RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA Harapan Bangsa
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester
: X/ 1
Tahun
Pelajaran :
2015/ 2016
Standar Kompetensi :
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.
Kompetensi
Dasar :
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan
kata dan ekspresi yang tepat.
Indikator :
1.
Menyampaikan secara lisan
pengalaman pribadi dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
2.
Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman.
Alokasi Waktu : 4 X
45 menit
Nilai pendidikan karakter : Religius
Kreatif
Mandiri
Berani
1. Tujuan Pembelajaran
(1)
Siswa dapat menyampaikan
secara lisan pengalaman pribadi (lucu, menyenangkan, mengharukan, dan lainnya)
dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.
(2)
Siswa dapat menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan oleh teman.
2. Materi Pembelajaran
Pengertian
pengalaman pribadi
Hal hal
yang harus diperhatikan dalam bercerita tentang pengalaman
Langkah
langkah menulis pengalaman
3. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran
1. Ceramah.
2.
Inkuiri.
3.
Tanya jawab.
4. Demonstrasi.
Model Pembelajaran
Contextual Teaching and Learning
4. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
awal :
1.
Guru mengawali pelajaran
dengan berdoa bersama.
2.
Guru mendata kehadiran
siswa.
3.
Guru menjelaskan mengenai
Standar kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator pembelajaran, dan Tujuan
pembelajaran.
4.
Guru memancing peserta didik
dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.
5.
Guru memberikan contoh
kepada siswa bagaimana menceritakan pengalaman pribadi dengan ekspresi yang
tepat.
Kegiatan inti :
Eksplorasi
1.
Guru bertanya kepada siswa
tentang pengalaman pribadi yang berkesan yang pernah dialami oleh siswa.
2.
Guru memberikan motivasi dan
manfaat yang dapat diperoleh jika dapat menceritakan pengalaman pribadi dengan
ekspresi dan intonasi yang tepat.
3.
Guru memberikan kesempatan
kepada beberapa siswa untuk menceritakan pengalaman pribadinya.
Elaborasi
a)
Guru memberikan tugas kepada
setiap kelompok menulis pengalaman pribadi di lembar kerja siswa.
b)
Guru membantu siswa dalam
menentukan kalimat yang efektif, penggunaan diksi atau pilihan kata dan
struktur menulis pengalaman pribadi.
Konfirmasi
1.
Siswa memberikan penjelasan
secara umum mengenai pengalaman pribadi yang akan diceritakan dipertemuan ke-2.
2.
Guru memberikan penguatan
penguatan mengenai materi yang telah disampaikan.
Kegiatan akhir :
1.
Guru memberikan kesimpulan
mengenai pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan evaluasi
dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Pertemuan 2
Kegiatan awal :
1. Guru
mengawali pelajaran dengan berdoa bersama.
2. Guru
mendata kehadiran siswa.
3. Guru
memberikan motivasi yang berkaitan pembelajaran.
Kegiatan inti :
Eksplorasi
1. Guru
mengecek kesiapan siswa untuk menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas.
2. Guru
membagikan undian kepada siswa.
Elaborasi
1. Siswa
menceritakan pengalaman pribadi di depan kelas secara bergantian.
Konfirmasi
1. Beberapa
siswa menanggapi penampilan siswa yang maju di depan kelas.
Kegiatan akhir :
1. Guru memberikan kesimpulan mengenai pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
Guru memberikan evaluasi dari pembelajaran yang telah dilaksanakan.
5. Sumber Pembelajaran
Kosasih, Engkos. 2006. Cerdas
Berbahasa Indonesia untuk SMA/ MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
6. Penilaian
1.
Teknik : Tes
tulis.
2.
Bentuk
instrumen : Tes uraian.
3.
Soal/instrumen :
Tugas Kelompok !
A. Tulislah
pengalaman pribadi anda di selembar kertas!
B. Bacakanlah
pengalaman anda di depan teman-teman anda di depan kelas!
,
Agustus 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Bahasa Indonesia
Post a Comment
Post a Comment