Pelaksanaan Kebijaksanaan Bahasa Nasional

Post a Comment
kebijaksanaan bahasa nasional

Kebijaksanaan Bahasa Nasional

Kebijaksanaan bahasa nasional adalah pernyataan, baik lisan maupun tertulis, mengenai sikap bahasa yang menyangkut keseluruhan masyarakat yang bersangkutan.
Oleh karena kebijaksanaan nasional menyangkut kepentingan seluruh masyarakat, dalam hal ini di Indonesia, kebijaksanaan bahasa nasional Indonesia meruakan pernyataan sikap nasional terhadap keseluruhan masalah bahasa Indonesia, yang merupakan jaringan masalah kebahasaan yang dijalid oleh (1) masalah bahasa Indonesia, (2) masalah bahasa daerah, dan (3) masalah bahasa asing, baik yang diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan maupun yang digunakan tanpa pengajarannya di lembaga-lembaga pendidikan.

Salah satu fungsi kebijaksanaan bahasa nasional adalah memberikan dasar dan pengarahan bagi perencanaan serta pengembangan bahasa nasional, perencanaan serta pengembangan bahasa daerah, dan pengembangan pengajaran bahasa asing. Kebijaksanaan bahasa nasional merupakan pernyataan sikap nasional terhadap masalah-masalah kebahasaan seperti :
1.  Fungsi dari kedudukan bahasa Indonesia dalam hubungan dengan bahasa daerah dan bahasa asing.
2.  Ciri-ciri bahasa Indonesia baku.
3.  Pembakuan dan pengembangan bahasa Indonesia.
4.  Pengembangan pengajaran bahasa Indonesia pada semua jenis dan tingkat lembaga pendidikan.

Dipandang dari segi tujuan umumnya, kebijaksanaan bahasa nasional merupakan pernyataan sikap nasional terhadap masalah pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia. Pengembangan bahasa Indonesia berhubungan erat dengan pemupukan komponen perilaku sikap bahasa warga masyarakat Indonesia. Pengembangan bahasa Indonesia memungkinkan terbinanya kegairahan penggunaan bahasa Indonesia sesuai dengan fungsinya.

Kebijaksanaan bahasa nasional juga merupakan pernyataan nasional mengenai sikap bahasa terhadap bahasa asing baik yang secara resmi diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan maupun yang karena berbagai alasan dipergunakan di dalam masyarakat kita. Kebijaksanaan bahasa nasional merupakan dasar bagi penentuan skala prioritas di dalam perencanaan dan pelaksanaan program penelitian dan pengembangan bahasa dan sastra.

Pelaksanaan Kebijaksanaan Bahasa Nasional

Keberhasilan kita dalam pelaksanaan kebijaksanaan bahasa nasional itu sebagian besar tergantung kepada sampai kemana kebijaksanaan bahasa bahasa nasional kita itu benar-benar merupakan pernyataan sikap bahasa kita sebagai bangsa yang ditunjang oleh sikap bahasa kita sebagai perseorangan dan warga masyarakat kita. Selain itu, sampai kemana kita berhasil melibatkan segenap lapisan masyarakat kita, termasuk lembaga-lembaga pemerintahan, sektor swasta, media masa, dan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang hidup dan dinamis senantiasa tumbuh, berubah, dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan, perubahan, dan perkembangan masyarakat pemakainya. Perkembangan kebudayaan kita kearah peradaban sejalan dengan munculnya unsur-unsur baru seperti penggunaan tulisan yang semakin intensif, perkembangan spesialisasi dalam bidang profesi, perkembangan spesialisasi dalam bidang profesi. Perkembangan berbagai jaringan, organisasi dan perkembangan kota sebagai tempat pemukiman di dalam tata kehidupan kita. Kebudayaan suatu bangsa tentunya harus terus tumbuh, sesuai dengan keadaan pertumbuhan lingkungan dari zaman kait-berkait dengan pertimbangan kebudayaan bangsa-bangsa lainnya. 

Bahasa Indonesia harus mampu mengungkapkan proses pemikiran dan penalaran yang rumit serta tepat dan tegas dengan tidak mengorbankan identitasnya sebagai bahasa kebangsaan Indonesia.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter