Contoh Paragraf Deduktif

Post a Comment
contoh paragraf deduktif
Contoh paragraf deduktif secara lengkap akan dijelaskan pada artikel kali ini. Paragraf deduktif adalah salah satu jenis paragraf yang disusun berdasarkan letak kalimat utama dalam sebuah paragraf. Untuk materinya dapat dilihat pada link berikut.

Contoh paragraf deduktif tentang Teknologi
Handphone merupakan alat komunikasi sangat berguna bagi kehidupan manusia sekarang ini. Perangkat komunikasi tersebut menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat efektif untuk menghubungkan antar orang. Jarak bukanlah menjadi kendala bagi setiap orang untuk saling berkomunikasi atau berinteraksi. Selain itu, bukan saja sebagai alat komunikasi saja. Handphone dapat dijadikan sebagai alat bantu yang lain. Perkembangan teknologi dari handphone sangat cepat sehingga fitur-fitur didalamnya semakin beragam. Adanya fitur – fitur tersebut dapat memberikan manfaat bagi seseorang, misalnya ada fitur peta atau gps, kalkulator, akses internet, membuat slide power point dan lain sebagainya. Adanya penambahan fitur – fitur pada handphone dapat membantu banyak orang untuk memudahkan pekerjaannya. Misalnya, jika seseorang sedang dalam perjalanan, kemudian ada rekan kantor yang menyuruh seseorang tersebut untuk membuat slide, maka dengan aplikasi yang ada di handphone tersebut dapat membuat slide dengan mudah. Jika seseorang tersesat di sebuah kota tertentu, maka ia dapat menggunakan maps atau peta yang ada di dalam perangkatnya.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Lingkungan
Kemacetan merupakan salah satu masalah yang sedang dihadapi kota Jakarta. Hampir setiap hari selalu saja terjadi kemacetan di berbagai sudut kota Jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain ketidakseimbangan antara ruas jalan dengan jumlah kendaraan, kurangnya kedisiplinan pengguna jalan raya, adanya tempat-tempat yang menganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan dengan baik. Dari beberapa faktor yang ada tersebut, seharus pemerintah dapat mengambil beberapa kebijakan yang dapat menanggulangi masalah kemacetan. Akibat dari kemacetan ini dapat berdampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat, misalnya adanya polusi udara yang menyebabkan udara menjadi tercemar, bahan bakar yang terbuang sia-sia akibat kemacetan tersebut, dan tingkat stress seseorang menjadi meningkat, dan lainnya. Ada beberapa alternatif yang dapat diambil untuk menangani masalah macet, misalnya setiap orang diwajibkan untuk menggunakan transportasi umum, dan pelarangan penggunaan kendaraan pribadi pada jam-jam tertentu.

Contoh Paragraf Deduktif tentang Kesehatan
Merokok sebagai salah satu aktivitas yang mempunyai dampak negatif  bagi kesehatan seseorang. Akibat yang ditimbulkan dari merokok adalah gangguan pernafasan, seperti asma, bronkitis dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan asap rokok yang masuk ke dalam tubuh seseorang mengandung berbagai macam racun yang sangat berbahaya. Merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan lainnya, seperti kanker paru – paru. Kandungan tar yang ada pada rokok akan memicu sel – sel kanker dalam paru – paru untuk berkembang. Hal tersebut dapat menyebabkan fungsi paru-paru akan menjadi terganggu. Selain tar, ada juga zat nikotin yang ada dalam rokok. Nikotin tersebut akan mempengaruhi kerja otak agar terus mengkonsumsi rokok, sehingga membuat perokok susah untuk menghentikannya.


Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang berkaitan dengan aspek-aspek dalam kehidupan manusia. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter