Sinopsis Novel Perahu Kertas Dee (Dewi Lestari)

2 comments
novel perahu kertas
Tokoh-tokoh dalam Novel Perahu kertas
Sinopsis Novel Perahu Kertas- Kisah ini dimulai dengan kehidupan tokoh seorang anak remaja yang bernama Keenan. Ia merupakan seorang remaja yang baru saja menyelesaikan SMAnya di negara Kincir Air yaitu Belanda, tepatnya di Amsterdam. Keenan tinggal di Negara tersebut selama hampir 6 tahun lamanya. Ia tinggal bersama neneknya. Keenan terlahir seperti anak-anak lainnya dan mempunyai keinginan atau cita-cita yang kuat untuk menjadi seorang pelukis. Namun, di tengah perjalanan hidupnya ia dipaksa untuk kembali ke Indonesia oleh sang Ayah. Keluarganya tidak mendukung Keenan untuk menjadi seorang pelukis. Akhirnya, ia memulai perkuliahan di salah satu Universitas di Bandung. Ia mengalah kepada kehendak orang tuanya. Ia memutuskan untuk belajar di Fakultas Ekonomi.

Tokoh sentral lainnya yang ada di novel tersebut yaitu wanita bertubuh mungil bernama Kugy. Ia digambarkan mempunyai kepribadian yang riang dan ceria. Berbeda halnya dengan tokoh Keenan  yang mempunyai kecenderungan memiliki sikap yang dingin dan kaku. Kugy menggemari dengan dunia dongeng dan kisah klasik. Sejak kecil ia mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis dongeng. Ia memiliki sejumlah koleksi tentang buku dongeng. Namun di tengah impiannya yang menggebu di dalam dirinya, kenyataan memaksanya untuk sadar bahwa penulis dongeng bukanlah profesi yang banyak menghasilkan materi. Kugy dipaksa untuk menyimpan mimpi yang dimilikinya demi sebuah rasionalitas pun realisme kehidupan yang ada. Namun, tokoh Kugy ini tidak digambarkan menjadi tokoh yang putus asa dengan keadaan. Ia sangat menyukai dengan dunia tulis-menulis. Hal ini yang membuat ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Sastra di salah satu Universitas di Bandung. Tempat kuliah Kugy sama dengan Keenan.

Pertemuan Tokoh Keenan dan Kugy
Pertemuan antara kedua tokoh ini tidak lepas dari peran tokoh lain yang ada di dalam novel tersebut, yaitu Noni dan Eko. Noni merupakan tokoh pendukung cerita yang merupakan sahabat dekat dari Kugy. Sementara itu, Eko merupakan sepupu dari Keenan. Pertemuan pertama antara Kugy dengan Keenan adalah ketika dimana Eko dan Noni menjemput Keenan yang baru tiba di Indonesia. Seiring waktu, mereka (Keenan dan Kugy) saling mengagumi. Kugy yang senang sekali bercerita lewat dongeng merasa takjub bertemu dengan Keenan. Keenan merupakan seseorang yang mampu bercerita lewat gambar. Mereka ternyata diam-diam jatuh cinta satu sama lain. Namun, keadaan menuntut mereka untuk tetap dalam diam dan hanya menebak. “Diam”-nya mereka terhadap perasaan yang dimiliki masing-masing, dikarenakan Kugy telah memiliki pacar yang bernama Ojos atau Joshua. Sementara itu, Keenan yang belum mempunyai pasangan. Ia hendak dijodohkan dengan tokoh yang bernama Wanda. Wanda sendiri adalah seorang Kurator.

Persahabatan antara Kugy, Keenan, Eko dan Noni berjalan seperti biasa. Namun seiring berjalannya waktu persahabatan mereka lambat laun mulai renggang. Kugy sudah sibuk dengan muridnya yang ada di sekolah darurat. Ia menjadi salah satu guru relawan. Ia mengajar dengan cara mendongeng. Anak-anak mulanya usil kepada Kugy, kemudian berbalik suka berkat dongeng petualangan yang dibawakannya yang berjudul “Jenderal Pilik dan Pasukan Alit”. Dongeng tersebut dituliskan Kugy dalam buku. Di waktu mendatang, buku dongeng tersebut ia berikan pada Keenan.

Keenan juga sibuk dengan kehidupannya sendiri, termasuk kedekatannya dengan tokoh Wanda. Pada awalnya, hubungan mereka berjalan dengan baik-baik saja. Namun, beberapa waktu kemudian hubungan mereka menjadi pelik dan menghentak Keenan. Ia menyadari bahwa apa yang telah ia bangun, hancur dalam hitungan waktu semalam. Ia merasa sedih, dan sangat kecewa. Akhirnya Keenan pun memutuskan untuk meninggalkan Kota Bandung menuju Kota Bali. Di sana Keenan tinggal dengan Pak Wayan yang merupakan sahabat ibunya.

Sebelum pergi ke Bali, Kugy memberikan buku dongeng kepada Keenan yang berjudul “Jenderal Pilik dan Pasukan Alit”. Keenan membawa buku tersebut ke Bali. Di tempat Pak Wayan, Keenan membangun hidupnya dengan baru dan mulai membangun mimpinya kembali. Ia hidup dengan banyak seniman dan menjadikan naluri seninya untuk melukis semakin tinggi. Di Bali, Keenan mengagumi Luhde Laksmi yaitu keponakan dari Pak Wayan. Setelah beberapa waktu, Keenan menjadi salah seorang pelukis yang karyanya diburu oleh banyak orang. Ia menciptakan serial lukisan yang digemari oleh kolektor. Kisah tersebut merupakan inspirasi dari dongeng yang sebelumnya diberikan oleh Kugy.

Setelah kuliah, Kugy kembali ke kota Jakarta dan menjadi seorang Copywriter. Kemudian ia menjalin hubungan dengan atasannya yang merupakan sahabat kakaknya. Ia dan Remi menjalin sebuah hubungan meski diam-diam Kugy masih sering ingat kepada Keenan. Sampai suatu saat, Kugy kembali bertemu dengan Keenan yang terpaksa meninggalkan kota Bali karena ayahnya terkena serangan stroke. Keenan harus melanjutkan perusahaan milik ayahnya. Pertemuan Kugy dan Keenan di kondisi tersebut atau yang berbeda ini membuat mereka berdua tidak dapat lagi menahan perasaan masing-masing.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah Kugy dan Keenan?

Postingan Terkait

2 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter