Laporan
Pertanggungjawaban
Penerimaan
Tamu Ambalan (PTA)
GERAKAN PRAMUKA
GUGUS DEPAN XI-02-3500/ XI-02-3600
AMBALAN KI HAJAR DEWANTARA – RA KARTINI
PANGKALAN SMA HARAPAN BANGSA
2017
I.
Latar Belakang Kegiatan
Pembentukan sebuah karakter
yang tangguh, disiplin, dan berbudi pekerti luhur membutuhkan adanya suatu
proses pendidikan. Karakter tersebut digunakan untuk menentukan arah pandang
dan tujuan dalam kehidupan manusia, serta kesanggupan dalam bertanggung jawab
yang benar dan mulia. Pembentukan karakter ini dapat dilaksanakan melalui
gerakan pramuka yang ada di sekolah. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan salah
satu organisasi yang menjadi wadah pengembangan dan proses pendidikan generasi kaum
muda. Kepramukaan adalah suatu proses pendidikan di luar pelajaran sekolah dan
keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang
di alam terbuka. Kegiatan-kegiatan ini menggunakan prinsip dasar dan metode
kepramukaan serta dibawah pengawasan orang dewasa. Salah satu kegiatan kepramukaan
bagi calon penegak adalah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Penerimaan Tamu
Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak agar dapat bergabung secara resmi
menjadi anggota ambalan pramuka penegak di sekolahnya. Kegiatan ini juga diadakan
untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju pramuka penegak dan
mengenalkan pramuka di SMA HARAPAN BANGSA. Kegiatan ini
juga termasuk ke dalam salah satu progam kerja dewan ambalan.
Sehubungan dengan adanya
Program Kerja Gerakan Pramuka gugus depan XI-02-3500 -XI-02-3600 ambalan Ki
Hajar Dewantara – RA Kartini pangkalan SMA HARAPAN BANGSA Periode
2016/2017, kami bermaksud mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA)
sebagai salah satu bentuk pengabdian Dewan Ambalan terhadap gugus depannya.
II.
Dasar
Pemikiran
1.
Undang-Undang
Republik Indonesia nomor 11 tahun 2013 tentang Gerakan Pramuka.
2.
Keputusan
Presiden Republik Indonesia nomor 24 tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan
Pramuka.
3.
Keputusan
Kwartir Nasional nomor 203 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
4.
Keputusan
Kwartir Nasional nomor 220 tahun 2007 tentang Pokok-pokok Organisasi Gerakan
Pramuka.
5.
Program
kerja dewan ambalan masa bakti 2016/2017.
6.
Hasil
rapat tanggal 1 Agustus
2017.
III. Nama
Kegiatan
Kegiatan ini dinamakan Penerimaan Tamu
Ambalan (PTA) SMA HARAPAN BANGSA tahun 2017.
IV.
Tujuan
Kegiatan
1.
Melaksanakan
program kerja pengurus ambalan Ki Hajar Dewantara – RA Kartini masa bakti 2016/ 2017.
2.
Memantapkan
minat dan bakat dari adik-adik kelas X, khususnya dalam bidang kepramukaan.
3.
Melatih
mental dan fisik kelas X.
4.
Meningkatkan
rasa kepedulian adik-adik kelas X terhadap lingkungan sekitar.
5.
Mempererat
tali persaudaraan di antara kelas X.
V.
Waktu Dan Tempat Kegiatan
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan akan dilakasanakan
pada:
hari/tanggal : Jumat – Sabtu, 25 – 26 Agustus 2017
waktu : 13.00-15.00 WIB
tempat : Bumi Perkemahan
VI.
Daftar Pendamping,
Pembina, Dan Peserta
Terlampir
VII. Struktur Kepanitian
1.
Penasehat : Andi
Syahputra, M. Pd.
2.
Penanggung
Jawab : Ismail
Surya Maulana, M. Pd.
3.
Pembina : Hary
Pambudi,S.Pd. SD.
4.
Penanggung
Jawab Teknis : 1. Putra
Aryanto
2. Farah H.
5.
Ketua
Sangga Kerja : Aufa P.
6.
Wakil
Ketua Sangga Kerja : Farah P
7.
Sekretaris :
1. Rizqi
H.
2. Lestari R.K.
8.
Bendahara : 1. Fauzi
M.
2. Ferina A.
9.
Seksi
– seksi :
a)
Konsumsi
: 1. Amira S.
2. Aji Muzaki
b)
Acara : 1. Hinami K.
2. Firis I.
3. Anindita
c)
Humas : 1. Azmi
2. Safira
d)
Perkap : 1. Andria
2. Antonio
e)
Dokumentasi : 1. Maulana
2. Aria
f)
P3K : 1. Herni
2. Alia
VIII. Jadwal
Kegiatan
Jumat-Sabtu,
18-19 Agustus 2017
No
|
Agenda
|
Waktu
|
Tempat
|
1
|
Persiapan
keberangkatan dan pengarahan
|
13.30-14.00
|
Halaman
depan
|
2
|
Perjalanan
ke Buper
|
14.00-15.00
|
Jalan
|
3
|
Istirahat
& Sholat
|
15.00-15.30
|
Aula
|
4
|
Pendirian
Tenda
|
15.30-16.30
|
Lokasi
Camping ground
|
5
|
Apel
sore sekaligus pembukaan
|
16.30-18.00
|
Lapangan
buper
|
6
|
ISOMA
|
18.00-19.30
|
Tenda
& Aula
|
7
|
Api
unggun
|
19.30-21.00
|
Lapangan
|
8
|
Motivasi
kepramukaan & game
|
21.00-22.00
|
Aula
|
9
|
Tidur/istirahat
|
22.00-02.45
|
Tenda
masing-masing
|
10
|
Jerit
malam
|
02.45-04.00
|
Lokasi
Camping ground
|
11
|
Hiking
|
05.30-06.30
|
Hutan
Buper
|
12
|
Sarapan
& MCK
|
06.30-07.30
|
Tenda
masing-masing
|
13
|
Apel
pagi
|
07.30-07.45
|
Lapangan
|
14
|
Pembekalan
traking
|
07.45-08.15
|
Lapangan
|
15
|
Traking
seson 1
|
08.15-11.15
|
Hutan
Buper
|
16
|
ISOMA
|
11.15-12.45
|
Tenda
& Aula
|
17
|
Traking
seson 2
|
12.45-14.30
|
Hutan
Buper
|
18
|
Istirahat
dan Sholat
|
14.30-15.30
|
Tenda
& Aula
|
19
|
Kemas-kemas
tenda dan perlengkapan pribadi
|
15.30-16.00
|
Tenda
masing-masing
|
20
|
Upacara
prosesi pindah golongan sekaligus upacara penutupan
|
16.00-16.30
|
Lapangan
|
21
|
Sayonara
|
16.30-selesai
|
|
IX.
Laporan
Penggunaan Anggaran Biaya
Terlampir
X.
Deskripsi
Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan
(PTA) pangkalan SMA HARAPAN BANGSA dilaksanakan selama 2 hari. Gambaran dari
kegiatan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Upacara
Pembukaan
Upacara
pembukaan PTA dilaksanakan di lapangan pendopo Palawi (Baturraden). Petugas
upacara ini dari calon dewan ambalan kelas XI, sedangkan yang bertugas sebagai
pembina upacara adalah kepala SMA HARAPAN BANGSA sekaligus sebagai Kamabigus.
Upacara berlangsung khidmat tanpa ada suatu halangan apa pun. Amanat yang
diberikan oleh Kamabigus berkaitan dengan pentingnya gerakan pramuka sebagai
salah satu wadah kaum muda untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Selain itu,
dengan adanya perkemahan ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk menjalin
persaudaraan antara kelas X, XI, dan XII.
2. Apel
Penyalaan Api Unggun
Apel penyalaan api unggun
dilaksanakan setelah shalat Isya atau pukul 19.30. Apel ini merupkan salah satu
rangkaian dari perkemahan tamu ambalan. Pada mulanya api unggun digunakan sebagai
penghangat badan ketika udara malam hari yang cukup dingin. Selain itu, api
unggun juga digunakan untuk menjauhkan diri dari gangguan binatang buas. Dalam
kegiatan pendidikan kepramukaan, apel api unggun dilaksanakan sebagai acara
hiburan dengan suasana yang riang gembira. Tujuan diselenggarakannya api unggun
adalah untuk mendidik dan menumbuhkan keberanian dan kepercayaan pada diri
sendiri melalui cara berpentas.
3.
Outbond
(Tracking)
Beberapa permainan outbond pada kegiatan PTA adalah sebagai
berikut:
a. Menyelesaikan
masalah dari batang korek api;
b. Merayap;
c. Melempar
air;
d. Memindahkan
bola pingpong;
e. Mengisi
air;
f. Pesan
berantai;
g. Mengumpulkan
sampah.
4. Upacara
Penutupan
Upacara penutupan dilaksanakan pada
pukul 14.00 sampai pukul 14.30. Upacara ini sekaligus dijadikan sebagai
pelantikan pemindahan golongan pramuka penggalang menjadi anggota pramuka
penegak.
XI.
Penutup
Demikian laporan ini
kami sampaikan sesuai dengan pelaksanaan kegiatan PTA. Laporan kegiatan ini
dapat dijadikan bahan evaluasi dan penentuan
kebijakan untuk kegiatan selanjutnya. Atas perhatian dan kerjasamanya kami
sampaikan terima kasih.
Purwokerto,
29 Agustus 2017
Ketua Sangga Kerja Ketua Panitia
( ) ( )
Dewan Pembimbing Pembina
Pramuka
( ) ( )
Mengetahui,
Ka Mabigus
( )
Post a Comment
Post a Comment