Membuat Teks Eksposisi

Post a Comment
cara membuat teks eksposisi

Langkah membuat teks eksposisi sama dengan langkah-langkah membuat teks yang lain, yaitu menentukan topik, mengumpulkan bahan, menyusun kerangka, mengembangkan kerangka, dan memberi judul.
1.    Menentukan topik
Tentukanlah topik apa yang akan dijelaskan, misalnya, tentang kesehatan, narkoba, remaja, pendidikan, lingkungan, lalu lintas, media sosial, tumbuhan, dan lain-lain. Pilihlah salah satu topik yang dikuasai, menarik dan dianggap penting untuk dijelaskan.
2.    Mengumpulkan bahan
Bahan tulisan eksposisi dapat diperoleh dari buku, surat kabar, penelitian, pengamatan, pengalaman, narasumber, atau dari yang lainnya. Bahan yang dikumpulkan tentu harus sesuai dengan topik yang akan dikembangkan.
3.    Menyusun kerangka
Kerangka merupakan rancang bangun sebuah teks. Kerangka dapat digunakan sebagai acuan bagi penulis agar gagasan dapat disajikan secara teratur dan menghindari penggarapan secara berulang. Menyusun kerangka berarti memecahkan topik menjadi beberapa subtopik lalu menyusunnya secara sistematis dan logis. Susunannya dapat menggunakan pola: pembuka-isi-penutup, pendahuluan-pembahasan-simpulan, dahulu-sekarang-masa depan, pengertian-jenis-manfaat, atau pola yang lain disesuaikan dengan topik yang akan ditulis.
Misalnya, apabila teks eksposisi tersebut akan dijelaskan mengenai bunga melati, dapat menyusun kerangka dengan pola:
-            Pengertian bunga melati
-            Jenis bunga melati
-            Manfaat bunga melati
4.    Mengembangkan kerangka
Langkah selanjutnya adalah mengembangkan subtopik-subtopik tersebut menjadi teks yang utuh. Satu subtopik dapat dikembangkan menjadi satu paragraf atau lebih. Pada tahap ini, penulis harus mampu memilih kata atau istilah yang tepat agar penjelasannya dapat dipahami dengan tepat pula. Setiap kata yang dipilih harus disusun logis menjadi kalimat yang efektif. Selanjutnya, kalimat-kalimat tersebut harus disusun pula menjadi paragraf yang padu.
5.    Memberi judul
   Langkah terakhir adalah memberi judul. Berbeda dengan teks narasi, seperti anekdot, teks eksposisi termasuk karya nonfiksi sehingga judul laporan harus sama dengan topiknya. Jadi, jika topik yang dijelaskan adalah bunga melati, judul yang tepat adalah ‘Bunga Melati’ juga.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter