5 Kekuatan Besar dalam Diri Manusia

Post a Comment
kekuatan dalam diri manusia

Kita sebagai manusia pasti  pasti memiliki kekuatan jiwa. Setiap manusia pasti mempunyai tingkatan kekuatan jiwa yang berbeda antara individu satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, kita harus dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi yang kita miliki agar dapat menjadi manusia yang berguna, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Pada dasarnya manusia mempunyai 5 kemampuan atau kekuatan besar yang dimilikinya. Namun, apakah kita semua menyadari hal itu semua? Lalu apa sajakah kekuatan yang yang ada di dalam diri manusia?

1.    Kekuatan Impian (The Power of Dreams)

Impian adalah sebuah harapan yang masih ada dipikiran kita. Jika ingin maju, maka seseorang harus mempunyai impian atau mimpi. Tidak ada orang besar yang tidak mempunyai impian. Untuk menggapai semua impian bukanlah perkara yang mudah. Ada berbagai rintangan yang harus dilalui, tapi itulah yang menjadikan seseorang menjadi kuat. Seseorang akan kuat dari segala ujian yang dihadapinya. Apakah ia akan menghindar atau melaluinya. Itu tergantung pada setiap individu. Apakah akan sampai ditahap itu saja? Lalu buat apa membuat sebuah mimpi jika takut gagal?. Memang, untuk mendapatkan hal-hal terbaik dalam kehidupan ini, setiap orang harus mempunyai impian dan tujuan hidup yang jelas. Kita harus mempunyai planning atau perencanaan, untuk meminimalisir rintangan yang terjadi dan mencari solusinya. Mulai dari perencanaan jangka pendek, jangka menengah, sampai jangkau panjang. Tanpa perencanaan yang jelas dan terarah, kehidupan kita akan berjalan tanpa arah dan akhirnya kita tidak menyadari dan tidak mampu mengendalikan ke mana sesungguhnya arah dari kehidupan kita. Setiap kita harus berani memimpikan hal-hal terindah dan terbaik yang kita inginkan bagi kehidupan kita dan kehidupan orang-orang yang ada di sekitar kita.

2.    Kekuatan Pembelajaran (The Power of Learning)

Tuhan memberikan akal kepada manusia. Manusia adalah makhluk yang paling sempurna. Dengan akal, manusia mampu menbedakan antara yang baik dan buruk. Ini (akal) merupakan salah satu kekuatan manusia adalah kemampuannya untuk belajar. Proses belajar ini dilakukan secara berulang-ulang, sehingga tujuan dari kegiatan belajar tersebut tercapai. Dengan belajar kita dapat menghadapi dan menciptakan perubahan dalam kehidupan kita. Dengan belajar kita dapat bertumbuh hari demi hari menjadi manusia yang lebih baik. Belajar adalah proses seumur hidup. Tidak ada batasan bagi seseorang dalam belajar atau sering kita dengar belajar sepanjang hayat. Sehingga dengan senantiasa belajar dalam kehidupan ini, kita dapat terus meningkatkan taraf kehidupan kita pada arah yang lebih tinggi.

3.    Kekuatan dari Fokus (The Power of Focus)

Fokus adalah daya (power) untuk mencoba melihat sesuatu (termasuk masa depan, impian, sasaran atau hal-hal lain seperti: kekuatan dan kelemahan dalam diri, peluang di sekitar kita, dan sebagainya) dengan lebih jelas dan mengambil langkah untuk mencapainya. Memang itu belum pasti, tapi tetap jalanilah kehidupan sekarang. Seseorang yang berhasil adalah orang yang fokus dalam tujuan yang ia tentukan semasa hidupnya. Ia tidak akan terpengaruh dengan rayuan orang. Percayalah pada diri Anda untuk melangkah dengan pasti untuk mencapai tujuan hidup Anda. Janglah ragu-ragu dalam melangkah untuk mewujudkannya.

4.    Kekuatan Disiplin Diri (The Power of Self Discipline)

Pengulangan adalah kekuatan yang dahsyat untuk mencapai keunggulan. Hal-hal yang kita lakukan secara berulang akan menjadi kebiasaan kita. Buanglah sifat malas dalam diri. Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang. Menurut filsuf Aristoteles, keunggulan adalah sebuah kebiasaan. Kebiasaan terbangun dari kedisiplinan diri yang secara konsisten dan terus-menerus melakukan sesuatu tindakan yang membawa pada puncak prestasi seseorang. Kebiasaan kita akan menentukan masa depan kita. Untuk membangun kebiasaan tersebut, diperlukan sikap disiplin. Sedangkan kedisiplinan adalah bagaimana kita mengalahkan diri kita dan mengendalikannya untuk mencapai impian dan hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.

5.    Kekuatan Perjuangan (The Power of Survival)

Setiap manusia diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan dan penderitaan. Justru melalui berbagai kesulitan itulah kita dibentuk menjadi ciptaan Tuhan yang tegar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan kegagalan. Seringkali kita lupa untuk belajar bagaimana caranya menghadapi kegagalan dan kesulitan hidup, karena justru kegagalan itu sendiri merupakan unsur yang utama dalam mencapai keberhasilan atau kehidupan yang berkelimpahan. Oleh karena itu, tetaplah untuk bersabar dalam menghadapi rintangan yang ada. Jangalah cepat putus asa setiap dirundung masalah. Dengan hati yang lapang, semua persoalan akan menjadi angin lalu. Hal yang paling tepat adalah fokus pada solusi, bukan fokus pada permasalahan.

Itulah beberapa kekuatan yang dimiliki manusia. Kita harus optimis dalam menghadapi kehidupan di dunia dan janganlah takut dalam memandang masa depan. Semoga sukses.:)

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter