Pengertian
paragraf persuasi (persuasif) dan contohnya. Paragraf persuasi merupakan
paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dan isinya berupa ajakan
atau membujuk pembaca untuk melakukan atau mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis
melalui tulisannya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk mempengaruhi pembaca
agar mempercayai dan melakukan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf. Biasanya
penggunaan paragraf ini diperuntukkan untuk iklan sebuah produk atau barang,
berita kampanye partai politik, dan lainnya. Untuk mencapai tujuan yang
diharapkan oleh penulis, maka dibutuhkan keahlian khusus oleh penulis dalam
menggunakan bahasa yang digunakannya. Biasanya paragraf persuasi banyak
ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti ayo dan mari.
Ciri-ciri paragraf persuasi
1. Penulis berusaha
menjelaskan topik untuk menarik kepercayaan pembaca.
2.
Bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga alasan-alasan yang kuat dan disertai dengan
data yang akurat yang berupa fakta.
3.
Paragraf persuasi banyak menggunakan kata-kata yang bersifat mengajak seperti
ayo dan mari.
4.
Membangun kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca.
Jenis-jenis paragraf persuasi
Berdasarkan
fungsinya, paragraf persuasi dapat dikelompokkan ke dalam 4 jenis paragraf yaitu paragraf
persuasi politik, paragraf persuasi pendidikan, paragraf persuasi advertensi
dan paragraf persuasi propaganda.
1. Paragraf Persuasi Politik
Paragraf
jenis ini merupakan jenis paragraf persuasi yang isinya berusaha untuk mengajak
atau mempengaruhi pembacanya untuk melakukan sesuatu dalam dunia politik.
Paragraf jenis ini banyak digunakan oleh orang-orang atau tokoh politik untuk
kepentingan partai ataupun kepentingan negara.
2. Paragraf Persuasi Pendidikan
Paragraf
persuasi jenis ini digunakan oleh sebuah lembaga atau orang-orang yang
berkecimpung di dalam dunia pendidikan untuk membantu tercapainya tujuan
pendidikan. Paragraf ini biasanya berupa ajakan, himbauan, atau motivasi yang
berkaitan dengan dunia pendidikan. Biasanya paragraf ini digunakan oleh guru
untuk mempengaruhi peserta didik agar giat dalam menuntut ilmu.
3. Paragraf Persuasi Advertensi
Paragraf
jenis ini dibuat untuk tujuan komersil atau mencari keuntungan dalam membuat
tulisan. Biasanya tulisan tersebut mereview sebuah jenis barang. Jenis tulisan
ini biasanya dibuat oleh produsen produk tertentu untuk memperkenalkan suatu
barang atau jasa kepada para konsumen. Dalam mereview produk tersebut, butuh
keahlian penulis dalam menuangkan ide-idenya sehingga diharapkan pembaca
terpengaruh untuk memiliki barang tersebut. Biasanya tujuan persuasi advertensi
adalah untuk memasarkan barang atau jasa sehingga konsumen yang ingin membeli
barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan.
4. Paragraf Persuasi Propaganda
Persuasi
jenis ini biasanya menyampaikan sebuah informasi yang berupa pendapat penulis dengan
tujuan agar pembaca melakukan atau mempercayai apa yang disampaikan oleh
penulis. Biasanya penulis mempunyai gaya penulisan yang berbeda-beda dalam
mempengaruhi pembaca. Hal tersebut tergantung dari kemampuan penulis dalam
mengolah bahasanya. Ada yang menggunakan bahasa yang lugas dan kritis sehingga
pembaca dapat terbawa oleh alur yang diharapkan oleh penulis. Persuasi
propaganda banyak ditemukan di media-media cetak seperti majalah, surat kabar
dan lain-lain.
Demikian
penjelasan singkat mengenai pengertian paragraf persuasi. Semoga bermanfaat.
Post a Comment
Post a Comment