Naskah Drama Saraswati bagian 2

Post a Comment
naskah drama indonesia
ISTANA LAMA – PENCARIAN PUTRI SARASWATI

I. MADE NUARTA 
Bagus, bagus, sangat bagus…

PESERTA AUDISI I 
Dan saya nampak sebagai puteri.

I. MADE NUARTA 
Oke.

PESERTA AUDISI I 
Saya menari seperti bidadari.

I. MADE NUARTA 
Terima kasih. Berikutnya. Tolong.

PESERTA AUDISI II 
Nenek, saya ini Saraswati.

I. MADE NUARTA 
Brur….!

I WAYAN PANGUKIR 
Nah, I. Made Nuarta. Permainan kita sudahi dulu. Biaya yang kita keluarkan sudah banyak untuk para pemeran yang tak berbakat ini, dan masih banyak lagi perempuan yang berpura-pura sebagai Saraswati nanti.

I. MADE NUARTA 
Kita akan terus cari dia, Bli. Pasti dia berada di suatu tempat sekitar sini. Dan akan menghampiri kita.. Pertama-tama lihat adakah peti kemasan, yang hanya dimiliki putri bangsawan Saraswati yang sesungguhnya.

SARASWATI 
Saya terus mencari…..
Seseorang laki-laki 
Sebelum dia mengejar.

I. MADE NUARTA 
Kita akan menghabiskan 1 juta gulden.

SARASWATI 
Buntel, Buntel, Buntel, dimana kamu ?

I. MADE NUARTA 
Kamu mendengar seseorang ?

I WAYAN PANGUKIR 
Tidak.

SARASWATI 
Hallo, ada siapakah di sini ?
Tempat ini, ini…, sepertinya aku ingat tentang sesuatu, mungkin mimpi.
Beruang menari. Sayap yang dicatkan. Peristiwa yang masih saya ingat. Dan sebuah lagu. Ada orang yang menyanyikan tembang di kala rembulan. Seseorang menjaga keselamatan dan menolong jiwa saya. Kuda bergerak melalui keributan taufan. Menari dengan cantik. Dengan ingatan saya. Yang sangat jauh. Pada masa dahulu. Perkara dalam hati saya yang diketahui. Perkara yang pastinya akan diingat. Dan sebuah lagu. Ada orang yang menyanyi, suatu ketika pada saat rembulan bersinar.

I. Made Nuarta 
Apa yang kau perbuat disini ?….Hei !
Berhenti. Berhenti. Berhenti. !
Tunggu sebentar. Tunggu.
Sekarang. Bagaimana kamu bisa berada disini ?

I WAYAN PANGUKIR 
Maaf, Nak.

I. MADE NUARTA 
Bli. Kamu melihat apa yang saya lihat ?

I WAYAN PANGUKIR 
Tidak. Ya, ya.

SARASWATI 
Kamu kah orang yang bernama I. Made Nuarta ?

I. MADE NUARTA 
Mungkin. Semua ini tergantung kepada siapa yang nampak di depanku.

SARASWATI 
Nama saya Sri. Saya bermaksud melakukan perjalanan ke Batavia. Mereka bilang kamu adalah salah seorang yang dapat membantu.

I. MADE NUARTA 
Siapa yang bilang begitu ?

SARASWATI 
Dan apa. Hey ! Kenapa kamu mengerjai saya ? Apa, di mana kamu sembunyi ?

I. MADE NUARTA 
Saya minta maaf, Sari.

SARASWATI 
Sri. Namaku Sri.

I. MADE NUARTA 
Sri. Ia seperti… Oh, Tak apa-apa. Sekarang, kamu bilang kamu punya masalah tentang karcis perjalanan ?

SARASWATI 
Ya, saya bermaksud pergi ke Batavia.

I. MADE NUARTA 
Kamu hendak ke Batavia ?

I. MADE NUARTA 
Sekarang, saya bertanya kepadamu. Sri. Itukah namamu ? Apakah kamu tahu nama lengkap kamu ?

SARASWATI 
Baik. Sebenarnya ini sangat aneh. Saya tidak tahu lagi nama lengkap saya.
Saya sudah mencari tahu ke mana-mana sejak saya berumur delapan tahun.

I. MADE NUARTA
Dan, ah, sebelum itu. Sebelum delapan tahun.

SARASWATI 
Yang saya tahu tentang saya hanya sejak saya berusia delapan tahun lalu dan benda aneh ini. Tapi bagi saya ini hanya kenangan lama.

I. MADE NUARTA 
Itu sangat bagus.

SARASWATI 
Saya hanya ada satu kata kunci untuk mengingat. Walaupun ini masih samar, yaitu kota Batavia.

I. MADE NUARTA 
Kota Batavia ?

SARASWATI 
Betul. Bisakah kamu berdua menolong saya ?

I. MADE NUARTA 
Bli Wayan , Bli Wayan, tiket. Tentu kamu akan suka ini. Pastinya kami akan pergi ke Batavia. Tapi saya hanya punya tiga karcis di sini. Sayangnya, karcis yang ketiga adalah diperuntukan kepada seseorang yang bernama Saraswati.

I WAYAN PANGUKIR 
Kami bermaksud menyatukan kembali keluarga Natarajasa yang ada ini. Yakni antara  Putri Saraswati dengan ibu suri.

I. MADE NUARTA 
Kamu berniat tidak perdulikan dia.

I WAYAN PANGUKIR 
Mata yang biru

I. MADE NUARTA 
Mata Natarajasa.

I WAYAN PANGUKIR 
Senyum Prabu Narada.

I. MADE NUARTA 
Gusti Ayu Larasati, lihat.

I WAYAN PANGUKIR 
Dia memegang tangan neneknya.

I. MADE NUARTA 
Perkiraanku umurnya memang sama. Dan kelakuannya juga sama.

SARASWATI 
Apakah kamu mencoba memberitahu saya, bahwa, wajah dan kelakuan saya mengingatkan kamu pada seseorang yang bernama… Saraswati ?

I. MADE NUARTA 
Sebenarnya saya akan memberitahu, bahwa, kamu kelihatannya seperti kebanyakan  gadis di seluruh negri. Dan tak sedikitpun yang nampak mirip antara kamu dengan orang putri itu. Lihat potret itu.

SARASWATI 
Sejak awal saya sudah menduga kamu berdua memang gila. Ternyata tidak salah.

I. MADE NUARTA 
Kenapa ? Kamu tak ingat apa yang pernah terjadi pada kamu kan ?

I WAYAN PANGUKIR 
Terjadi pada dia.

I. MADE NUARTA 
Kamu bermaksud menjumpai keluarga kamu di Batavia.

I WAYAN PANGUKIR 
Dan dia hanya memiliki keluarga di Batavia.

I. MADE NUARTA 
Kamu tahu tentang itu.

SARASWATI 
Artinya saya akan menjadi keluarga kerajaan ? Baik. Saya tak tahu, ini sangat susah untuk mengingat apalagi saya sudah sering tidur di atas lantai.. Tapi tentu yeah, saya kira setiap gadis akan berharap dirinya adalah seorang puteri.

I WAYAN PANGUKIR 
Dan di manapun adanya, seorang gadis kecil, yang bernama Saraswatilah yang dimaksudkan dan yang akan dicari.

I. MADE NUARTA 
Sebetulnya kami ingin menolong, tapi tiket ini hanya untuk Putri Saraswati, semoga kamu bernasib baik.

I WAYAN PANGUKIR 
Kenapa kamu tidak beritahu dia tentang peranan itu ?

I. MADE NUARTA 
Pastinya dia akan pergi ke Batavia, dan kita akan mendapatkan uang ?

I WAYAN PANGUKIR 
Saya memberitahu kamu, kita berjalan terlalu cepat.

I. MADE NUARTA 
Tak perlu risau, saya akan menyelesaikannya dengan baik. Nah, sekarang jalan diperlambat sedikit. Tiga, dua, satu….

SARASWATI 
I. Made Nuarta.

I WAYAN PANGUKIR 
Sekarang ,  peluang ada dalam genggamanmu.

SARASWATI 
I. Made Nuarta. Tunggu sebentar!

I. MADE NUARTA 
Apakah kamu memanggil saya ?

SARASWATI 
Kalau saya tak ingat siapa saya, apakah saya sebenarnya Duke atau bukan siapa-siapa. Begitu ?

I. MADE NUARTA 
Ayolah!

SARASWATI 
Kalau ternyata saya bukan Saraswati, tentunya Maharani yang sesungguhnya itu akan tahu. Dan bukankah ini adalah kesalahan besar.

I WAYAN PANGUKIR 
Sangat jujur. Tapi kalau kamu adalah puteri yang sesungguhnya kemudian akhirnya kamu akan tahu siapa diri kamu dan kamu akan berkumpul bersama keluargamu, keluarga Natarajasa, bagaimana ?

I. MADE NUARTA 
Kamu tahu, …..kamu tahu betul. Walau bagaimanapun, dia akan bawa kamu ke Batavia.

SARASWATI
Betul…!

I. MADE NUARTA 
Bolehkah saya menghadirkan Gusti Ayu Putri Saraswati ?

SARASWATI 
Buntel, Kita akan pergi ke Batavia.

SARASWATI 
Apa kamu bilang ?

I. MADE NUARTA 
Anjing itu sudah pergi.

SARASWATI 
Anjing itu tak akan pergi.

I. MADE NUARTA 
Saya bilang dia telah pergi.

KACUNG 
Saraswati ? Yeah. Hanya satu masalah di sana. Saraswati telah meninggal dunia. Semua keluarga Natarajasa telah meninggal dunia. Mereka sudah mati. Mati, mati, mati…

Apakah saya benar, kawan ? Maksud saya, bagaimana kalau tenyata Saras…., Oh, marilah, adakah saya perlu percaya bahwa sesuatu yang mati hidup kembali selepas tahun ini. Hanya karena beberapa orang mengaku dirinya adalah keluarga Natarajasa ?
Baik, baik. Saya sudah dapat berita itu,. Dan anak bekas pelayan dapur itu. Kalau sesuatu yang mati bisa hidup kembali, maka ia menghendaki Saraswati masih hidup.

I. MADE NUARTA 
Tinggalkan anjing itu.

SARASWATI 
Saya tak akan tinggalkan anjing itu.

KACUNG 
Dan itulah orangnya.

I. MADE NUARTA 
Kami mesti latihan untuk menangkapnya.

MPU PANGUKUR 
Siapa yang telah berani mengganggu semadi saya ? Keluar ! Keluar !
Kacung, kamukah itu ?!

KACUNG 
Tuan, kamu masih hidup kan ?

MPU PANGUKUR 
Yah ! Sopanlah dalam bercakap.

KACUNG 
Whoa ! Perasaan itu di sana, tuan.

MPU PANGUKUR 
Sesuatu terjadi !

KACUNG 
Yah !

MPU PANGUKUR  
Saya tahu itu. Saya bisa merasakan getaran memaksa dalam kegelapan.

KACUNG 
Saya sangat terkejut karena saya melihat dia betul-betul Saraswati.

MPU PANGUKUR
Saraswati ? Masih hidup ?

MPU PANGUKUR 
Betulkah ?

KACUNG 
Tuan, apakah simuka kelelawar ini mau menipu kamu ? Berilah waktu untuk satu menit saja. Tuan akan dapatkan api yang tua itu kembali.

MPU PANGUKUR 
Sebelum hilang hadiah saya dari paksaan dalam kegelapan itu. Adalah kunci untuk kekuasaan saya.

KACUNG 
Apa ? Maksud Tuan kubur ini ?

MPU PANGUKUR 
Dari mana kamu dapat itu ?

KACUNG 
Saya dapat ini….


Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter