Dahsyatnya 6 Keutamaan Shalat Dhuha

Post a Comment
keutamaan shalat dhuha
Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada pagi hari. Shalat dapat dilaksanakan oleh kita sebelum beraktivitas. Dengan melaksanakan shalat dhuha setiap hari semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat kepada kita semua. Shalat dhuha ini dapat dilaksanakan mulai dari 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, atau 8 rakaat. Kita perlu melatih diri untuk melaksanakan shalat dhuha. Mungkin jika dalam tahap latihan 2 sampai 3 kali seminggu, tetapi alangkah lebih baiknya adalah dilaksanakan setiap hari. Setiap amalan akan sempurna jika dilaksanakan secara ikhlas dan istiqomah. 

“Pada setiap manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan (pemilik sendi) bersedekah untuk setiap sendinya.” Lalu, para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah SAW., siapa yang sanggup melakukannya?” Rasulullah SAW menjelaskan, “Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu (yang dapat mencelakakan orang) dari jalan raya, apabila ia tidak mampu maka shalat Dhuha dua rakaat dapat menggantikannya.”
(H.R. Ahmad dan Abu Daud)

Simak 6 Keutamaan Shalat Dhuha yang perlu Diketahui

1. Shalat Dhuha sebagai pengharapan kita akan rahmat dan nikmat Allah SWT di pagi hari.
Sepanjang hari yang akan melaksanakan aktivitas pekerjaan kita seperti biasa. Terkadang setiap pagi hari kita sudah sibuk mengurusi setiap pekerjaan kita. Mari sejenak meluangkan waktu kita untuk beribadah kepada Allah SWT agar hari-hari kita dilimpahi dengan rahmat dan ridhanya. Setiap hari sungguh luar biasa nikmat dan rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita, berupa nikmat fisik atau kesehatan atau yang lainnya. Sesungguhnya Allah akan mencukupkan kebutuhan kita sepanjang hari tersebut.
Rasulullah SAW bersabda,
"Allah berfirman, ‘Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melakukan shalat empat rakaat pada pagi hari, yaitu shalat Dhuha, niscaya nanti akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore harinya."
(H.R. Al-Hakim dan At-Tabrani)

2. Shalat Dhuha sebagai pelindung dari siksa api neraka.
Nabi Muhammad SAW bersabda,
“Barangsiapa melakukan shalat Fajar, kemudian ia tetap duduk di tempat shalatnya sambil berdzikir hingga matahari terbit dan kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah SWT akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya.”
(H.R. Al-Baihaqi)

3. Shalat Dhuha secara istiqomah akan diberikan balasan surga oleh Allah SWT.
 Rasulullah SAW bersabda,
“Di dalam surga terdapat pintu yang bernama Bab Adh-Dhuha (Pintu Dhuha) dan pada hari kiamat nanti ada yang akan memanggil, ‘Dimana orang yang senantiasa mengerjakan shalat Dhuha? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.’”
(H.R. At-Tabrani)
Siapa yang tidak ingin masuk surga? Pasti setiap muslim mendambakan surga di akhirat. Mari kita dengan penuh semangat dan optimis untuk melakukan shalat dhuha secara rutin setiap hari jika ingin mendapatkan surga.

4. Pahala shalat Dhuha setara dengan pahala ibadah haji dan umrah.
Dari Abu Umamah r.a., Rasulullah SAW bersabda,
"Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah."
(Shahih Al-Targhib: 673)

“Nabi SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang mengerjakan shalat Fajar (Shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.”
(Shahih Al-Jami: 6346)

5. Shalat Dhuha mempunyai pahala yang besar. 
Pada zaman dahulu dikisahkan bahwasanya Rasulullah mengutus para pasukan muslim untuk berperang melawan musuh-musuh Allah. Atas kehendak Allah SWT, perang tersebut dimenangkan oleh pasukan muslim. Pasukan muslim  mendapat harta rampasan yang cukup berlimpah. Orang-orang pun ramai membicarakan mengenai hal tersebut. Kemudian Rasulullah SAW menjelaskan bahwa ada yang lebih utama dan lebih baik dari  memperoleh kemenangan dan harta rampasan yang banyak yaitu shalat Dhuha.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash ia berkata, "Rasulullah SAW mengirim pasukan perang. Lalu, pasukan itu mendapat harta rampasan perang yang banyak dan cepat kembali (dari medan perang). Orang-orang pun (ramai) memperbincangkan cepat selesainya perang, banyaknya harta rampasan, dan cepat kembalinya mereka. Maka, Rasulullah SAW bersabda, ‘Maukah aku tunjukan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat dari selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan cepatnya kembali (dari medan perang)? (Yaitu) orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan shalat sunat Dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak (memperoleh) harta rampasan, dan lebih cepat kembalinya.”
(H.R. Ahmad)

Demikian 5 keutamaan shalat dhuha bagi kehidupan. Semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalankan shalat dhuha. Dengan melaksanakan shalat dhuha tersebut semoga Allah SWT senantiasa memberikan keridhaan kita dalam menjalankan aktivitas kita sehari-hari.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter