RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Negeri
1 Harapan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Standar Kompetensi :
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca memindai membaca cepat.
Kompetensi Dasar :
3.1. Menemukan informasi secara
cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai.
Indikator :
(1) Menemukan
subjek informasi secara cepat dan tepat.
(2) Mengemukakan
kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
a) Menemukan
subjek informasi secara cepat dan tepat.
b) Mengemukakan
kembali informasi tersebut dengan bahasa sendiri.
2. Materi
Pembelajaran
3. Metode dan
Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran
a. Permodelan
b. Inkuiri
c. Tanya
jawab
Model Pembelajaran
Talking stick
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan
ke- 1
Pertemuan
ke-2
|
Kegiatan awal :
Guru mengawali
pelajaran dengan berdoa bersama.
Guru memberikan
gambaran secara umum mengenai materi yang akan dipejajari.
Guru memancing
peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan
diajarkan.
Kegiatan inti :
Eksplorasi
Guru menjelaskan
mengenai membaca memindai.
Siswa menyimak
penjelasan guru di depan kelas.
Guru dan siswa
melakukan observasi untuk menemukan informasi.
Elaborasi
Guru memberikan
tugas individu untuk mencari subjek informasi secara cepat dan tepat.
Siswa mencari
subjek informasi secara cepat dan tepat.
Konfirmasi
Siswa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Kegiatan akhir :
Guru memberikan
kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan
evaluasi.
Guru memberikan
tugas rumah kepada siswa (mencari sebuah artikel).
Kegiatan awal :
Guru mengawali
pelajaran dengan berdoa bersama.
Guru memancing
peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pada
pertemuan sebelumnya.
Kegiatan inti :
EksplorasiGuru
mengulas materi memindai secara garis besarnya saja.
Siswa menyimak
penjelasan guru di depan kelas.
Elaborasi
Guru meminta
siswa mengumpulkan tugas rumah.
Siswa
mengumpulkan tugas rumah yang diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya.
Siswa
mengemukakan kembali mengenai tugas yang dikerjakan sesuai dengan bahasa
sendiri.
Konfirmasi
Guru memberikan
masukan kepada siswa.
Kegiatan akhir :
Guru memberikan
kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan
evaluasi.
|
10 menit
55 menit
15 menit
10 menit
55 menit
15 menit
|
|
|
|
5. Sumber belajar
a. Perpustakaan
b. Ensiklopedi,
KKBI
6. Penilaian
a. Teknik
: observasi
b. bentuk
instrumen : lembar observasi
c. soal/instrumen
: ….
A. Tugas
Rumah !
1. Carilah
sebuah artikel dari majalah atau internet. Garis bawahi kata-kata yang belum
Anda ketahui pada artikel tersebut. Kemudian catatlah kata tersebut dan carilah
makna kata tersebut dalam ensiklopedia!.
Penilaian
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
Intonasi
|
3 : tepat
|
Isi
|
2 : kurang tepat
1 : tidak tepat
|
Kelancaran
|
|
Skor maksimal :
9
Nilai akhir
= Perolehan skor
x skor ideal (100)
Skor
maksimum (9)
....................., 27 Agustus 2015
Post a Comment
Post a Comment