Paragraf Persuasi dan Jenis-Jenisnya

Post a Comment
pengertian paragraf persuasi yang benar
Pengertian paragraf persuasi (persuasif) dan contohnya. Paragraf persuasi merupakan paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dan isinya berupa ajakan atau membujuk pembaca untuk melakukan atau mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis melalui tulisannya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk mempengaruhi pembaca agar mempercayai dan melakukan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf. Biasanya penggunaan paragraf ini diperuntukkan untuk iklan sebuah produk atau barang, berita kampanye partai politik, dan lainnya. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh penulis, maka dibutuhkan keahlian khusus oleh penulis dalam menggunakan bahasa yang digunakannya. Biasanya paragraf persuasi banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti ayo dan mari. 

Ciri-ciri paragraf persuasi
1. Penulis berusaha menjelaskan topik untuk menarik kepercayaan pembaca.
2. Bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga  alasan-alasan yang kuat dan disertai dengan data yang akurat yang berupa fakta.
3. Paragraf persuasi banyak menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak seperti ayo dan mari.
4. Membangun kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca.

 Jenis-jenis  paragraf persuasi
Berdasarkan fungsinya, paragraf persuasi dapat dikelompokkan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu paragraf persuasi politik, paragraf persuasi pendidikan, paragraf persuasi advertensi dan paragraf persuasi propaganda.

1. Paragraf Persuasi Politik
Paragraf jenis ini merupakan jenis paragraf persuasi yang isinya berusaha untuk mengajak atau mempengaruhi pembacanya untuk melakukan sesuatu dalam dunia politik. Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang atau tokoh politik untuk kepentingan partai ataupun kepentingan negara. 

2. Paragraf Persuasi Pendidikan
Paragraf persuasi jenis ini digunakan oleh sebuah lembaga atau orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan untuk membantu tercapainya tujuan pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa ajakan, himbauan, atau motivasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Biasanya paragraf ini digunakan oleh guru untuk mempengaruhi peserta didik agar giat dalam menuntut ilmu.

3. Paragraf Persuasi Advertensi
Paragraf jenis ini dibuat untuk tujuan komersil atau mencari keuntungan dalam membuat tulisan. Biasanya tulisan tersebut mereview sebuah jenis barang. Jenis tulisan ini biasanya dibuat oleh produsen produk tertentu untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa kepada para konsumen. Dalam mereview produk tersebut, butuh keahlian penulis dalam menuangkan ide-idenya sehingga diharapkan pembaca terpengaruh untuk memiliki barang tersebut. Biasanya tujuan persuasi advertensi adalah untuk memasarkan barang atau jasa sehingga konsumen yang ingin membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

4. Paragraf Persuasi Propaganda
Persuasi jenis ini biasanya menyampaikan sebuah informasi yang berupa pendapat penulis dengan tujuan agar pembaca melakukan atau mempercayai apa yang disampaikan oleh penulis. Biasanya penulis mempunyai gaya penulisan yang berbeda-beda dalam mempengaruhi pembaca. Hal tersebut tergantung dari kemampuan penulis dalam mengolah bahasanya. Ada yang menggunakan bahasa yang lugas dan kritis sehingga pembaca dapat terbawa oleh alur yang diharapkan oleh penulis. Persuasi propaganda banyak ditemukan di media-media cetak seperti majalah, surat kabar dan lain-lain.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian paragraf persuasi. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter