Contoh RPP Kelas 8 Mengapresiasi Pementasan Drama

Post a Comment

drama


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP ………….
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas   /Semester         : VIII /1
Standar Kompetensi    : 5        Mengapresiasi pementasan drama.
Kompetensi Dasar       : 5.2     Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama.
Indikator                     : ( 1 )   Menentukan karakter tiap-tiap tokoh.
                                      ( 2 )   Mengevaluasi pemeran tokoh berdasarkan karakter yang
seharusnya diperankan dengan alasan yang logis.
Alokasi Waktu            :   4  X  40 menit.

1.        Tujuan Pembelajaran
a)         Siswa mampu menentukan karakter tiap-tiap tokoh.
b)     Siswa mampe mengevaluasi pemeran tokoh berdasarkan karakter yang  seharusnya diperankan dengan alasan yang logis.

2.        Materi Pembelajaran

Tokoh dalam Pementasan Drama
Pelaku adalah orang-orang yang berperan dalam suatu pementasan drama. Sutradara mengarahkan pemain untuk menampilkan karakter pelaku yang diperankan dengan teknik tertentu, baik teknik analitik maupun dramatik.
Teknik analitik, artinya sutradara menggambarkan suatu tokoh secara apa adanya dan keseluruhan. Misal sombong, baik hati, pemaaf, dan lainnya. Teknik dramatik, artinya sutradara menampilkan tokoh dengan ciri-ciri fisik tokoh, perilaku tokoh, sifat-sifat tokoh yang menonjol, dan sebagainya. Jadi, setiap pelaku pasti memiliki watak, sifat, dan karakter masing-masing.
Berdasarkan perannya, pelaku / tokoh dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a.    Tokoh protagonis merupakan tokoh utama yang mendukung cerita.
b.    Tokoh antagonis merupakan tokoh yang menentang tokoh utama.
c.    Tokoh tritagonis merupakan tokoh yang memegang peran pelengkap atau tambahan dalam mata rantai cerita.
Berdasarkan perkembangan sifat / perwatakannya, tokoh dan perannya dalam pementasan drama terdiri  4 jenis, yaitu:
a. Tokoh berkembang adalah tokoh yang mengalami perkembangan selama pertunjukan. Misalnya, tokoh yang awalnya seorang yang baik, namun pada akhirnya  menjadi seorang yang jahat.
b.  Tokoh statis adalah tokoh yang tidak mengalami perubahan karakter dari awal hingga akhir dalam dalam suatu drama. Misalnya, seorang tokoh yang berkarakter jahat dari awal drama akan tetap bersifat jahat di akhir drama. 
c. Tokoh pembantu adalah tokoh yang diperbantukan untuk menjelaskan tokoh lain. Tokoh pembantu merupakan minor character yang berfungsi sebagai pembantu saja atau tokoh yang memerankan suatu bagian penting dalam drama, namun fungsi utamanya tetap sebagai tokoh pembantu. 
d.  Tokoh serba bisa adalah tokoh yang dapat berperan sebagai tokoh lain (all round). Misalnya, tokoh yang berperan sebagai seorang raja, namun ia juga berperan sebagai seorang pengemis untuk mengetahui kehidupan rakyatnya.

Perwatakan atau penokohan
Perwatakan atau penokohan adalah penggambaran sifat batin seseorang yang disajikan dalam cerita. Watak tokoh ini digambarkan dalam tiga dimensi watak:
a.     Keadaan fisik, meliputi umur, jenis kelamin, ciri-ciri tubuh, ciri-ciri yang menonjol, dan raut muka.
b.    Keadaan psikis, merupakan watak, kegemaran, mental, standar moral, temperamen, ambisi, kondisi psikologis, dan emosi.
c.       Keadaan sosiologis, meliputi jabatan, pekerjaan, kelas sosial, ras, agama, dan ideologi.

3.        Metode dan Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran
a.    Pemodelan
b.   Inkuiri
c.    Diskusi
Model Pembelajaran
Numbered head together

4.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Kegiatan awal  :
a)        Guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama.
b)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c)        Guru memberikan gambaran secara umum mengenai materi yang akan dipelajari.
d)      Guru memancing peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.

Kegiatan inti :
Eksplorasi
a)        Guru memfasilitasi siswa menemukan jenis tokoh yang terdapat dalam pementasan drama.
b)        Siswa menyimpulkan jenis tokoh di dalam drama dibantu oleh guru.
c)        Guru memperlihatkan video pementasan drama.

Elaborasi
a)        Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
b)     Guru memberikan tugas masing-masing kelompok untuk menentukan tokoh dan penokohan di dalam drama beserta tanggapannya terhadap tokoh tersebut.

Konfirmasi
a.         Siswa mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru.
Kegiatan akhir :
a)        Guru memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b)        Guru memberikan evaluasi.

Pertemuan 2
Kegiatan awal  :
a)         Guru mengawali pelajaran dengan berdoa bersama.
b)        Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
c)       Guru memancing peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.

Kegiatan inti :
Eksplorasi
a)        Guru memberikan ulasan materi sesuai dengan pertemuan sebelumnya.
b)        Guru memancing siswa untuk mengingat kembali jenis tokoh di dalam pementasan drama.
c)         Siswa memberikan jawaban sesuai dengan pemahamannya.
Elaborasi
a)     Guru memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan diskusi tentang tokoh dan penokohan dari drama yang telah ditonton.
b)       Guru memfasilitasi masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya.

Konfirmasi
a)         Guru memimpin kegiatan diskusi.
b)        Kelompok lain memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap kelompok penyaji.
c)         Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa.
Kegiatan akhir :
      a)      Guru memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan.
      b)     Guru memberikan evaluasi.

5.        Sumber Belajar
a.    Video pementasan drama
b.    Buku paket bahasa Indonesia

6.        Penilaian
Teknik                              :   Tes tulis.
Bentuk instrumen            :   Tes uraian.
Soal /Instrumen               :
  
       Perhatikan dengan baik tayangan drama berikut !
1.         Tentukan tokoh dan penokohan dari pementasan drama yang telah anda tonton!
2.         Berilah tanggapan yang logis terhadap tokoh tersebut!

Pedoman penilaian kelompok
No
Aspek
Skor
Skor maksimal
1
Siswa menjelaskan tokoh secara lengkap.
Siswa menjelaskan tokoh secara kurang lengkap dan benar.
Siswa menjelaskan tokoh secara tidak lengkap.
15

10

5



15
2
Siswa menjelaskan penokohan secara lengkap dan benar.
Siswa menjelaskan tokoh secara kurang lengkap dan benar.
Siswa menjelaskan penokohan secara tidak lengkap.
15

10

5


15
3
Siswa memberikan 3 tanggapan
Siswa memberikan 2 tanggapan
Siswa memberikan 1 tanggapan
6
4
2

6

                
Penilaian : jumlah skor yang diperoleh  X 100
                  Jumlah skor maksimal (36)


                                                                                                ……….., …………………
Mengetahui,                                                                      
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter