Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Post a Comment
paragraf dektif dan induktif
Pengertian paragraf. Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat satu gagasan utama atau ide pokok.  Jika dilihat dari segi letak kalimat utama, paragraf dibedakan menjadi dua jenis, yaitu paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf deduktif dan Induktif adalah salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya.

PARAGRAF DEDUKTIF

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum, kemudian diturunkan atau dikembangkan dengan menggunakan pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus. Pernyataan yang bersifat khusus itu bisa berupa penjelasan, rincian, contoh-contoh, atau bukti-buktinya. Karena paragraf itu dikembangkan dari pernyataan umum dengan mengemukakan pernyataan-pernyataan khusus, dapatlah dikatakan bahwa penalaran paragraf deduktif itu berjalan dari umum ke khusus.

Contoh Paragraf Deduktif

Limbah plastik terdapat di kehidupan sekitar kita. Limbah plastik tergolong sampah yang sulit terurai secara alamiah dan termasuk jenis sampah anorganik. Kondisi ini mengundang reaksi dari berbagai kalangan karena rongsokan plastik merupakan krisis sampah padat. Cara mengatasinya misalnya dengan daur ulang, karena dianggap cara yang paling aman demi masa depan yang lebih baik. Masalahnya bagaimana meningkatkan teknologi daur ulang sehingga dapat dihasilkan bahan baku plastik yang kualitasnya bagus.

Dapat dilihat pada paragraf di atas pokok bahasan utama dari paragraf tersebut adalah tentang sampah plastik yang berada di kehidupan sekitar kita, kemudian kalimat utama tersebut dijelaskan lagi oleh kalimat kalimat penjelas yang ada berikutnya. Sebenarnya inti dari paragraf tersebut merupakan masalah sampah yang merajalela di lingkungan.

PARAGRAF INDUKTIF
Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus tersebut. Paragraf induktif dimulai dari pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus, kemudian dikembangkan ke arah yang lebih bersifat umum. Ciri-ciri paragraf induktif antara lain :
-  Terlebih dahulu menyebutkan peristiwa-peristiwa khusus.
-  Menarik kesimpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus.
-  Kesimpulan terdapat di akhir paragraf.
Istilah induktif berarti bersifat induksi. Lebih lanjut, istilah induksi dijelaskan sebagai metode pemikiran yang bertolak dari hal khusus untuk menentukan hukum atau simpulan. Karena pernyataan khusus dapat berupa contoh-contoh, dan pernyataan umum itu berupa hukum atau simpulan, maka dapat dikatakan bahwa paragraf induktif itu dikembangkan dari contoh ke hukum atau simpulan.

Contoh Paragraf Induktif

Warna kulitnya sawo matang. Ia adalah salah satu siswa kelas VII B. Ia memang jarang bergaul dengan teman. Sikapnya yang sedikit pemalu membawa dirinya merasa jauh dengan teman-temannya. Namun ia termasuk salah satu siswa yang pandai di kelasnya. Ia adalah Bonita.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter