Contoh Teks Diskusi

Post a Comment
teks diskusi

Pengertian teks diskusi adalah salah satu jenis teks yang memaparkan atau menjelaskan tentang sebuah hal yang biasanya dapat mengandung pro dan kontra. Teks tersebut biasanya akan mengundang beberapa dukungan dari satu pihak, tetapi juga akan mengundang penolakan bagi pihak yang lainnya. Antara kedua belah pihak tersebut kemudian saling membicarakan untuk dapat memperoleh informasi tertentu atau jalan keluar tertentu. Teks diskusi ini biasanya akan digunakan pada acara tertentu saja misalnya dalam lomba debat. Pemilihan topik yang tepat dapat menjadikan kegiatan diskusi berjalan dengan lancar. Manfaat dari kegiatan diskusi ini salah satunya akan semakin memperluas wawasan dari para peserta diskusi melalui argumennya masing-masing.

Pada saat sekarang banyak sekali kegiatan diskusi yang diselenggarakan oleh forum-forum tertentu. Bahkan, beberapa stasiun televisi pun menyelenggarakan acara-acara diskusi. Biasanya topik yang dibahas dalam forum diskusi yang disiarkan di televisi adalah topik atau berita yang sedang menjadi trending topic atau berita yang sedang beredar di masyarakat. Dengan adanya forum diskusi seperti itu akan ada banyak informasi-informasi baru yang akan didapatkan dari berbagai pemikiran-pemikiran orang lain. biasanya dari pihak stasiun televis juga akan mengundang seseorang ahli dalam bidang ilmu tertentu untuk meramaikan acara tersebut. Jadi, setiap pendapat yang dilontarkan bukanlah hanya ucapan jempol belaka. Kegiatan diskusi ini juga sangat bermanfaat untuk mendapatkan sebuah keputusan yang lebih mantap akan suatu hal. Karena biasanya akan ada banyak pendapat-pendapat beserta bukti-bukti untuk memperkuatnya sehingga akan lebih kaya informasi.

Struktur Teks Diskusi
4 Struktur pembangun sebuah teks diskusi agar menjadi suatu teks yang lengkap.
Isu
adalah suatu bagian yang berisi tentang permasalahan yang sedang didiskusikan dalam forum diskusi.
Argumen mendukung
adalah suatu bagian yang berupa pendapat atau argumen dari suatu pokok permasalahan yang sedang didiskusikan yang setuju dengan topik.
Argumen menentang
adalah suatu bagian yang berupa pendapat atau argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung tersebut.
Kesimpulan
adalah bagian terakhir yang dicapai dalam sebuah teks diskusi.

Contoh Teks Diskusi tentang Dampak Bermain Game
Isu
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi berkembang dengan sangat pesat. Tidak ada yang dapat menghalangi perkembangan teknologi ini. Adanya teknologi sangat berdampak bagi kehidupan manusia. Banyak sekali hal-hal yang bersifat baru yang dapat kita jumpai pada zaman sekarang, salah satunya adalah adanya game atau permainan virtual. Para pengembang permainan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah game yang dapat memikat para pemainnya. Game yang ada pada saat ini jumlahnya sangat banyak. Bukan hanya ratusan game saja tetapi sudah mencapai ribuan jenis game yang ada di pasaran. Lalu, adakah dampak buruk yang timbul akibat dari permainan atau game tersebut? Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa bermain game adalah suatu hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang, namun tidak sedikit yang menganggapnya berdampak buruk bagi pemainnya.

Argumen Mendukung
Beberapa dampak positif dari bermain game bagi seseorang, khususnya remaja adalah sebagai berikut :
Game atau permainan virtual adalah salah satu media bagi seseorang untuk menghibur diri. Adanya kesibukan dan rutinitas yang padat membuat sebagian besar orang akan mengalami stress pada saat-saat tertentu. Adanya game ini dapat membantu bagi mereka yang sedang mengalami stress.
Game dapat dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran yang efektif bagi seseorang, khususnya remaja. Dengan bermain game tersebut dapat mempercepat pemahaman para remaja dalam menyerap suatu ilmu atau informasi baru. Dengan begitu, mereka dapat mengaplikasikan kecepatan dalam memahami sesuatu dalam hal akademik.
Game dapat menjadi sebuah salah satu sumber penghasilan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada, banyak remaja-remaja yang kreatif dalam membuat sebuah konten game yang mana dapat diminati oleh para pemainnya. Tentu hal ini cukup menguntungkan bagi mereka. Dengan begitu, para remaja dapat mencari mencari rezeki lewat game ini.

Argumen Menentang
Walaupun bermain game mempunyai dampak positif, namun tidak sedikit juga dampak negatif yang timbul akibat bermain game yang dimainkan oleh para remaja.
Remaja akan menjadi malas untuk belajar dan lebih senang menghabiskan waktunya untuk bermain game setiap saat. Ada beberapa game dapat memberikan rasa candu bagi pemainnya. Dengan begitu, mereka (remaja) akan lupa kewajibannya sebagai pelajar. Hal ini cukup di sayangkan karena mereka lebih asyik untuk bermain game dibandingkan untuk belajar yang bersifat akademik.
Remaja akan mudah terpancing terhadap konten-konten yang ditampilkan dalam sebuah game. Arus perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat beberapa pengembang untuk memanfaatkan situasi ini. Dalam game-game yang beredar biasanya akan disisipi sebuah iklan yang berisi konten dewasa. Hal tersebut bukan menjadi santapan bagi remaja sehingga mereka akan hanyut untuk melihat konten dewasa. Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengawasi anak-anaknya dalam bermain game tersebut. Selain itu, ada beberapa game yang bersifat kekerasan sehingga kurang cocok untuk dimainkan oleh remaja. Mereka dapat terpancing untuk melakukan aksi-aksi tertentu di dunia nyata akibat bermain game tersebut.
Sebuah permainan dapat membuat remaja menjadi boros dalam mengelola uang. Tidak hanya waktu saja, melainkan juga uang. Pasalnya ada beberapa game yang diwajibkan untuk membeli item-item tertentu untuk dimainkan di dalam game tersebut. Beberapa game menyediakan fitur pembelian untuk suatu konten. Jika remaja tersebut adalah seorang sudah maniak terhadap game, perlu diawasi oleh orang tua agar tidak boros menggunakan uang. Dapat dipastikan mereka tidak dapat mengontrol pengeluaran untuk membeli item-item tertentu dengan harga berapapun untuk dapat menikmati game tersebut. Jika mereka tidak mempunyai uang dapat dikhawatirkan mereka akan melakukan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan, misalnya dengan mencuri.

Kesimpulan
Dari kedua aspek tersebut (dampak positif dan negatif) dari bermain game perlu diperhatikan beberapa hal agar perkembangan teknologi dapat dinikmati dengan sehat oleh para remaja. Melihat dan membandingkan kedua hal di atas, game atau permainan memiliki dampak positif dan dampak negatif yang mana keduanya tidak dapat dipisahkan. Kebijaksanaan remaja sendirilah yang hanya dapat menentukan ke mana akan ia pilih, apakah kea rah yang lebih baik atau ke arah yang tidak baik.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter