Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Post a Comment
Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan observasi merupakan salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Materi ini merupakan salah satu materi yang ada di kurikulum 2013. Berikut ini merupakan contoh teks laporan hasil observasi berkaitan dengan lingkungan (objek wisata)


teks laporan observasi

Objek Wisata Baturraden
Lokawisata Baturaden terletak di sebelah selatan salah satu gunung berapi yang masih aktif, Gunung Slamet. Lokasiwisata yang berjarak hanya sekitar 15 km dari kota Purwokerto, Jawa Tengah ini, tidak hanya menyimpan panorama alam yang indah, tetapi juga menyimpan cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang cukup akrab di masyarakat Indonesia. Baturraden adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan dari lereng Gunung Slamet. Baturraden dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Dari kota Purwokerto dapat ditempuh dalam waktu 15 menit menggunakan kendaraan pribadi dengan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Apabila ingin menggunakan kendaraan umum, wisatawan dapat naik angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Jika ingin lebih praktis wisatawan dapat menggunakan taksi.
Baturraden karena letaknya di lereng gunung menjadikan kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari. Hal ini yang menjadikan Baturraden sebagai  objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, terutama pada hari minggu dan hari libur nasional. Pemandangan alam di sini menjadi salah satu tempat rekreasi yang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dinikmati udaranya yang sangat segar sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan banyak hotel dan vila yang didirikan di sini. Di samping itu, bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman dan aman. Dan tanpa perlu khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan sate kelinci.
Di Baturraden juga banyak tempat yang diminati oleh para pengunjung baik domestik maupun asing. Beberapa objek wisata terusan di Baturraden seperti taman bermain, air terjun, kolam renang, pancuran telu, pancuran pitu, kebun binatang, dan jembatan gantung. Tempat-tempat tersebut menjadi andalan di objek wisata Baturraden. Banyaknya objek wisata terusan yang disediakan bagi pengunjung dapat memudahkan pengunjung untuk memilih objek wisata terusan sesuai dengan keinginannya. Untuk memasuki objek wisata terusan tersebut memang ada yang berbayar dan tidak berbayar.
Taman ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk tempat peristirahatan sambil menikmati bekal yang pengunjung bawa. Ditempat ini juga terdapat patung “Dewi Ciptarasa dan Prabu Pulebahas beserta monyetnya”. Selain itu, di tempat ini juga terdapat banyak penjual, baik penjual makanan dan minuman maupun cinderamata. Taman bermain adalah salah satu objek wisata yang menarik.
Air terjun dapat kita jumpai bila kita pergi ke taman Baturraden. Disana pemandangannya sangat indah dan biasanya dibawah air terjun digunakan untuk tempat bermain anak-anak maupun dewasa. Air terjun di Baturraden biasanya digunakan oleh para pengunjung sebagai tempat pengambilan foto sebagai kenangan. Di sini para pengunjung lebih senang bermain-main air dan bersantai ria sambil melihat pemandangan yang sangat indah disekitarnya.
Kolam renang merupakan taman yang mengasikkan di lokasi Baturraden. Dikolam ini kita dapat mandi sambil bermain-main air disini juga disediakan baju renang bagi para pengunjung yang ingin berenang tapi tidak membawa baju renang. Dikolam ini juga terdapat bagian yang dalam dan dangkal sehingga para pengunjung diharapkan berhati-hati terutama bagi mereka yang belum pandai berenang. Bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang maka lebih tepat untuk melihat-lihat saja karena kalau mereka berenang takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kolam renang ini memang cukup mengasikkan bagi pengunjung.
Pancuran telu juga merupakan salah satu objek yang banyak diminati para pengunjung. Di pancuran ini biasanya pengunjung hanya melihat-lihat saja. Pancuran telu juga merupakan salah satu objek yang menarik karena di sini terdapat tiga pancuran yang sesuai dengan namanya. Pancuran lebih sering digunakan sebagai tempat bermain saja.
Pancuran pitu merupakan objek wisata berupa sumber mata air dari tujuh tempat yang berbeda dan dengan suhu air yang berbeda. Pancuran pitu adalah nama objek wisata di Baturraden yang paling jauh dan tinggi lokasinya yaitu sekitar 2,5 km dari dari pintu masuk Objek wisata Baturaden. Pancuran ini merupakan pancuran teratas yang ada di Baturraden. Di pancuran ini konon Syech Maulana Maghribi (Mbah Atas Angin) sembuh dari penyakit, yaitu penyakit kulit yang dideritanya. Sumber mata air ini mengandung belerang sehingga batu-batuan di bawah mata air berubah warna kuning keemasan. Di Pancuran Pitu para pengunjung bergantian mencuci kaki dan tangannya. Pancuran Pitu merupakan inti dari objek wisata Baturraden sehingga para pengunjung lebih mengutamakan pergi ke sini, bahkan boleh dikata belum sempurna rasanya apabila berkunjung ke Baturraden namun belum ke lokasi Pancuran Pitu.
Pada objek wisata Baturraden terdapat kebun binatang yang letaknya di dekat kolam yang digunakan oleh para pengunjung untuk melakukan perjalanan berputar-putar mengelilingi kebun binatang. Pengunjung dapat mengelilingi kolam renang sambil melihat-lihat dengan menggunakan perahu yang berbentuk seperti angsa. Di kebun binatang terdapat bermacam-macam hewan lindung yang sudah terancam kepunahannya. Seperti Gajah, Siamang, Orang Utan, Harimau, dan binatang-binatang lainnya yang dilindungi.
Jembatan Gantung ini adalah jembatan yang terbuat dari kayu. Jembatan Gantung merupakan salah satu jalan yang harus dilalui apabila ingin berkunjung ke Pancuran Pitu. Dibawah Jembatan Gantung terdapat pemandangan yang sangat indah sehingga jembatan ini banyak pengunjung yang berhenti untuk melihat pemandangan di bawahnya dan sekitarnya.
Beberapa pilihan atau jenis objek wisata di Lokawisata Baturraden di atas merupakan salah satu tempat yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi bagi setiap orang. Pada masa sekarang, objek wisata yang mengedepankan lingkungan alam sudah cukup jarang. Dengan adanya objek wisata Baturraden tersebut menjadi salah satu objek wisata alam yang masih cukup layak untuk dikunjungi oleh siapa saja.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter