Teks 1
(1)
Permainan
tradisional dilakukan dengan banyak gerakan oleh anak-anak, misalnya permainan
kasti, gasing dan kelereng. (2) Dengan demikian, dia akan terhindar dan
obesitas, (3) Sosialisasi dan komunikasi mereka tercapai, karena dalam
permainan tradisional paling sedikit dimainkan oleh dua anak. (4) Permainan
tradisional juga dapat menentukan strategi dalam bermain. (5) Mereka juga akan
bekerja sama dengan anggota tim. (6) Memang, permainan tradisional bagi anak
sangat baik karena banyak nilai positifnya.
(7)
Permainan tradisional saat ini tidak mudah dilakukan, terutama di kota-kota
besar. (8) Permainan tradisional pada umumnya memerlukan arena luas, umpamanya
bermain kelereng, bermain gasing, petak umpet dan lain-lain. (9) Selain itu,
banyak orang tua melarang anaknya bermain permainan tradisional karena takut
kotor atau takut kulit anaknya terbakar panas matahari. (10) Orang tua banyak
memberikan kepada anaknya permainan elektronik, misalnya video game dan
mobil-mobilan. (11) Permainan-permainan tersebut dimainkan di dalam rumah saja.
(12) Akibatnya, anak kurang bersosialisasi dengan temannya dan kurang bergerak.
1.
Apa gagasan utama
paragraf ke 2?
A.
permainan
tradisional yang penting bagi anak
B.
tempat memainkan
permainan tradisional
C.
penyebab punahnya
permainan tradisional
D.
kendala memainkan
permainan tradisional
E.
jenis-jenis
permainan tradisional di kota
2.
Pada kalimat
nomor berapa terdapat kesalahan penggunaan tanda baca koma?
A.
1
B.
3
C.
6
D.
7
E.
9
3.
Pernyataan mana
yang TIDAK sesuai dengan isi teks?
A.
permainan tradisional
sangat baik untuk kesehatan anak
B.
permainan
tradisional perlu mendapat perhatian dari orang tua
C.
permainan
tradisional tidak mudah dimainkan di kota-kota besar
D.
permainan
tradisional sangat bermanfaat untuk kegiatan sosial anak
E.
permainan
tradisional tidak dipahami dengan baik oleh orang tua
4.
Apa yang dirujuk
oleh kata itu pada kalimat (9)?
A.
kendala orang tua
B.
kendala budaya
C.
kendala arena
D.
kendala alat
E.
kendala anak
5.
Apa kelemahan
yang ada di dalam paragraf pertama?
A.
penggunaan
kata dia pada kalimat (2)
B.
penggunaan
kata mereka pada kalimat (3)
C.
penggunaan
kata juga pada kalimat (4)
D.
penggunaan
kata akan pada kalimat (5)
E.
penggunaan
kata bagi pada kalimat (6)
Teks 2
(1)
Sebuah studi
menunjukkan bahwa anak yang dibiasakan mendengarkan cerita sejak dini dan dikenalkan
dengan kebiasaan membaca memiliki perkembangan jaringan otak yang lebih awal.
(2) Sebaliknya, anak yang tidak dikenalkan dengan kebiasaan membaca memiliki
perkembangan yang kurang pada jaringan tersebut. (3) Anak-anak balita dengan
orang tua yang rutin membacakan buku untuk mereka mengalami perbedaan perilaku
dan prestasi akademik dengan anak-anak dengan orang tua yang cenderung pasif
dalam membacakan buku. (4) Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam
jurnal Pediatrics menemukan perbedaan yang juga terjadi pada
aktivitas otak anak.
(5) Peneliti mengamati perubahan aktivitas
otak anak-anak usia 3 sampai dengan 5 tahun yang mendengarkan orang tua mereka
membacakan buku melalui scanner otak yang disebut functional magnetic
resonance imaging (FMRI). (6) Orang tua menjawab pertanyaan tentang
berapa banyak mereka membacakan cerita untuk anak-anak serta seberapa sering
melakukan komunikasi. (7) Para peneliti melihat bahwa ketika anak-anak sedang
mendengarkan orang tua bercerita, sejumlah daerah di bagian kiri otak menjadi
lebih aktif. (8) Ini adalah daerah yang terlibat dalam memahami arti kata,
konsep dan memori. (9) Wilayah otak ini juga menjadi aktif ketika anak-anak
bercerita atau membaca. (10) Pada studi ini menunjukkan bahwa perkembangan daerah
ini dimulai pada usia yang sangat muda. (11) Yang lebih menarik adalah
bagaimana aktivitas otak di wilayah ini lebih sibuk pada anak-anak yang orang
tuanya gemar membaca. (12) Membacakan buku untuk anak membantu pertumbuhan
neuron di daerah ini yang akan menguntungkan anak di masa depan dalam hal
kebiasaan membaca.
(Diadaptasi dari http:health.kompas.com/read/2016/02/07/135500623/
membacakan.Buku.Meningkatkan.Kinerja.Otak.Balita)
6.
Apa judul yang
tepat untuk teks 2 tersebut?
A.
Pengenalan
Kebiasaan Membaca sejak Dini
B.
Balita dan
Kebiasaan Mendengarkan Cerita
C.
Pembiasaan Anak
dalam Mendengarkan Cerita
D.
Peningkatan
Kinerja Otak melalui Membaca
E.
Peran Orang Tua
dalam Membacakan Cerita
7.
Kalimat manakah
yang TIDAK efektif dalam teks 2?
A.
1 dan 7
B.
2 dan 8
C.
3 dan 9
D.
4 dan 10
E.
5 dan 12
8.
Bagaimana
hubungan isi antarparagraf dalam teks 2?
A.
paragraf ke-2
memaparkan simpulan penelitian yang dibahas pada paragraf ke-1
B.
paragraf ke-2
memerinci temuan penelitian yang dipaparkan pada paragraf ke-1
C.
paragraf ke-2
memaparkan perbedaan perilaku yang dibahas pada paragraf ke-1
D.
paragraf ke-1
memaparkan penelitian terhadap balita yang diuraikan pada paragraf ke-2
E.
paragraf ke-1
memaparkan hasil penelitian yang diuraikan pada paragraf ke-2
9.
Apa simpulan teks
tersebut?
A.
anak-anak yang
belajar membaca pada usia 3-5 tahun akan mempercepat perkembangan otaknya
B.
semakin awal
kebiasaan membaca buku diperkenalkan, semakin aktif otak anak bekerja
C. anak-anak yang
mulai belajar membaca sejak balita akan menjadi anak-anak yang otak kirinya
lebih aktif
D. kebiasaan
mendengarkan cerita dan membaca sejak usia balita berdampak positif untuk
perkembangan otak
E. otak kiri
bertanggung jawab terhadap proses pemahaman seperti kata dan konsep
10.
Apa gagasan utama
yang tepat untuk paragraf selanjutnya dari teks tersebut?
A.
tujuan
membiasakan anak membaca cerita sejak usia dini
B.
strategi
penerapan hasil penelitian untuk pendidikan anak
C.
faktor-faktor
yang dapat mendorong anak gemar membaca
D.
manfaat kebiasaan
membaca dan mendengarkan cerita pada anak
E.
kebiasaan membaca
dan mendengarkan cerita pada anak
Teks 3
(1)
Bioteknologi merupakan teknologi dengan pemanfaatan mikroorganisme, tanaman,
atau hewan melalui modifikasi proses seluler untuk menghasilkan produk yang
bermanfaat. (2) Banyak negara, khususnya negara-negara maju, menjadikan
bioteknologi sebagai penahaaan terdepan ketahanan pangan. (3) Penelitian
bioteknologi mencakup berbagai bidang, yaitu pertanian, peternakan,
farmakoseutika, kimia, pemrosesan makanan dan fermentasi. (4) Di Indonesia
sumber daya manusia yang berkompetensi di bidang bioteknologi masih sedikit dan
terbatas. (5) Padahal, perkembangan bioteknologi global dan bisnis yang terkait
sangat menjanjikan. (6) Tenaga terampil dan ahli yang kompeten di bidang
bioteknologi sangat diperlukan. (7) Pendidikan dan pengembangan SDM di bidang
bioteknologi harus mendapat prioritas dan dukungan, baik dari pemerintah,
universitas, lembaga penelitian, maupun perusahaan swasta terkait. (8) Semua
pihak harus mendukung agar SDM bidang bioteknologi semakin banyak.
(9)
Dewasa ini perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari oleh biologi semata,
tetapi juga oleh ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokima, computer,
biologi molecular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika dan lain
sebagainya. (10) Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang
mengabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. (11)
Banyak negara menjadikan bioteknologi sebagai pertahanan terdepan ketahanan
panganannya, khususnya di negara-negara maju. (12) Akan tetapi, tidak semua
pihak dapat menerima bioteknologi karena dianggap bertentangan dengan kodrat
alam. (13) Bioteknologi memunculkan kontroversi, misalnya bayi tabung,
pengklonan manusia dan transplantasi organ. (14) Kemajuan di bidang
bioteknologi tidak terlepas dari berbagai kontroversi yang melingkupi
perkembangan teknologinya.
(Diadapatasi dari beberapa sumber)
11.
Apa makna
kata kompeten pada kalimat (6) Teks 3?
A.
ahli
B.
pintar
C.
pakar
D.
hebat
E.
cakap
12.
Berdasarkan isi
teks 3, kepada siapa penulis berpihak?
A.
tenaga terampil
bidang bioteknologi
B.
peneliti bidang
bioteknologi
C.
lembaga
penelitian bioteknologi
D.
pangusaha bidang
bioteknologi
E.
sumber daya manusia
bioteknologi
13. Apa perbedaan
tujuan penulisan paragraf 1 dengan paragraf 2?
A. teks 3A
menjelaskan definisi bioteknologi; teks 3B memaparkan ilmu-ilmu yang
mendasari bioteknologi
B. teks 3A
menjelaskan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi; teks 3B menjelaskan
penolakan pemanfaatan bioteknologi
C. teks 3A
menguraikan peran bioteknologi di bidang pangan; teks 3B memaparkan peran
bioteknologi di bidang kesehatan manusia
D. teks 3A
memaparkan keunggulan bioteknologi; teks 3B memaparkan kelemahan
bioteknologi
E. teks 3A
menjelaskan kendala pengembangan SDM bioteknologi; teks 3B menjelaskan
kemajuan bidang bioteknologi
14.
Informasi apa
yang ada di dalam teks 3B, tetapi TIDAK dimuat dalam teks 3A?
A.
definisi
bioteknologi
B.
pengembangan SDM
bioteknologi
C.
penolakan
terhadap bioteknologi
D.
cakupan bidang
bioteknologi
E.
komitmen
pemerintah di bidang bioteknologi
15.
Apa kelemahan isi
teks?
A.
teks 3A tidak
memuat secara terperinci contoh bidang bioteknologi
B.
teks 3B tidak
memuat manfaat bioteknologi bagi kehidupan
C.
teks 3B tidak
menjelaskan latar tentang produksi barang dan jasa
D.
teks 3A tidak
memuat alasan pentingnya pengembangan SDM bioteknologi
E.
teks 3B tidak
memuat komitmen negara maju mendukung bioteknologi
Post a Comment
Post a Comment