Paragraf Argumentasi

Post a Comment
orang berpendapat
Pengertian paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf dikelompokkan berdasarkan isi paragraf. Berdasarkan isinya, sebenarnya jenis paragraf dibedakan menjadi 5 macam. Sering disingkat atau dapat kita ingat dengan singkatan DEPAN (Deskripsi, Eksposisi, Persuasi, Argumentasi, Narasi). Cukup mudah bukan untuk diingat di memori kita. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis paragraf argumentasi.

Paragraf ini mempunyai gagasan utama yang dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari penulisan paragraf ini adalah untuk menyakinkan kepada pembaca atau pendengar mengenai sebuah topik. Selain itu, penulis juga berusaha untuk mempengaruhi pembaca atau pendengar agar memiliki persepsi atau pendapat yang sama dengan penulis.  Penulis menyajikan data-data yang berupa fakta-fakta yang bersifat aktual agar dapat meyakinkan pembaca. Jadi tidak sembarang dalam menyajikan data-data yang dikembangkan dalam paragraf argumentasi. Beberapa data yang dapat digunakan adalah hasil riset atau penelitian, teori ahli, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat penulis dalam menjelaskan pendapatnya dalam paragraf tersebut. Hal tersebut sebagai salah satu cara untuk menguatkan argumentasi atau pendapat penulis agar tidak muncul prasangka dari pembaca. 

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi
1. Berisi pendapat atau pandangan penulis terhadap suatu permasalahan atau topik.
2. Terdapat data-data faktual yang dijabarkan dalam paragraf untuk meyakinkan pembaca.
3. Menjabarkan suatu permasalahan yang ada dengan cara menganalisis dan menganalogikan.
4. Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat penulis mengenai permasalahan yang telah dijabarkan. 

Berdasarkan cara pengembangan topik utamanya, paragraf argumentasi dibedakan menjadi dua jenis yaitu paragraf argumentasi sebab-akibat, dan paragraf argumentasi akibat-sebab. 

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat
Paragraf ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa sebab-sebab dari suatu permasalahan tertentu yang pada akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebut juga dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.

Contoh 1
Pendidikan yang ada di Indonesia belum dapat disetarakan dengan pendidikan yang ada di negara-negara maju yang ada di dunia. Bahkan negara kita masih kalah dengan negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, apa lagi di daerah-daerah tertinggal seperti di daerah-derah perbatasan. Hal ini perlu adanya peran pemerintah dalam menangani pemerataan pendidikan di daerah tertinggal. Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah tesebut disebabkan banyak faktor, misalnya jumlah tenaga pendidik yang kurang memadai di daerah tersebut. Selain itu, peran orang tua dalam memotivasi kepada anak perlu ditingkatkan agar anak giat dalam menimba ilmu. Pemerintah jangan hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan saja. Semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Demi kemajuan bangsa dan negara dalam dunia pendidikan diperlukan adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk memajukan dunia pendidikan. Jika dunia pendidikan tidak diurus dengan baik, maka masa depan dan cita-cita bangsa Indonesia hanyalah isapan jempol belaka.  

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab
Paragraf argumentasi ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada bagian akhir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab akibat-akibat tersebut.

Contoh 1
Sekolah SMAN 1 Harapan Bangsa dinobatkan sebagai sekolah terbaik di Indonesia. Banyak anak-anak berprestasi yang dihasilkan oleh sekolah ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya juara-juara olimpiade yang diraih siswa yang dididik oleh guru-guru disekolah ini. Tidak hanya prestasi di bidang akademik saja yang membanggakan, tetapi juga di bidang lain seperti olahraga dan kesenian. Tahun lalu, pihak sekolah mengirimkan 20 atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games dan panduan suara sekolah ini saat ini tengah mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Jepang. Prestasi-prestasi yang membanggakan dari sekolah ini tidak terjadi begitu saja, tetapi berkat kerja keras para dewan guru dan pihak komite sekolah yang berkomitmen untuk selalu menghasilkan lulusan-lulusan terbaik.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter