Fungsi Politik Bahasa Nasional

Post a Comment
bahasa nasional

Kebijaksanaan nasional yang berisi perencanaan, pengarahan, dan juga ketentuan-ketentuan yang dapat dipakai sebagai dasar bagi pengolahan keseluruhan masalah bahasa itu bisa kita sebut sebagai politik bahasa nasional.

Bahasa Nasional
Salah satu fungsi politik bahasa nasional adalah memberikan dasar dan juga pengarahan bagi perencanaan serta pengembangan bahasa nasional. Politik bahasa nasional juga memberikan dasar dan pengarahan bagi masalah bahasa nasional di dalam hubungannya dengan :

1.      Pendidikan dan pengajaran di dalam maupun di luar lembaga-lembaga pendidikan.
2.      Pelaksanaan administrasi pemerintahan.
3.      Pengembangan ketenagaan, baik dalam pemerintahan maupun di kalangan swasta.
4.      Pengembangan kesusastraan nasional.
5.      Pengembangan kebudayaan nasional.
6.      Peningkatan mutu dan jumlah bahan bacaan umum.
7.      Peningkatan mutu persuratkabaran, siaran radio, dan juga televisi.
8.      Penulisan buku ilmu pengetahuan, baik dalam bentuk karangan asli maupun dalam bentuk terjemahan.

Bahasa Daerah
Di dalam perumusan mengenai fungsi dan juga kedudukan bahasa-bahasa daerah, politik bahasa nasional perlu memperhatikan kenyataan bahwa :

1.      Kelangsungan hidup dan pembinaan bahasa daerah yang harus dipelihara oleh masyarakat dan merupakan bagian daripada kebudayaan Indonesia yang dijamin dalam UUD 1945.
2.      Bahasa-bahasa daerah ialah merupakan lambang dari nilai sosial budaya yang mencerminkan pada kebudayaan yang hidup di kalangan masyarakat.
3.      Bahasa-bahasa daerah merupakan kekayaan budaya yang harus kita manfaatkan dan juga harus kita pelihara, bukan hanya untuk kepentingan pengembangan dan pembakuan bahasa nasional, tetapi juga untuk kepentingan pembinaan dan pengembangan bahasa daerah sendiri.
4.      Bahasa daerah yang berbeda-beda bukan saja di dalam struktur kebahasaannya, tetapi juga dalam jumlah penutur aslinya.
5.      Bahasa daerah tertentu dipakai sebagai alat perhitungan, baik secara lisan maupun tertulis.
6.      Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, bahasa daerah banyak dipengaruhi oleh bahasa nasional dan juga bahasa asing, hal itu sebagai akibat dari meningkatnya penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia.

Bahasa Asing
Masalah fungsi bahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa asing pertama di Indonesia, perlu pula dirumuskan di dalam politik bahasa nasional. Dalam hubungan ini kita tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan bahwa :

1.  Sebagai warga masyarakat dunia, Indonesia memerlukan pemakaian bahasa-bahasa asing tertentu, terutama bahasa Inggris sebagai alat perhubungan antar bangsa.
2.  Buku-buku dan sarana lain yang memumngkinkan kita mengikuti perkembangan  IPTEK, serta memanfaatkannya untuk kepentingan nasional kita, sebagian besar ditulis di dalam bahasa asing.
3.  Bahasa asing yang dipakai sebagai bahasa IPTEK dapat kita manfaatkan sebagai salah satu sumber untuk kepentingan pengembangan bahasa nasional kita, terutama dalam pengembangan tata istilah.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter