Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif

Post a Comment
pengertian kalimat aktif yang benar

Pengertian kalimat aktif dan kalimat pasif. Berdasarkan subjeknya, kalimat dibedakan menjadi dua jenis kalimat yaitu, kalimat aktif dan kalimat pasif. Kalimat aktif adalah kalimat yang mempunyai kedudukan subjek memberikan tindakan terhadap objek. Kalimat pasif adalah kalimat yang mempunyai kedudukan subjek yang mendapat tindakan dari objek. Kedua jenis kalimat ini sering sekali digunakan dalam berbagai bentuk karya tulis, baik itu teks wacana, berita, artikel, dan lainnya. Penggunaan kalimat tersebut bertujuan untuk menambah variasi kalimat, sehingga penulisan karya tulis tersebut menjadi mudah untuk dipahami oleh pembaca. 

Ciri - ciri Kalimat Aktif
Beberapa ciri – ciri yang dapat dipahami dari kalimat aktif adalah sebagai berikut: 
      1.       Dalam kalimat aktif, subjek memberikan tindakan secara langsung terhadap objek.
      2.       Dalam kalimat aktif, digunakan kata kerja yang berimbuhan me- atau ber-.
     3.    Biasanya mempunyai pola S-P-O (subjek-predikat-objek) atau S-P-O-K (subjek-predikat-objek-keterangan).
Contoh:
Ibu sedang menggoreng ikan di dapur.
Ibu mencuci baju di kamar mandi.
Ayah sedang mencuci motor.
Adik membaca buku.

Ciri-ciri Kalimat Pasif
      1.       Objek dalam kalimat pasif memberikan tindakan terhadap subjek.
      2.       Dalam kalimat pasif biasanya digunakan kata kerja yang berimbuhan di-, ter, atau ke-an.
      3.       Biasanya menggunakan kata oleh, atau dengan.
Contoh:
Ikan sedang digoreng oleh ibu di dapur.
Baju dicuci oleh ibu.
Motor sedang dicuci oleh ayah.
Buku dibaca oleh adik.


Contoh Penggunaan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Teks

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Kesehatan
bahaya penyalahgunaan narkoba
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1997 di Indonesia bahwa yang dimaksud dengan narkotika merupakan suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis atau semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran atau pun perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Penyalahgunaan narkoba dapat mempunyai dampak buruk bagi kesehatan seseorang. Pada masa sekarang penyalahgunaan atau penggunaan narkoba dan obat-obatan terlarang di kalangan remaja dan pelajar tidaklah sedikit terjadi di masyarakat kita. Setiap keluarga harus menanamkan nilai-nilai agama kepada anaknya. Dengan bekal tersebut, diharapkan anaknya terhindar dari pengaruh bahaya narkoba.
Bahaya narkoba untuk kesehatan adalah yang terberat adalah efek ketergantungan obat nya itu sendiri. Dampak buruk yang ditimbulkan dari narkoba banyak sekali.  Salah satunya, pecandu narkoba akan merasa ketergantungan dari narkoba tersebut. Dalam bidang kesehatan, penggunaan narkotika pada dasarnya adalah legal dalam rangka untuk pengobatan tertentu yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Pada umumnya, narkoba digunakan untuk terapi karena senyawa-senyawa psikotropika yang terdapat di dalamnya digunakan untuk membius pasien sebelum melakukan operasi (pembedahan) pada seseorang. Pihak medis menggunakan obat-obatan tersebut sesuai dengan dosisnya dan cara pemakaian yang tepat.
Demikianlah penjelasan mengenai kalimat aktif dan kalimat pasif. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter