Membuat Esai dengan Tepat

Post a Comment
penulisan esai yang tepat
 Esai adalah sebuah karya tulis yang berisi argumentasi atau pendapat penulis sesuai dengan pandangan pribadi mengenai peristiwa yang terjadi di dalam masyarakat. Dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh penulis disertai dengan referensi buku-buku yang pernah dibaca, maka ia dapat membuat esai yang baik. Agar tujuan penulisan esai yang dibuat oleh penulis dapat tersampaikan kepada pembaca, tentu perlu ditulis dengan sebaik mungkin dengan memperhatikan kaidah penulisan esai yang tepat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis esai bahasa Indonesia:

Pilihlah tema yang menarik
Tema merupakan ide pokok atau pokok pikiran utama yang membangun sebuah esai tersebut. Tema yang dipilih harus menarik, artinya harus mampu menarik minat oleh pembaca. Dengan begitu, esai yang telah kita buat dapat diterima oleh pembaca dan dapat mempengaruhi pandangan pembaca terhadap topik atau masalah yang dibahas dalam esai. Tema sangat mempengaruhi sebuah isi dari esai. Oleh karena itu pemilihan tema merupakan hal yang sangat penting. Tema sebaiknya berkaitan dengan hal atau peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan di dalam masyarakat.

 Melakukan riset (mengumpulkan bahan)
Melakukan riset di sini adalah mengumpulkan referensi yang dibutuhkan untuk membuat sebuah esai. Esai bukanlah pandangan seseorang belaka dalam menyampaikan pendapatnya. Namun esai memuat teori-teori yang berkaitan dengan tema yang dikembangkan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir ketidakakuratan informasi dari esai yang telah dibuat oleh seseorang. Mencari bahan yang mendukung esai dengan penelitian sangat penting dilakukan oleh penulis. Riset dapat dilakukan dengan mencari sumber informasi yang berasal dari buku atau internet.

 Membuat kerangka tulisan
Sebelum seseorang membuat esai, tentu membuat kerangka tulisan terlebih dahulu. Sebuah esai dikembangkan dari kerangka tulisan yang dibuat oleh penulis. Di dalamnya terdapat susunan penulisan yang tepat agar esai dikembangkan sesuai dengan alur atau jalan cerita dan tidak membingungkan pembaca. Selain itu, kerangka ini dapat memudahkan penulis dalam mengembangkan ide atau dalam menuliskannya gagasannya. Di dalam kerangka penulisan esai memuat bagian pendahuluan, isi, dan penutup. Sebelumnya, penulis harus menentukan judul yang tepat agar mencakup secara keseluruhan dari esai yang akan dibuat. Di dalam pendahuluan memuat latar belakang penulis dalam mengambil topik atau tema, rumusan masalah, dan tujuan penulisan esai. Pada bagian isi memuat penjelasan penulis mengenai gagasannya atau sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan di dalam bagian pendahuluan. Di bagian isi, penulis hendaknya menyajikan data-data yang telah diperoleh selama melakukan riset. Dengan begitu, pembaca dapat memahami kondisi yang sebenarnya sesuai dengan data yang ditampilkan oleh penulis. Pada bagian penutup berisi tentang simpulan penulis terhadap topik yang telah dibahas. Selain itu, penulis dapat memberikan saran demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh penulis.
           
          Mengembangkan kerangka tulisan
Penulis hendaknya membuat esai sesuai dengan kerangka tulisan yang telah dibuat. Dalam penulisan esai, penulis hendaknya memperhatikan pilihan kata atau diksi agar menarik minat baca pembaca. Pada dasarnya penggunaan diksi sesuai dengan target penulis dalam membuat esai. Penulis diharapkan menggunakan bahasa tulis yang sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Janganlah menggunakan bahasa yang tidak baku atau bahasa sehari-hari. Hal ini dimungkinkan kurang dapat menarik minat pembaca untuk mengetahui informasi yang disampaikan didalamnya.

 

Memperbaiki Esai
Sebuah esai yang baik biasanya merupakan hasil dari kegiatan menulis dan menulis kembali. Sebelum proses penyelesaian dalam membuat esai, tidak ada salahnya untuk mengoreksi kembali esai yang telah dibuat. Ini adalah cara terbaik untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin dalam penulisan esai.

 

Membuat Referensi dari Esai

Membuat referensi sangat penting dalam penulisan esai. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan tindakan plagiatisme yang dilakukan oleh seseorang. Plagiatisme merupakan suatu tindakan yang dianggap sebagai suatu tindakan pidana dalam bidang pendidikan. Secara umum, plagiatisme adalah mengkopi perkataan atau ide orang lain dan berpura-pura bahwa itu adalah hasil pekerjaan pribadi atau sendiri. Jangan lupa untuk mereferensikan seluruh buku dan artikel yang Anda baca untuk keperluan esai Anda.
Demikianlah penjelasan mengenai pembuatan esai yang baik dan benar. 

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter