Merangkum Isi Pembicaraan dalam Wawancara

Post a Comment
merangkum hasil wawancara

Pengertian wawancara adalah suatu kegiatan tanya jawab untuk memperoleh informasi atau keterangan tentang suatu peristiwa. Wawancara merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang dapat diperoleh secara langsung antara pewawancara dengan narasumber. Sebagai suatu data, informasi yang diperoleh dari hasil wawancara tersebut harus diubah menjadi sebuah laporan tertulis. Laporan tertulis hasil kegiatan wawancara ini berupa laporan tulisan jurnalistik (berita) atau data dalam bentuk ringkasan.

Menyusun Rangkuman Hasil Wawancara
1.       Menyimak seluruh pembicaraan dalam wawancara.
2.       Mencatat pokok-pokok pembicaraan antara pewawancara dengan narasumber.
3.  Merangkai pokok-pokok pembicaraan ke dalam beberapa paragraf dengan memerhatikan keefektifan kalimat-kalimatnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat rangkuman, antara lain:
1.       Rangkuman ditulis menggunakan kalimat efektif.
2.    Jumlah paragraf  dalam rangkuman tergantung pada banyaknya pertanyaan dan jawaban dalam kegiatan wawancara.
3.       Mempertahankan susunan topik pembicaraan sesuai dengan kegiatan wawancara.

Baca Juga: Pengertian Kalimat Efektif

Beberapa hal yang dapat dijadikan panduan untuk mengikuti wawancara, yaitu:
1.       Mengidentifikasi sebuah topik wawancara.
2.       Memusatkan perhatian.
3.       Memerhatikan intonasi, mimik, dan bahasa tubuh kedua belah pihak yang terlibat dalam kegiatan wawancara.
4.       Menentukan inti dari setiap pertanyaan yang diajukan pewawancara.
5.       Menentukan inti dari setiap jawaban yang dijelaskan oleh narasumber.
6.       Merangkum inti pertanyaan dan jawaban dari kegiatan wawancara

Menjelaskan Hasil Wawancara tentang Tanggapan Narasumber


Untuk mengetahui isi wawancara dapat dilakukan dengan cara menyimak dan mencatat isi pokok pembicaraan dalam kegiatan wawancara. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara adalah sebagai berikut:
1.       Menyimak wawancara dengan seksama dari awal hingga akhir.
2.       Mencatat orang yang melakukan wawancara, baik pewawancara maupun narasumber.
3.       Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara, sebagai berikut:
a.       Masalah yang dibahas dalam wawancara.
b.      Tanggapan atau pendapat dari narasumber.

Baca Juga : Contoh Kalimat Efektif

Contoh Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara
Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara
Nama                           :
Kelas                           :
Sumber  Penyiaran    :
Jam Tayang                 :
Pewawancara              :
Narasumber                 :
Topik Wawancara       :
Pokok-Pokok Isi         :
Rangkuman                 :

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter