Pengertian teks diskusi
adalah salah satu jenis teks yang memaparkan atau menjelaskan tentang sebuah hal
yang biasanya dapat mengandung pro dan kontra. Teks tersebut biasanya akan
mengundang beberapa dukungan dari satu pihak, tetapi juga akan mengundang
penolakan bagi pihak yang lainnya. Antara kedua belah pihak tersebut kemudian saling
membicarakan untuk dapat memperoleh informasi tertentu atau jalan keluar
tertentu. Teks diskusi ini biasanya akan digunakan pada acara tertentu saja
misalnya dalam lomba debat. Pemilihan topik yang tepat dapat menjadikan
kegiatan diskusi berjalan dengan lancar. Manfaat dari kegiatan diskusi ini salah
satunya akan semakin memperluas wawasan dari para peserta diskusi melalui
argumennya masing-masing.
Pada saat sekarang
banyak sekali kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh forum-forum tertentu. Bahkan,
beberapa stasiun televisi pun menyelenggarakan acara-acara diskusi. Biasanya topik
yang dibahas dalam forum diskusi yang disiarkan di televisi adalah topik atau
berita yang sedang menjadi trending topic
atau berita yang sedang beredar di masyarakat. Dengan adanya forum diskusi seperti
itu akan ada banyak informasi-informasi baru yang akan didapatkan dari berbagai
pemikiran-pemikiran orang lain. biasanya dari pihak stasiun televis juga akan
mengundang seseorang ahli dalam bidang ilmu tertentu untuk meramaikan acara
tersebut. Jadi, setiap pendapat yang dilontarkan bukanlah hanya ucapan jempol
belaka. Kegiatan diskusi ini juga sangat bermanfaat untuk mendapatkan sebuah
keputusan yang lebih mantap akan suatu hal. Karena biasanya akan ada banyak
pendapat-pendapat beserta bukti-bukti untuk memperkuatnya sehingga akan lebih
kaya informasi.
Struktur Teks Diskusi
4 Struktur pembangun sebuah
teks diskusi agar menjadi suatu teks yang lengkap.
Isu
adalah suatu bagian
yang berisi tentang permasalahan yang sedang didiskusikan dalam forum diskusi.
Argumen mendukung
adalah suatu bagian
yang berupa pendapat atau argumen dari suatu pokok permasalahan yang sedang
didiskusikan yang setuju dengan topik.
Argumen menentang
adalah suatu bagian
yang berupa pendapat atau argumen yang bertentangan dengan argumen yang
mendukung tersebut.
Kesimpulan
adalah bagian terakhir
yang dicapai dalam sebuah teks diskusi.
Contoh Teks Diskusi tentang Dampak Bermain Game
Isu
Pada zaman sekarang
perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Tidak ada yang dapat
menghalangi perkembangan teknologi ini. Adanya teknologi sangat berdampak bagi
kehidupan manusia. Banyak sekali hal-hal yang bersifat baru yang dapat kita
jumpai pada zaman sekarang, salah satunya adalah adanya game atau permainan
virtual. Para pengembang permainan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah game
yang dapat memikat para pemainnya. Game yang ada pada saat ini jumlahnya sangat
banyak. Bukan hanya ratusan game saja tetapi sudah mencapai ribuan jenis game
yang ada di pasaran. Lalu, adakah dampak buruk yang timbul akibat dari
permainan atau game tersebut?
Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa bermain game adalah suatu hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang, namun
tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk bagi pemainnya.
Argumen Mendukung
Beberapa dampak positif
dari bermain game bagi seseorang, khususnya remaja adalah sebagai berikut :
Game atau permainan
virtual adalah salah satu media bagi seseorang untuk menghibur diri. Adanya kesibukan
dan rutinitas yang padat membuat sebagian besar orang akan mengalami stress pada
saat-saat tertentu. Adanya game ini dapat membantu bagi mereka yang sedang
mengalami stress.
Game dapat dijadikan
sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif bagi seseorang, khususnya
remaja. Dengan bermain game tersebut dapat mempercepat pemahaman para remaja
dalam menyerap suatu ilmu atau informasi baru. Dengan begitu, mereka dapat
mengaplikasikan kecepatan dalam memahami sesuatu dalam hal akademik.
Game dapat menjadi
sebuah salah satu sumber penghasilan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi
yang ada, banyak remaja-remaja yang kreatif dalam membuat sebuah konten game
yang mana dapat diminati oleh para pemainnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan
bagi mereka. Dengan begitu, para remaja dapat mencari mencari rezeki lewat game
ini.
Argumen Menentang
Walaupun bermain game mempunyai
dampak positif, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang timbul akibat bermain
game yang dimainkan oleh para remaja.
Remaja akan menjadi
malas untuk belajar dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain game
setiap saat. Ada beberapa game dapat memberikan rasa candu bagi pemainnya. Dengan
begitu, mereka (remaja) akan lupa kewajibannya sebagai pelajar. Hal ini cukup
di sayangkan karena mereka lebih asyik untuk bermain game dibandingkan untuk
belajar yang bersifat akademik.
Remaja akan mudah
terpancing terhadap konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game. Arus perkembangan
teknologi yang sangat cepat membuat beberapa pengembang untuk memanfaatkan
situasi ini. Dalam game-game yang beredar biasanya akan disisipi sebuah iklan
yang berisi konten dewasa. Hal tersebut bukan menjadi santapan bagi remaja
sehingga mereka akan hanyut untuk melihat konten dewasa. Peran orang tua sangat
dibutuhkan untuk mengawasi anak-anaknya dalam bermain game tersebut. Selain itu,
ada beberapa game yang bersifat kekerasan sehingga kurang cocok untuk dimainkan
oleh remaja. Mereka dapat terpancing untuk melakukan aksi-aksi tertentu di
dunia nyata akibat bermain game tersebut.
Sebuah permainan dapat
membuat remaja menjadi boros dalam mengelola uang. Tidak hanya waktu saja,
melainkan juga uang. Pasalnya ada beberapa game yang diwajibkan untuk membeli
item-item tertentu untuk dimainkan di dalam game tersebut. Beberapa game
menyediakan fitur pembelian untuk suatu konten. Jika remaja tersebut adalah
seorang sudah maniak terhadap game, perlu diawasi oleh orang tua agar tidak
boros menggunakan uang. Dapat dipastikan mereka tidak dapat mengontrol
pengeluaran untuk membeli item-item tertentu dengan harga berapapun untuk dapat
menikmati game tersebut. Jika mereka tidak mempunyai uang dapat dikhawatirkan
mereka akan melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan, misalnya dengan
mencuri.
Kesimpulan
Dari kedua aspek
tersebut (dampak positif dan negatif) dari bermain game perlu diperhatikan
beberapa hal agar perkembangan teknologi dapat dinikmati dengan sehat oleh para
remaja. Melihat dan membandingkan kedua hal di atas, game atau permainan
memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya tidak dapat
dipisahkan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang hanya dapat menentukan ke mana
akan ia pilih, apakah kea rah yang lebih baik atau ke arah yang tidak baik.
Post a Comment
Post a Comment