Kita Harus Berubah (Ke arah yang Lebih Baik)

Post a Comment

Sekarang sudah akan dimulai dengan era masa depan. Ya, sebuah zaman di mana semua serba praktis dan efisien. Di zaman yang semuanya sudah menggunaakn teknologi membuat manusia selalu melakukan segala inovasi. Setiap manusia pasti membutuhkan adanya perubahan. Tentunya perubahan ke arah yang lebih baik. Kalau ada yang belum baca ilmunya tentang proses sosialisasi. Di era digital seperti sekarang ini, semua aktivitas manusia berjalan semakin cepat. Sebagian manusia juga dapat melakukan suatu kegiatan secara bersamaan (bahasa kerennya multitasking). Semua serba bersamaan, misalnya saja seseorang dapat mencuci baju kotor selain itu ia juga dapat bersantai ria menyaksikan program di televisi. Akan semuanya dapat memberikan dampak yang baik bagi manusia? Mari kita renungan secara bersama.

Setiap perubahan pastinya dapat memberikan dampak yang baik untuk perkembangan diri. Perubahan ini sangat baik untuk pengembang diri seseorang. Kita tidak mungkin melakukan suatu hal yang sama setiap hari seumur hidup tanpa menyesuaikan diri dengan perkembangan. Untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, kita perlu berubah juga. Ketika kita mengubah kebiasaan dan cara berpikir kita, secara tidak langsung mental dan fisik pun akan berubah. Dalam jangka panjang, kita akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Suatu zaman akan menuntut adanya sebuah perubahan. Pernahkah kita memperhatikan bagaimana rutinitas kehidupan kita sehari-hari akan selalu berubah dari tahun ke tahun? Kalau zaman dahulu seseorang melakukan satu aktivitas dapat menghabiskan waktu yang cukup banyak, zaman sekarang jadi lebih singkat. Contoh sederhana adalah menanak nasi. Zaman dahulu orang menanak nasi menggunakan panci dengan menggunakan bantuan kayu bakar untuk menanaknya. Setelah ditemukan alat yang bernama rice cooker, sekarang memasak nasi jauh lebih cepat dan praktis. Teknologi-teknologi canggih ini dapat membuat hidup manusia menjadi lebih mudah dan jauh lebih efektif. Mungkin inovasi pada tahun-tahun selanjutnya ada sebuah alat yang lebih canggih lagi.

Hidup seseorang akan menjadi lebih menarik. Bayangkan kalau kita harus melakukan aktivitas yang sama setiap hari sepanjang hari? Pasti pada suatu waktu tertentu akan mencapai titik bosan. Karena itu, orang membutuhkan adanya perubahan. Dengan perubahaan, ada hal baru yang dipelajari dan dilakukan oleh manusia. Rutinitas kita pun menjadi berubah dan hidup akan menjadi lebih menarik. 

Melatih diri menjadi orang yang terbuka terhadap perubahan. Perubahan secara tidak langsung dapat membuat orang untuk mengubah pola pikirnya, rutinitasnya , dan pekerjaannya. Orang yang terbiasa pada perubahan tersebut akan berkembang menjadi pribadi yang terbuka terhadap hal-hal baru. Tidak hanya pada ide dan inovasi baru, tapi juga pada orang-orang dengan berbagai karakter di sekeliling mereka.

Adanya perubahan akan menemukan hal-hal yang tidak terduga. Sepuluh tahun lalu, tidak ada smartphone. Coba kita lihat sekarang, semua produsen berlomba-lomba untuk membuat smartphone dengan teknologi terbaru. Inilah sebuah contoh sebuah perubahan membuat kita menemukan sesuatu hal yang tidak terduga. Ketika melakukan perubahan, kita pasti akan menemukan banyak hal tak terduga. Sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Pasti akan ada suatu inovasi terus menurus dalam kehidupan manusia.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter