Membaca
literal meruapakan kegiatan membaca sebatas mengenal dan menangkap arti yang tertera
secara tersurat. Artinya pembaca hanya berusaha menangkap informasi yang
terletak secara literal dalam bacaan dan tidak berusaha menangkap makna yang
lebih dalam lagi, yakni makna yang tersirat.
Membaca
kritis adalah sejenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, penuh tenggang
hati, mendalam, evaluatif, serta analisis, dan bukan hanya mencari kesalahan
belaka. Dengan membaca kritis pembaca akan dapat mencamkan lebih lama terhadap
apa yang dibacanya dan dia pun akan empunyai kepercayaan diri yang lebih mantap
daripada kalau dia membaca tanpa usaha berpikir kritis. Membaca kritis
merupakan kegiatan membaca untuk mendapatkan penilaian yang adil dan bijaksana.
Menurut Harras (1998:45) untuk dapat melakukan kegitan membaca kritis, ada
empat macam persyaratan pokok, yaitu: (1) pengetahuan tentang bidang ilmu yang
disajikan dalam bahan bacaan yang sedang dibaca; (2) sikap bertanya dan sikap
menilai yang tidak tergesa-gesa; (3) penerapan berbagai metode analisis yang
logis atau penelitian ilmiah; (4) tindakan yang diambil berdasarkan analisis
atau pemikiran tersebut.
Membaca
kreatif merupakan proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari
pengetahuan yang baru yang terdapat dalam bacaan lewat jalan mengidentifikasi
ide-ide yang menonjol atau mengkombinasikan pengetahuan yang sebelumnya pernah
didapatkan. Dalam proses membaca kreatif, pembaca dituntut untuk mencermati
ide-ide yang dikemukakan oleh penulis kemudian membandingkannya dengan ide-ide
yang sejenis yang mungkin saja berbeda-beda, baik berupa petunjuk, aturan, atau
kiat-kiat tertentu. Selain itu, kemampuan membaca kreatif merupakan tingkatan
tertinggi dari kemampuan membaca seseorang.
Menurut
Harras (1998:49) pembaca dapat dikatakan pembaca kreatif andaikan memenuhi
kreteria berikut:
(1)
Kegiatan membaca
tidak berhenti sampai pada saat menutup buku.
(2)
Mampu menerapkan
hasil untuk kepentingan hidup sehari-hari.
(3)
Munculnya perubahan
sikap dan tingkah laku setelah proses membaca selesai.
(4)
Hasil membaca
berlaku sepanjang masa.
(5)
Mampu menilai
secara kritis dan kreatif bahan-bahan bacaan.
(6)
Mampu memecahkan
masalah kehidupan sehari-hari berdasarkan hasil bacaan yang tekah dibaca.
Nice selalu bingung dengan penggunaan kalimat secara literal. Akhirnya terjaewab
ReplyDelete