Contoh Soal SBMPTN Bahasa Indonesia 2016

Post a Comment
sbmptn b indonesia 2016

Teks 1
(1)        Permainan tradisional dilakukan dengan banyak gerakan oleh anak-anak, misalnya permainan kasti, gasing dan kelereng. (2) Dengan demikian, dia akan terhindar dan obesitas, (3) Sosialisasi dan komunikasi mereka tercapai, karena dalam permainan tradisional paling sedikit dimainkan oleh dua anak. (4) Permainan tradisional juga dapat menentukan strategi dalam bermain. (5) Mereka juga akan bekerja sama dengan anggota tim. (6) Memang, permainan tradisional bagi anak sangat baik karena banyak nilai positifnya.
(7) Permainan tradisional saat ini tidak mudah dilakukan, terutama di kota-kota besar. (8) Permainan tradisional pada umumnya memerlukan arena luas, umpamanya bermain kelereng, bermain gasing, petak umpet dan lain-lain. (9) Selain itu, banyak orang tua melarang anaknya bermain permainan tradisional karena takut kotor atau takut kulit anaknya terbakar panas matahari. (10) Orang tua banyak memberikan kepada anaknya permainan elektronik, misalnya video game dan mobil-mobilan. (11) Permainan-permainan tersebut dimainkan di dalam rumah saja. (12) Akibatnya, anak kurang bersosialisasi dengan temannya dan kurang bergerak.
1.       Apa gagasan utama paragraf ke 2?
A.      permainan tradisional yang penting bagi anak
B.      tempat memainkan permainan tradisional
C.      penyebab punahnya permainan tradisional
D.      kendala memainkan permainan tradisional
E.       jenis-jenis permainan tradisional di kota

2.       Pada kalimat nomor berapa terdapat kesalahan penggunaan tanda baca koma?
A.      1
B.      3
C.      6
D.      7
E.       9

3.       Pernyataan mana yang TIDAK sesuai dengan isi teks?
A.      permainan tradisional sangat baik untuk kesehatan anak
B.      permainan tradisional perlu mendapat perhatian dari orang tua
C.      permainan tradisional tidak mudah dimainkan di kota-kota besar
D.      permainan tradisional sangat bermanfaat untuk kegiatan sosial anak
E.       permainan tradisional tidak dipahami dengan baik oleh orang tua

4.       Apa yang dirujuk oleh kata itu pada kalimat (9)?
A.      kendala orang tua
B.      kendala budaya
C.      kendala arena
D.      kendala alat
E.       kendala anak

5.       Apa kelemahan yang ada di dalam paragraf pertama?
A.      penggunaan kata dia pada kalimat (2)
B.      penggunaan kata mereka pada kalimat (3)
C.      penggunaan kata juga pada kalimat (4)
D.      penggunaan kata akan pada kalimat (5)
E.       penggunaan kata bagi pada kalimat (6)

Teks 2
(1)      Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal. (2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada aktivitas otak anak.
(5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata, konsep dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah ini dimulai pada usia yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang orang tuanya gemar membaca. (12) Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan neuron di daerah ini yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal kebiasaan membaca.
6.         Apa judul yang tepat untuk teks 2 tersebut?
A.        Pengenalan Kebiasaan Membaca sejak Dini
B.        Balita dan Kebiasaan Mendengarkan Cerita
C.        Pembiasaan Anak dalam Mendengarkan Cerita
D.        Peningkatan Kinerja Otak melalui Membaca
E.         Peran Orang Tua dalam Membacakan Cerita

7.         Kalimat manakah yang TIDAK efektif dalam teks 2?
A.        1 dan 7
B.        2 dan 8
C.        3 dan 9
D.        4 dan 10
E.         5 dan 12

8.       Bagaimana hubungan isi antarparagraf dalam teks 2?
A.      paragraf ke-2 memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1
B.      paragraf ke-2 memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1
C.      paragraf ke-2 memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1
D.      paragraf ke-1 memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2
E.       paragraf ke-1 memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2

9.       Apa simpulan teks tersebut?
A.      anak-anak yang belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya
B.      semakin awal kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja
C.  anak-anak yang mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya lebih aktif
D. kebiasaan mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk perkembangan otak
E.     otak kiri bertanggung jawab terhadap proses pemahaman seperti kata dan konsep

10.   Apa gagasan utama yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut?
A.      tujuan membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini
B.      strategi penerapan hasil penelitian untuk pendidikan anak
C.      faktor-faktor yang dapat mendorong anak gemar membaca
D.      manfaat kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak
E.       kebiasaan membaca dan mendengarkan cerita pada anak

Teks 3
(1) Bioteknologi merupakan teknologi dengan pemanfaatan mikroorganisme, tanaman, atau hewan melalui modifikasi proses seluler untuk menghasilkan produk yang bermanfaat. (2) Banyak negara, khususnya negara-negara maju, menjadikan bioteknologi sebagai penahaaan terdepan ketahanan pangan. (3) Penelitian bioteknologi mencakup berbagai bidang, yaitu pertanian, peternakan, farmakoseutika, kimia, pemrosesan makanan dan fermentasi. (4) Di Indonesia sumber daya manusia yang berkompetensi di bidang bioteknologi masih sedikit dan terbatas. (5) Padahal, perkembangan bioteknologi global dan bisnis yang terkait sangat menjanjikan. (6) Tenaga terampil dan ahli yang kompeten di bidang bioteknologi sangat diperlukan. (7) Pendidikan dan pengembangan SDM di bidang bioteknologi harus mendapat prioritas dan dukungan, baik dari pemerintah, universitas, lembaga penelitian, maupun perusahaan swasta terkait. (8) Semua pihak harus mendukung agar SDM bidang bioteknologi semakin banyak.
(9) Dewasa ini perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari oleh biologi semata, tetapi juga oleh ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokima, computer, biologi molecular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika dan lain sebagainya. (10) Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang mengabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. (11) Banyak negara menjadikan bioteknologi sebagai pertahanan terdepan ketahanan panganannya, khususnya di negara-negara maju. (12) Akan tetapi, tidak semua pihak dapat menerima bioteknologi karena dianggap bertentangan dengan kodrat alam. (13) Bioteknologi memunculkan kontroversi, misalnya bayi tabung, pengklonan manusia dan transplantasi organ. (14) Kemajuan di bidang bioteknologi tidak terlepas dari berbagai kontroversi yang melingkupi perkembangan teknologinya.
(Diadapatasi dari beberapa sumber)
11.     Apa makna kata kompeten pada kalimat (6) Teks 3?
A.        ahli
B.        pintar
C.        pakar
D.        hebat
E.         cakap

12.     Berdasarkan isi teks 3, kepada siapa penulis berpihak?
A.        tenaga terampil bidang bioteknologi
B.        peneliti bidang bioteknologi
C.        lembaga penelitian bioteknologi
D.        pangusaha bidang bioteknologi
E.         sumber daya manusia bioteknologi

13.   Apa perbedaan tujuan penulisan paragraf 1 dengan paragraf 2?
A.  teks 3A menjelaskan definisi bioteknologi; teks 3B memaparkan ilmu-ilmu yang mendasari bioteknologi
B.  teks 3A menjelaskan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi; teks 3B menjelaskan penolakan pemanfaatan bioteknologi
C. teks 3A menguraikan peran bioteknologi di bidang pangan; teks 3B memaparkan peran bioteknologi di bidang kesehatan manusia
D.     teks 3A memaparkan keunggulan bioteknologi; teks 3B memaparkan kelemahan bioteknologi
E.    teks 3A menjelaskan kendala pengembangan SDM bioteknologi; teks 3B menjelaskan kemajuan bidang bioteknologi

14.   Informasi apa yang ada di dalam teks 3B, tetapi TIDAK dimuat dalam teks 3A?
A.      definisi bioteknologi
B.      pengembangan SDM bioteknologi
C.      penolakan terhadap bioteknologi
D.      cakupan bidang bioteknologi
E.       komitmen pemerintah di bidang bioteknologi

15.   Apa kelemahan isi teks?
A.      teks 3A tidak memuat secara terperinci contoh bidang bioteknologi
B.      teks 3B tidak memuat manfaat bioteknologi bagi kehidupan
C.      teks 3B tidak menjelaskan latar tentang produksi barang dan jasa
D.      teks 3A tidak memuat alasan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi
E.       teks 3B tidak memuat komitmen negara maju mendukung bioteknologi

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter