Kelas XI Semester 2 (Bagian 3)

Post a Comment


1.   Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini. Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.
Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi di atas adalah….
A.  Kekurangan/kelemahan novel tersebut
B.  Keunggulan/kelebihan novel tersebut
C.  Latar belakang pengarang novel
D.  Kekurangan dan kelebihan novel tersebut
E.   Sinopsis novel tersebut

2.     "Insiden" kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogyakarta. Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu over-repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.
Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan….
A.  Keunggulan buku
B.  Isi pokok buku
C.  Deskripsi buku
D.  Kelemahan buku
E.   Identitas buku


3.     Judul       : Sekolah Itu Candu
Penulis     : Roem Topati Masang
Penerbit   : Insid Press, Yogyakarta
Cetakan   : Pertama, Juli 2007
Tebal      : xvii+ 178 halaman
Kelebihan : Buku ini menggunakan bahasa komunikatif, tidak terkesan menggurui, dan patut dibaca semua kalangan.
Kelemahan: Desain cover buku kurang menarik.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku sesuai dengan data tersebut adalah….
A.  Buku ini mengangkat masalah aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
B.  Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
C.  Buku ini mengangkat masalah aktual, cerdas, dan terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan klasik naskah tua mengesankan sebagai bacaan berat. Buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
D.  Buku ini mengangkat masalah yang aktual dan cerdas, tetapi tidak terkesan menggurui. Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun, cover buku sengaja didesain dengan penampilan menarik. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca oleh semua kalangan.
E.   Kover buku ini sangat bagus membuat orang yang melihatnya ingin membacanya. Namun buku ini seakan menggurui para pembacanya.

4.     Judul buku                   : Ayat-Ayat Cinta
Nama pengarang          : Habiburrahman El Shirazy
Tempat & Penerbit buku : Jakarta, Penerbit Republika
Tahun Penerbitan          : 2004
Tebal buku                   : 20,5x13,5 cm
Keunggulan                  : Novel Ayat-Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
Kekurangan                 : Menggunakan terlalu banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak mudah dipahami.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah….
A.  Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy adalah novel terlaris di Indonesia. Novel ini tampak memiliki banyak kelebihan. Kelemahan nyaris tidak terdapat dalam novel ini.
B.  Novel terbitan tahun 2004 ini adalah novel penting yang mengajak pembaca untuk lebih jernih dan cerdas. Buku setebal 20,5x 13,5 cm ini sangat laris di pasaran.
C.  Novel yang ditulis Habiburrahman El Shirazy diterbitkan oleh Penerbit Republika. Novel ini disajikan dengan menggunakan bahasa campuran. Bahasa tersebut adalah bahasa Indonesia dan bahasa Arab.
D.  Novel Ayat-Ayat Cinta terbitan tahun 2004 ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy ini mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta. Sayangnya, novel ini menggunakan terlalu banyak kata berbahasa Arab yang tidak mudah dipahami.
E.   Novel ini ditulis Habiburrahman El Shirazy yang mana membahas tentang cinta dengan nuansa islam. Novel tersebut sangat mudah dipahami karena menggunakan bahasa Indonesia dan juga bahasa Arab

5.     Judul buku       : Laskar Pelangi
Pengarang        : Andrea Hirata
Penerbit           : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Keunggulan        : Hubungan antara satu bagian dan bagian lain harmonis dan dapat                menimbulkan rasa penasaran pembaca.
Kelemahan         : Penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat               imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
Paragraf yang tepat untuk menggambarkan kelebihan dan kelemahan buku berdasarkan data buku tersebut adalah….
A.  Laskar Pelangi merupakan buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi atau gabungan dari 4 karya berbeda, buku kedua Sang Pemimpi berikutnya Edensor dan Maryamah Karpov. Buku ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka, Yogyakarta.
B.  Keunggulan buku ini adalah hubungan antara satu bagian dan bagian yang lain harmonis dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Oleh karena itu, buku ini laris di pasaran.
C.  Selain menarik, kelebihan buku Laskar Pelangi memiliki hubungan harmonis antara satu bagian dan bagian yang lain dan dapat menimbulkan rasa penasaran pembaca. Akan tetapi, penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut.
D.  Kelemahannya adalah penggunaan nama-nama ilmiah dalam ceritanya dapat menghambat imajinasi pembaca yang kurang paham dengan kata tersebut sehingga pembaca akan lebih repot karena harus membuka halaman glosarium jika ingin tahu artinya.
E.   Buku ini ditulis oleh Andrea Hirata di Jakarta. Setelah kita membaca novel ini akan banyak kata-kata ilmiah yang kita dapat.

6.     Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam meresensi buku ialah….
A.    Menyunting
B.    Menimbang
C.    Membahas
D.   Mengkritik
E.    Menyalin

7.     Berikut merupakan kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku….
A.  Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang disampaikan mudah untuk dimengerti.
B.  Penulis sangat enjoy menggunakan kata-kata yang digunakan dalam membuat novel sehingga memberi kesan tidak menggurui.
C.  Kemunculan buku ini telah memperkaya pengetahuan bisnis khususnya untuk para pembisnis.
D.  Kekuatan novel ini tidak hanya dari covernya saja yang menarik, isi perlembar dari novel ini pun sangat menarik sehingga orang yang membacanya tidak mudah bosan.
E. Sayang sekali banyak sekali kata-kata yang sulit sehingga para pembaca sulit mengartikan kata.

8.     Berikut bukan merupakan langkah-langkah menulis resensi….
A.  Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
B.  Menentukan bagian paling menarik dari buku
C.  Menyusun ikhtisar dari buku tersebut
D.  Menaksir harga buku
E.   Membaca buku hingga halaman terakhir

9.     Yang bukan merupakan unsur-unsur dalam resensi novel adalah….
A.    Kepengarangan
B.    Sinopsis
C.    Kelemahan novel
D.   Kelebihan novel
E.    Tempat pembelian novel

10.   Tujuan dari meresensi novel adalah….
A.  Memberi informasi kepada khalayak akan kehadiran suatu buku.
B.  Menyugesti khalayak agar membaca buku-buku yang lain.
C.  Memberitahu khalayak tentang manfaat dari membaca buku.
D.  Menyebarkan kekurangan dari suatu buku.
E.   Memaksa khalayak untuk membaca buku.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter