Prencanaan Kurikulum yang Harus Diketahui

Post a Comment
prencanaan kurikulum nasional
Perencanaan Kurikulum
Perencanaan merupakan serangkaian tindakan yang mengacu kedepan, bertujuan untuk mencapai seperangkat operasi yang konsisten dan terkoordinasi untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Perencanaan adalah suatu proses intelektual yang berkenaan dengan pembuatan keputusan. Proses ini menuntut prediposisi mental untuk berpikir sebelum bertindak, berbuat berdasarkan kenyataan, bukan perkiraan, dan berbuat sesuatu secara teratur. Suatu perencanaan mengandung unsur-unsur tujuan yang jelas.perencanaan kurikulum adalah perencanaan kesempatan belajar yang dimaksudkan untuk membina siswa ke arah perubahan tingkah laku yang diinginkan dan menilai hingga mana perubahan-perubahan telah terjadi pada diri siswa. Fungsi perencanaan kurikulum yaitu sebagai pedoman atau alat manajemen, yang berisi petunjuk tentang jenis dan sumber peserta yang diperlukan, media penyampaiannya, tindakan yang perlu dilakukan, sumber biaya, tenaga, sarana dan lain-lain. Selain itu fungsi perencanaan adalah sebagai penggerak roda organisasi dan tata laksana untuk menciptakan perubahan dalam masyarakat sesuai dengan tujuan organisasi serta berfungsi sebagai motivasi untuk melaksanakan sistem pendidikan sehingga mencapai hasil optimal.

Struktur Program Kurikulum
Struktur program adalah susunan bidang pengajaran yang harus dijadikan pedoman pelaksanaan kurikulum di suatu jenis dan jenjang sekolah. Struktur program merupakan landasan untuk membuat jadwal pelajaran. Sehubungan dengan struktur program ini ada beberapa hal yang perlu dipahami:
a.   GBPP (Garis-Garis Besar Program Pengajaran) ialah ikhtisar dari keseluruhan program pengajaran yang terdiri dari tujuan-tujuan kurikuler, tujuan instruksional dengan ruang lingkup bahan-bahan pengajaran yang disusun secara berurutan dan disusun menurut jangka waktu tertentu.
b. Jam pelajaran ialah waktu pemberian jam mata pelajaran yang berlangsung 45 menit untuk sekolah-sekolah lanjutan, di SD kelas I dan II hanya 30 menit sedang pada kelas III sampai dengan kelas VI, 40 menit.
c.  Semester ialah satuan waktu pemberian jam pelajaran yang berlangsung selama 120 hari belajar efektif, sedang pengertian “caturwulan” yang digunakan di SD adalah satuan waktu yang berlangsung rata-rata 80 hari belajar efektif.
d. Program pendidikan umum ialah program yang diberikan kepada semua siswa yang mencakup pendidikan moral Pancasila yang berfungsi bagi pembinaan warga negara yang baik, jadi program umum yang wajib diikuti oleh siswa.
e. Program pendidikan akademis ialah program pendidikan yang diperlukan sebagai dasar untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikan selanjutnya.
f.  Program pendidikan keterampilan ialah program pendidikan yang dipilih siswa(keterampilan bebas) dan ada juga yang bersifat terikat.
g.  Program pendidikan kejuruan ialah program wajib diikuti siswa sesuai dengan jurusan dan program ini terdiri atas dasar kejuruan, teori, dan praktik kerja.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter