Contoh Latar Belakang untuk Makalah Penelitian

Post a Comment

Latar belakang merupakan salah satu bagian dalam sebuah penelitian, baik untuk makalah, skripsi, atau yang lainnya. Latar belakang masalah terletak dalam Bab awal yaitu bagian pendahuluan, namun ada beberapa orang yang merasa kesulitan dalam membuat latar belaakang masalah dalam penelitian. Berikut ini disediakan contoh latar belakang dalam sebuah penelitian. 
***
Menurut Damono, sastra merupakan gambaran dari kehidupan, dan kehidupan itu sendiri merupakan suatu kenyataan sosial. Dari pengertian tersebut, kehidupan mencakup hubungan antar masyarakat, antar masyarakat dengan orang, antar manusia, dan antar peristiwa yang terjadi dalam diri seseorang. Dalam suatu karya sastra mempresentasikan mengenai kehidupan seseorang beserta dengan hal-hal yang berkaitan dengannya.
Sastra juga merupakan suatu ungkapan ekspresi seseorang dalam menggali perasaan, ide, dan imajinasinya mengenai suatu keadaan yang ada dalam masyarakat. Sastra tidak hanya memiliki nilai keindahan namun mengandung pesan moral di dalamnya. Sastra dijadikan sebagai salah satu media untuk melakukan kritik sosial terhadap kondisi masyarakat dalam suatu negara.
Sastra merupakan salah satu gambaran dari fenomena sosial yang berkembang dalam masyarakat. Suatu karya sastra saling berkaitan satu sama lain, antara penulis/pengarang, pembaca, dan fenomena sosial yang terjadi. Seorang penulis membuat suatu karya sastra sebagai bentuk ekspresinya terhadap fenomena sosial yang terjadi. Dalam mengkaji suatu karya sastra sama seperti halnya dalam mengkaji kehidupan sosial yang ada dalam masyarakat.
Dalam kehidupan bermasyarakat memang banyak sekali konflik yang ada. Mulai dari masalah politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lain sebagainya. Sastra menjembatani untuk menggali tentang itu semua melalui berbagai pendekatan yang ada. Negara yang maju selalu menghargai sastra. Dengan adanya suatu karya sastra dapat menjadikan suatu tolak ukur terhadap kemajuan suatu bangsa.
Di Indonesia sendiri sebagai salah satu negara berkembang yang masih memiliki berbagai masalah serius. Misal mengenai masalah KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme). Dari masalah yang pertama yaitu korupsi. Korupsi di Indonesia sudah merajalela dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Hal ini perlu menjadi perhatian yang serius demi kemajuan negara Indonesia. Polisi dan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sedang gencar-gencar menindaklanjuti hal tersebut. Sastrawan pun ikut andil dengan cara menyuarakan gagasannya ke dalam sastra sebagai bentuk kritik sosial terhadap fenomena sosial tersebut.
Persoalan yang dulu sempat booming pada tahun 2008 ialah kasus Bank Century. Kasus ini dimulai dengan jatuhnya bank tersebut akibat penyalahgunaan dana nasabah. Seperti halnya kasus-kasus lain, penegak hukum Indonesia memang identik dengan langkah penyelesaian yang lamban. Bahkan hingga awal 2013, kasus Bank Century belum mampu diselesaikan.
Seperti halnya dengan kasus Bank Century tersebut. Dalam novel Negeri Para Bedebah diceritakan mengenai kasus Bank Semesta yang akan dilikuidasi. Namun hal tersebut dapat digagalkan karena pemerintah melakukan bail out terhadap bank tersebut. Ada sebagian tokoh dalam novel yang menginginkan Bank Semesta ditutup dan ada sebagian oknum ingin bank tersebut tetap berjalan. Ada banyak alasan dari masing-masing pihak yang menginginkannya ditutup maupun tetap berjalan. Semua oknum mempunyai kepentingan yang yang berbeda.
Oleh karena itu, peneliti akan mengambil judul  “Kritik Sosial pada Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye sebagai Cerminan Korupsi Kehidupan Indonesia.”
***
demikianlah contoh latar belakang penelitian. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter