Mengidentifikasi teks laporan dari hasil observasi

1 comment
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Tumbuhan Mawar
Mawar adalah salah satu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus sebagai nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar mempunyai spesies lebih dari 100 spesies. Kebanyakan tumbuh ini hidup di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Secara umum, spesies mawar merupakan tanaman semak yang berduri. Tanaman yang tumbuh memanjat ini tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Sebagian besar spesies bunga mawar mempunyai daun yang panjangnya antara 5 – 15 cm. Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri atas paling sedikit 3 / 5 hingga 9 / 13 anak daun dan daun penumpu (stipula). Daun ini berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya mempunyai warna putih, merah jambu, kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Pada umumnya tumbuhan mawar memiliki duri yang berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir atau di daerah pantai seperti Rosa rugose dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi. Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies tanaman ini mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.
Mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan (grafting) dapat tumbuh di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis. Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C. salah satu manafaat dari tanaman ini adalah dapat dibuat minyak mawar. Minyak mawar merupakan salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum. Bunga mawar juga dapat dimanfaatkan untuk sebagai bahan makanan dan minuman seperti teh, jelly, dan selai.
1.         Kaidah kebahasaan
a.          Sinonim dan Antonim
 Antonim                                                                      
tumbuh x    layu                                         
umum    x   pribadi
tinggi      x  rendah                                   
jarang     x   sering                                     
panjang  x   pendek                                     
dekat      x   jauh                                         
seluruh   x   sebagian                                  
banyak    x   sedikit                                     
takut       x   berani
Sinonim
jarang     x  kadang – kadang
tumbuh  x   berkembang
umum    x    awam
tinggi      x   jangkung
panjang   x   membentang
seluruh   x    lengkap
dekat      x    rapat
takut      x     cemas
b.      Kategori kata: verba (V) dan nomina (N)
Kata Dasar
Sambung     Menyambung (V)        Penyambung  (N)
Rusak           Merusak (V)                 Perusak  (N)
Panjat         Memanjat  (V)              Pemanjat  (N)
Rambat       Merambat  (V)             Perambat  (N)
Rontok        Merontokkan  (V)       Perontok   (N)
Bentuk       Berbentuk  (V)              Pembentuk  (N)
Tumbuh      Menumbuhkan  (V)    Penumbuh   (N)
c.    Kalimat yang mengandung konjungsi
1.    Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri atas paling sedikit 3 / 5 hingga 9 / 13 anak daun dan daun penumpu (stipula).
2.    Daun ini berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah.
3.  Warna bunga biasanya mempunyai warna putih, merah jambu, kuning dan merah pada beberapa spesies.
4.    Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.
5.   Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir atau di daerah pantai seperti Rosa rugose dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi.
6.  Walaupun sudah dilindungi duri, rusa kelihatannya tidak takut dan sering merusak tanaman mawar. Beberapa spesies tanaman ini mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.
7.   Selain sebagai bunga potong, mawar memiliki banyak manfaat, antara lain antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, dan sumber vitamin C
8.  Minyak mawar merupakan salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat menjadi parfum.
9.   Bunga mawar juga dapat dimanfaatkan untuk sebagai bahan makanan dan minuman seperti selai, teh, dan jelly.
 Glosarium
Observasi : Pengamatan
Sinonim : Persamaan kata
Antonim : Lawan kata
Verba : Kata kerja
Nomina : Kata benda
Konjungsi : Kata sambung / penghubung

Postingan Terkait

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter