RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
 Sekolah                            :  SMP Negeri
1 Harapan 
Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                :  VIII/1
Tahun Pelajaran               :  2015/2016
Standar Kompetensi        :  
Memahami ragam wacana tulis
dengan membaca memindai membaca cepat.
Kompetensi Dasar           :
3.1. Menemukan informasi secara
cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai.
Indikator                          : 
(1) Menemukan
subjek informasi secara cepat dan tepat.
(2) Mengemukakan
kembali informasi itu dengan bahasa sendiri
Alokasi Waktu                 : 4 x 40 menit
1.      Tujuan
Pembelajaran
a)         Menemukan
subjek informasi secara cepat dan tepat.
b)        Mengemukakan
kembali informasi tersebut dengan bahasa sendiri.
2.      Materi
Pembelajaran
3.      Metode dan
Model Pembelajaran
Metode Pembelajaran
a.       Permodelan
b.      Inkuiri
c.       Tanya
jawab
Model Pembelajaran
Talking stick
4.      Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
| 
Pertemuan | 
Langkah-langkah
  Pembelajaran | 
Alokasi waktu | 
| 
Pertemuan  
ke- 1 
 Pertemuan 
 ke-2 | 
Kegiatan awal  : 
Guru mengawali
  pelajaran dengan berdoa bersama. 
Guru memberikan
  gambaran secara umum mengenai materi yang akan dipejajari. 
Guru memancing
  peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan
  diajarkan. 
Kegiatan inti : 
Eksplorasi 
Guru menjelaskan
  mengenai membaca memindai. 
Siswa menyimak
  penjelasan guru di depan kelas. 
Guru dan siswa
  melakukan observasi untuk menemukan informasi. 
Elaborasi 
Guru memberikan
  tugas individu untuk mencari subjek informasi secara cepat dan tepat. 
Siswa mencari
  subjek informasi secara cepat dan tepat. 
Konfirmasi 
Siswa menjawab
  pertanyaan yang diberikan oleh guru. 
Kegiatan akhir : 
Guru memberikan
  kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
Guru memberikan
  evaluasi. 
Guru memberikan
  tugas rumah kepada siswa (mencari sebuah artikel). 
Kegiatan awal  : 
Guru mengawali
  pelajaran dengan berdoa bersama. 
Guru memancing
  peserta didik dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pada
  pertemuan sebelumnya. 
Kegiatan inti : 
EksplorasiGuru
  mengulas materi memindai secara garis besarnya saja. 
Siswa menyimak
  penjelasan guru di depan kelas. 
Elaborasi 
Guru meminta
  siswa mengumpulkan tugas rumah. 
Siswa
  mengumpulkan tugas rumah yang diberikan oleh guru pada pertemuan sebelumnya. 
Siswa
  mengemukakan kembali mengenai tugas yang dikerjakan sesuai dengan bahasa
  sendiri. 
Konfirmasi 
Guru memberikan
  masukan kepada siswa. 
Kegiatan akhir : 
Guru memberikan
  kesimpulan mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan. 
Guru memberikan
  evaluasi. | 
10 menit 
55 menit 
15 menit 
 10 menit 
55 menit 
15 menit | 
|  |  |  | 
5.  Sumber belajar
a.       Perpustakaan
b.      Ensiklopedi,
KKBI
6.  Penilaian
a.       Teknik                        
: observasi
b.      bentuk
instrumen        : lembar observasi
c.       soal/instrumen
: ….
A.       Tugas
Rumah !
 1.    Carilah
sebuah artikel dari majalah atau internet. Garis bawahi kata-kata yang belum
Anda ketahui pada artikel tersebut. Kemudian catatlah kata tersebut dan carilah
makna kata tersebut dalam ensiklopedia!.
Penilaian
| 
Aspek yang
  dinilai | 
Skor | 
| 
Intonasi | 
3 : tepat | 
| 
Isi | 
2 : kurang tepat 
1 : tidak tepat | 
| 
Kelancaran |  | 
 Skor maksimal :
9
Nilai akhir
=     Perolehan skor      
x skor ideal (100)   
                 
       Skor
maksimum (9)
                   
                     
                     
                     
                     
 ....................., 27 Agustus 2015
