Portal Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Online

Tanggapan berupa Kritik dan Saran

kritik

Tanggapan adalah pendapat ataupun reaksi seseorang setelah melihat, mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan, kritik, saran atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan menggunakan bahasa yang sopan. Dalam menanggapi suatu permasalahan disertai dengan solusi. Berikut ini penjelasan mengenai saran, kritik dan alasan.
Saran merupakan pendapat (usul, anjuran, cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Sama dengan usulan, yakni menanggapi tindakan atau pendapat orang lain berupa usulan yang menurut pemberi saran adalah yang terbaik atau lebih baik dari sebelumnya.
Kritik merupakan  kecaman, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.
Alasan adalah suatu hal yang diungkapkan untuk mengokohkan pendapat yang bersifat opini yang dipakai untuk menguatkan pendapat.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan kritik:
1.         Kritik harus disampaikan secara jelas.
2.         Bahasa yang digunakan secara baik dan benar.
3.         Alasan yang disampaikan dapat sesuai dengan kebenaran yang ada.
4.         Kritik harus sesuai dengan masalah.
5.         Kritik harus bersifat membangun agar tidak menimbulkan perselisihan.

Berikut ini adalah contoh – contoh kalimat kritik: 
Pekerjaan Dimas sangat tidak rapi sehingga hasilnya kurang maksimal, seharusnya dia  bekerja dengan tidak terburu–buru dan memperhatikan kerapian agar hasilnya sesuai harapan.

Puisi yang dibuat oleh Aria Nugraha tidak memiliki rima sehingga terdengar seperti kalimat biasa, seharusnya ia lebih memperhatikan diksi atau pemilihan kata dalam puisinya.

Baju yang engkau pakai itu tidak cocok dengan keadaan tubuhmu, sebaiknya kamu memakai baju yang sesuai dengan ukuran badanmu.

Perkataan yang diucapkan kau itu terlalu menyakitkan hati orang lain, ada baiknya sebelum berkata sesuatu kepada orang lain dipikirkan dahulu akibatnya.

Warna tembok rumah Pak Budi sangat kuno, sebaiknya ia mengganti warna itu dengan warna yang lebih cerah, misalnya kuning atau hijau.

Tugas yang Anda berikan kepada siswa terlalu banyak, seharusnya seorang guru jangan memberikan terlalu banyak tugas agar siswa dapat istirahat di rumah.

Ketua kelas IX G tidak tegas dalam menjalankan fungsinya sebagai pemimpin, sebaiknya menjadi seorang pemimpin haruslah tegas supaya menjadi panutan bagi para anggotanya.

Penampilan Anda di lapangan tadi tidak menunjukan bahwa Anda sebagai bintang lapangan, Anda harusnya bersemangat dalam bertanding sepak bola agar tidak mengalami kekalahan.

Penampilanmu di pertandingan badminton semalam sangat tidak maksimal, sebaiknya kamu memperbanyak jam latihanmu agar menjadi lebih hebat ketika bertanding.

Lelaki itu tidak menunjukan tanggung jawabnya sebagai seorang ayah yang baik, seorang ayah hendaknya bertanggung jawab kepada anak – anak dan istrinya karena merupakan kepala keluarga.
0 Komentar untuk "Tanggapan berupa Kritik dan Saran"

Back To Top