6 Tips Motivasi Belajar Efektif dan Menyenangkan

Post a Comment
tips belajar menyenagkan dan efektif
Belajar merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan (atau mungkin membosankan?). Setiap hari pergi ke sekolah untuk belajar, kemudian pulang ke rumah istirahat dan kemudian belajar lagi. Mungkin banyak tugas dari guru di sekolah. sebelum belajar, sebaiknya ikuti tips-tips berikut mengenai tips atau motivasi belajar yang menyenangkan. Apalagi sebelum ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, atau bahkan ujian nasional kita harus menyiapkan mental dan ilmu yang kita agar punya. Dengan begitu, semua akan menjadi lancar dan hasilnya pun memuaskan.

Yuk, simak 6 tips belajar menyenangkan dan efektif yang perlu dipraktekkan

1.    Berdoa
Ini sangat wajib hukumnya. Sebelum belajar, alangkah baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar ilmu yang akan kita pelajari dapat diserap oleh otak kita dan tetap diingat di pikiran kita.

2.    Bangun konsep: belajar itu untuk memahami bukan untuk menghafal
Tujuan dari belajar belajar adalah memahami hal-hal baru yang mungkin belum kita ketahui. Kita boleh menghafal 100 % dari semua materi pelajaran tertentu, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti secara benar mengenai materi yang dihafal itu. Jadi sebelum menghafal, selalu usahakan untuk memahami dulu pokok-pokok materi pelajaran itu. Buatlah peta konsep dari materi pelajaran yang akan dipelajari. Dengan adanya peta konsep ini, kita dapat mengenali apa yang akan kita pelajari dari semua materi tersebut.

3.    Perhatikan kata kunci atau keyword
Banyak sekali pelajaran yang ada di sekolah, bukan. Nah, kita harus pandai membuat kata kunci untuk materi tertentu dan pada mata pelajaran tertentu. Kadang dengan kata kunci tersebut, kita akan mengingatnya. Buatlah kata-kata kunci dari setiap materi pelajaran yang unik menurut kita, supaya mudah diingat pada saat otak kita membutuhkannya.

4.    Pilih Waktu yang Nyaman
Waktu belajar setiap orang pasti berbeda. Ada yang suka belajar setelah pulang sekolah, ada yang suka belajar setiap malam sebelum menjelang tidur, ada juga orang yang suka belajar pada waktu dini hari. Ini tergantung dari setiap individu. Jadi jangan paksakan waktu belajar yang memang itu bukan waktu yang kita sukai.

      5.      Bentuk Kelompok Belajar (Jika Perlu)
Ada tipe orang yang suka belajar secara sendiri ada juga orang yang suka belajar secara berkelompok. Ada kelebihan dan kekurangan belajar secara sendiri atau berkelompok. Jika kita belajar sendiri, pikiran kita akan menjadi fokus. Namun, terkadang kita sedikit akan merasa bosan atau jenuh kita belajar sendirian. Coba cari beberapa ice breaking atau permainan yang menarik di internet yang dapat menyegarkan pikiran kita. Keutamaan belajar berkelompok adalah kita dapat berdiskusi satu sama lain jika kita tidak mengetahui materi yang susah untuk dipelajari. Kalau memang butuh kelompok belajar, alangkah baiknya jangan terlalu banyak anaknya dalam kelompok tersebut, misal 3 anak sudah cukup.

      6.      Luangkan untuk istirahat sejenak
Ternyata belajar tanpa istirahat juga kurang baik lho. Usahakan untuk meluangkan waktu istirahat bagi otak atau pikiran kita. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri karena materi yang akan dipelajari susah untuk ditangkap oleh otak kita. Dengan  istirahat yang cukup, badan dan pikiran kita akan menjadi segar kembali. Siap untuk belajar lagi.

Demikian 6 tips belajar yang efektif. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter