Beda Menanyakan atau Mempertanyakan

Post a Comment

menanyakan dan mempertanyakan?

Masih bingung dengan kata yang terdapat di dalam judul di atas? Yuk, simak penjelasan dari laman badan bahasa di bawah ini.
Kata menanyakan dan mempertanyakan dibentuk dari kata dasar yang sama, yaitu tanya. Yang berbeda adalah imbuhan dan pengimbuhannya. Per­bedaan imbuhan yang melekat pada kata dasar menyebabkan perbedaan arti pada kata jadiannya. Arti kata menanyakan berbeda dari mempertanyakan. Namun, pada kenyataannya, arti kedua kata jadian itu sering dianggap sama, seperti contoh berikut.
(1) Kepada penceramah, seorang peserta menanyakan / memper­tanyakan bantuan dana yang telah digulirkan pemerintah.
Pemakaian kedua kata di atas tentu dengan makna yang berbeda. Ber­dasarkan konteksnya, kalimat di atas itu mengandung maksud bahwa ada pe­serta yang meminta penjelasan penceramah tentang bantuan dana yang telah digulirkan pemerintah. Karena maksudnya hanya satu, padahal dilambangkan dengan dua kata yang berbeda, yaitu menanyakan dan mempertanyakan, tentu pemakaian itu tidak tepat. Oleh karena itu, harus dipilih salah satu di antara kedua kata itu. Lalu, manakah yang tepat di antara kedua kata tersebut?
Untuk dapat menentukan pilihan yang tepat, harus lebih dahulu di­ketahui perbedaan makna menanyakan dan mempertanyakan. Kata menanyakan berarti 'me­minta keterangan tentang sesuatu' dan kata mempertanyakan berarti 'mem­persoalkan' atau 'menjadikan sesuatu sebagai ba­han bertanya-tanya'. Perbeda­an­nya adalah bahwa kata menanyakan me­nuntut jawaban langsung, sedangkan mempertanyakan meminta penje­lasan. Dengan demikian, untuk maksud di atas, lebih tepat digunakan ka­ta menanyakan seperti berikut.
(2) Kepada penceramah seorang peserta menanyakan bantuan dana yang diguna­kan pemerintah.
Kata mempertanyakan digunakan seperti pada kalimat berikut.
(3) Beberapa orang mempertanyakan kehadiran tokoh itu.
(4) Masyarakat mempertanyakan keberadaan pedagang kaki lima di lingkungannya.
Kalimat (3) dan (4) di atas masing-masing mengandung maksud bahwa 'sejumlah orang yang bertanya-tanya tentang keberadaan tokoh itu' dan 'masyarakat bertanya-tanya tentang keberadaan kaki lima’. Untuk itu, mereka membutuhkan penjelasan dari pihak tertentu. Jadi, kalimat (3) dan (4) tidak menghendaki jawaban ya-tidak, tetapi penjelasan.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter