Contoh Teks Eksplanasi

Post a Comment
contoh teks eksplanasi
Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks berupa penjelasan mengenai sebuah topik secara lengkap. Teks ini merupakan salah satu jenis yang diajarkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Berikut ini merupakan 2 contoh teks eksplanasi terbaru sesuai dengan topik yang berkaitan dengan kehidupan nyata.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Banjir
    Banjir merupakan salah satu peristiwa bencana yang sering terjadi sekarang. Banjir ini sebagai peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika aliran air di sungai tersebut melebihi kapasitas dari saluran air yang ada. Akibat dari banjir ini misalnya rusaknya pemukiman warga, jalan, dan gedung yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Kerusakan akibat banjir ini dapat dihindari dengan beberapa cara, misalnya dengan pindah atau menjauh dari sungai dan badan air yang lain. Jika banjir terjadi pada suatu daerah biasanya akan menelan banyak kerugian materi yang terkena banjir.

     Penyebab banjir disebabkan oleh beberapa hal, bisa dari faktor manusia maupun alam. Beberapa penyebab banjir yang disebabkan faktor manusia adalah penebangan hutan secara liar, pembuangan sampah secara sembarangan, pemukiman di bantaran sungai, kesalahan sistem tata ruang. Penebangan hutan secara liar dapat membuat hutan menjadi gundul. Inilah yang dapat  menjadi penyebab banjir. Akar pohon memiliki fungsi untuk menyerap air sudah ditebang oleh manusia. Oleh sebab itu, jika banyak pohon yang hilang maka akan dengan mudah terjadi bencana banjir. Selain itu, pembuangan sampah sembarangan menjadi salah satu penyebab banjir yang berasal dari faktor manusia. Sampah yang dibuang secara sembarang, misal di sungai atau aliran air lainnya dapat menyumbat aliran air tersebut sehingga dapat meluap dan menyebabkan terjadinya banjir. Selain itu, pemukiman warga yang didirikan di bantaran sungai juga dapat mengakibatkan sungai tersebut menjadi adanya pendangkalan sungai. Pendangkalan ini terjadi di sungai tersebut karena kebiasaan warga yang suka membuang sampah ke sungai serta keadaan tanah di kiri dan kanan bangunan tersebut dapat saja amblas. Hal tersebut dapat menghambat aliran sungai dan mempersempit lebar sungai dari sebelumnya. Inilah yang dapat menyebabkan rawan banjir.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Musim Kemarau
      Musim kemarau salah satu musim yang ada di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu fenomena tahunan. Musim kemarau biasanya disebabkan oleh curah hujan yang rendah yang terjadi di wilayah-wilayah Indonesia. Curah hujan dapat dikategorikan rendah apabila berada di bawah 60 mm per bulan (atau 20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berturut-turut. Musim kemarau ini biasanya terjadi mulai bulan pada bulan April sampai dengan bulan Oktober. Namun terkadang bisa menjadi lebih panjang atau lebih pendek. Musim kemarau ini terjadi karena adanya angin muson timur yang bergerak dari benua Australia ke benua Asia. Hembusan angin ini membawa sedikit uap air sehingga menyebabkan musim kemarau terjadi di Indonesia. Angin tersebut melewati laut yang sempit sehingga membawa sedikit butiran air yang berakibat terjadinya musim kemarau di Indonesia.

      Banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Hal tersebut dikarenakan air di permukaan tanah mengalami penguapan oleh sinar matahari namun tidak diimbangi dengan turunnya hujan. Jika air hilang keberadaannya atau menjadi sulit untuk memperoleh air, hal tersebut dapat menyebabkan masalah bagi orang. Dampak yang paling dirasakan saat musim kemarau adalah krisis air bersih. Biasanya, beberapa wilayah mengalami kekeringan yang mengakibatkan sumur-sumur mengering dan menyusut. Padahal, pasokan air tidak sebanding dengan kebutuhan warga sehari-hari. Sehingga tidak sedikit warga rela mengantri berjam-jam dan berdesak-desakan demi mendapatkan air bersih. Bahkan di beberapa daerah, warga rela menempuh perjalanan jauh hingga berkilo-kilometer mendatangi sumur yang masih mengeluarkan sumber air. Musim kemarau memang identik dengan kata kekeringan.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter