Struktur Teks Anekdot

Post a Comment


Pengertian Teks Anekdot dapat dibaca di link ini. Anekdot memiliki struktur teks yang yang membedakannya dengan teks lainnya. Teks anekdot memiliki struktur abstraksi ^ orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda.
1. Abstraksi merupakan pendahuluan yang menyatakan latar belakang atau gambaran umum tentang isi suatu teks.
2. Orientasi merupakan bagian cerita yang mengarah pada terjadinya suatu krisis, konflik, atau peristiwa utama. Bagian inilah yang menjadi penyebab timbulnya krisis.
3. Krisis atau komplikasi merupakan bagian dari inti peristiwa suatu anekdot. Pada bagian krisis itulah terdapat kekonyolan yang menggelitik dan mengundang tawa.
4. Reaksi merupakan tanggapan atau respons atas krisis yang dinyatakan sebelumnya. Reaksi yang dimaksud dapat berupa sikap mencela atau menertawakan.
5.  Koda merupakan penutup atau simpulan sebagai pertanda berakhirnya cerita. Di dalamnya dapat berupa persetujuan, komentar, ataupun penjelasan atas maksud dari cerita yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini biasanya ditandai oleh kata-kata, seperti itulah,akhirnya, demikianlah. Keberadaan koda bersifat opsional; bisa ada ataupun tidak ada.

Aksi Maling Tertangkap CCTV
Isi
Struktur
Seorang warga melapor kemalingan.
Abstraksi
Pelapor Polisi Pelapor
:
:
:
“Pak saya kemalingan.” “Kemalingan apa?”
“Mobil, Pak. Tapi saya beruntung Pak...”
Orientasi
Polisi Pelapor

Polisi
:
:

:
“Kemalingan kok beruntung?”
“Iya pak. Saya beruntung karena CCTV merekam dengan jelas. Saya bisa melihat dengan jelas wajah malingnya.” “Sudah minta izin malingnya untuk merekam?”
Krisis
Pelapor

Polisi
:

:
“Belum.... (sambil menatap polisi dengan penuh
keheranan.
“Itu ilegal. Anda saya tangkap.”
Reaksi
Pelapor
:
(hanya bisa pasrah tak berdaya).
Koda

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter