemilikan lahan tersebut
E.
tenggat
pengumpulan tugas kelompok belejar kelas XI belum diumumkan guru kami
14. Kalimat manakah yang mengandung bentuk- an
kata yang tidak tepat?
A.
Persatuan
Wartawan Indonesia telah memublikasikan berita Asian Games 2018
B.
Penggunaan
teknologi informasi mempengaruhi prestasi belajar seseorang
C.
Dokter
menyarankan agar dijaga jangan sampai terjadi perdarahan pada luka itu
D.
Para pecinta
lagu pop masa lalu dapat menyaksikan tayangan Koes Plus di TV
E.
Kebijakan
Menteri Kelautan dan Perikanan adalah mengebom kapal pencuri ikan
15. Manakah kalimat yang tidak efektif ?
A.
tim peneliti
arkeologi berhasil meng- analisis teks kuno berusia sekitar 2.000 tahun
B.
teks kuno
itu dianalisis para ahli arkeologi dan menemukan banyak cerita yang ganjil
C.
dalam teks
kuno itu ditemukan kisah kutukan para dewa terhadap seseorang
D.
karena kutukan
tersebut, jiwa orang yang dikutuk itu tersiksa ribuan tahun
E.
itulah yang
membuat para peneliti ber- tanya-tanya tentang makna kisah tersebut
Post a Comment
Post a Comment