5 Tips Wawancara Kerja Terbaik

Post a Comment
Tips Wawancara Kerja Terbaru
Sebelum anda melamar pekerjaan pasti akan ada beberapa tahapan di dalamnya. Salah satunya adalah tahapan wawancara. Berikut ini tips wawancara kerja yang tepat sehingga anda dapat diterima sebagai karyawan baru di perusahaan yang anda idam-idamkan. Jika anda sudah masuk ke dalam tahapan ini berarti anda tinggal selangkah lagi untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut. Ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah menilai diri anda sebagai calon karyawan potensial dan berkompeten di bidang anda. Ada harus segera bersiap melanjutkan ke langkah berikutnya tersebut dengan baik yaitu tahapan wawancara kerja. Tulisan ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi anda untuk mempersiapkan diri sebelum anda melakukan tes interview kerja tersebut sehingga anda dapat sukses.

5 Tips Wawancara Kerja Terbaik
1.Tahapan Wawancara Ini Begitu Penting bagi Sebuah Perusahaan
Pada saat sedang melakukan wawancara dengan pihak perusahaan, anda dapat memberikan kesan pertama yang terbaik tentang siapa diri anda. Orang-orang di bagian personalia sudah berkompeten dalam melihat karakter orang, misalnya dari cara berjalan, cara berbicara, dan sikap seseorang dalam melihat sebuah masalah. Hal ini sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan sebelumnya karena mungkin selain anda masih ada beberapa kandidat lainnya yang mempunyai potensial. Kesan pertama ini harus menjadi yang terbaik. Banyak calon karyawan yang tidak lulus atau tidak diterima karena memberikan kesan awal yang kurang baik. Padahal mereka memiliki kualitas dan kompetensi yang baik dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang disediakan.

2.Persiapan Mental Sebelum Tes Wawancara Kerja
Mengalami sedikit grogi pada saat wawancara itu wajar saja. Pada tahapan wawancara kerja ini sangat menentukan perjalanan karier dan hidup anda ke depannya. Anda harus dapat mengendalikan emosi anda pada saat wawancara sehingga rasa grogi tersebut dapat diminimalkan. Memang pada saat wawancara, anda bertemu dengan orang baru, tetapi anda harus tetap percaya diri. Mungkin anda dapat berbicara di depan cermin sebelum anda melakukan wawancara.

3.Datang lebih awal pada saat Wawancara
Sebaiknya anda datang lebih awal pada saat melakukan wawancara. Datang 20 atau 15 menit sebelum waktu wawancara untuk ada. Hal ini agar anda tidak terkesan buru-buru pada saat melakukan wawancara. Jika anda datang 5 menit sebelum waktu yang disediakan untuk anda, pasti anda akan merasa tergesa-gesa. Oleh karena itu, waktu di sini sangat penting bagi anda. Datang lebih awal merupakan jalan yang terbaik agar anda tetap dapat mempersiapkan beberapa hal sebelum anda menemui pewawancara tersebut.

4.Gunakan Bahasa yang Baik dan Sopan
Upayakan anda selalu berkata-kata yang baik pada saat melakukan wawancara. Seorang pewawancara. Orang dapat dinilai dari sikap bicaranya. Oleh karena itu, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Setiap jawaban yang anda sampaikan akan ditangkap oleh pewawancara harus harus dapat mengambil jeda dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara. Jangan langsung terburu-buru dalam menjawab pertanyaan, sehingga tidak menimbulkan kesan yang tergesa-gesa. Selain itu, pandangan mata dalam menjawab pertanyaan harus lurus ke depan, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

5.Ini Beberapa Hal yang Biasa Ditanyakan oleh Pewawancara
Tentang Pengalaman Kerja
Jika anda memang fresh graduate atau belum mempunyai pengalaman kerja. Mungkin anda dapat menceritakan tentang pengalaman anda dalam berorganisasi pada saat anda kuliah. Namun, Jika anda sudah memiliki pengalaman dalam bekerja, maka berbicaralah dengan bahasa yang sopan tanpa menunjukkan bahwa anda paling pandai dan paling hebat. Namun, jangan pula anda rendah diri dalam menceritakan pengalaman yang sudah anda miliki. Anda dapat bercerita tentang prestasi anda di perusahaan sebelumnya sesuai dengan proporsinya. Jika ditanya mengenai mengapa anda pindah dari perusahaan sebelumnya? Maka anda harus berhati-hati dalam menjawabnya. Jangan menjelek-jelekkan perusahaan tersebut.

Tentang Gaji
Pertanyaan yang berkaitan dengan gaji merupakan pertanyaan yang sangat umum ditanyakan oleh pewawancara. Usahakan anda jangan sampai bingung dalam menjawabnya. Jika memang anda adalah baru pertama kali melamar pekerjaan. Mungkin anda harus mencari upah minimum regional tempat perusahaan tersebut berada. Selain itu, lihatlah posisi yang lamar dalam perusahaan tersebut, sehingga anda dapat memperkirakan besarnya gaji yang layak anda terima.

Tentang Kelemahan Anda
Seorang pewawancara juga akan menanyakan tentang kelemahan pada diri pelamar. Anda dapat menceritakan poin-poin kelemahan anda menggunakan bahasa yang sopan. Katakan saja beberapa kelemahan anda dan dilanjutkan dengan strategi untuk mengatasi kelemahan yang anda miliki.

Diberi Kesempatan Untuk Bertanya
Jika anda diberikan kesempatan untuk bertanya, maka ini adalah waktu yang terbaik bagi anda untuk bertanya mengenai perusahaan yang anda lamar. Anda dapat menanyakan posisi yang sedang dilamar oleh anda dan kualifikasi pelamar yang sesuai dengan posisi tersebut.

Demikian 5 tips wawancara kerja sukses. Semoga anda dapat menjalani tahapan ini dengan baik dan dapat diterima di perusahaan tersebut.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter