Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas X tentang Kata Depan dan Konjungsi

Post a Comment
contoh soal konjungsi

TEKS 1
Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan (yang/oleh/dari) bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja (atau/dan/tetapi) mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini terjadi kemacetan setiap hari (oleh/pada/karena) titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja (dan/atau/karena) siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.
Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan (biarpun/apapun/maupun) lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah (pada/akan/yang) terjadi di jalan-jalan arah luar kota misalnya, di Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates. Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi penginapan (atau/tetapi/dan) tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

TEKS 2
Indonesia yang menganut perekonomian terbuka (sangat antusias/sangat sulit/sangat setuju) untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas (sebab/dari/pada) gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. World Trade Organization (WTO) (atau/dan/tetapi) Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional (di/pada/yang) secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara.

TEKS 3
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada (oleh/karena/di) sekitar manusia. Lingkungan ada bermacam macam jenisnya. Lingkungan yang ada di sekitar kita, misalnya adalah lingkungan rumah (atau/dan/tetapi) lingkungan sekolah. Kebersihan lingkungan (karena/yang/pada) ada di sekitar kita adalah tanggung jawab kita sebagai penghuninya. Jika kita tidak merawat lingkungan tempat kita tinggal, kita akan merasakan akibatnya nanti. Kebersihan lingkungan (sangat mudah/sangat penting/sangat sulit) bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut. 

Kebersihan Lingkungan adalah salah satu hal yang wajib di suatu lingkungan. Jika lingkungan kita kotor, kita akan merasa risih (atau/dan/tetapi) kurang konsentrasi. (Bahkan/Oleh karena itu/Namun), kebersihan lingkungan perlu dijaga. Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah misalnya (dengan/karena/pada) membuang sampah di tempat sampah, tidak membuang sampah di kolong meja (biarpun/meskipun/maupun) di tempat lain selain tempat sampah dan melaksanakan tugas piket dengan sebaik baiknya. Cara menjaga kebersihan lingkungan rumah misalnya menyapu rumah dan halaman secara rutin. Membersihkan lingkungan harus dilakukan setiap saat (oleh/karena/maka) kita. (Oleh karena itu/Dengan demikian/Selain itu) kebersihan lingkungan bisa dijaga dengan Kerja bakti. Kerja bakti membersihkan lingkungan biasanya mengikuti program 3M untuk membasmi nyamuk nyamuk demam berdarah. 3M adalah mengubur, menguras, menutup. 

Kebersihan lingkungan sangat diperlukan dan suatu hal yang wajib bagi suatu lingkungan. Jika lingkungan kita bersih, kita akan merasa nyaman, tenang (dan/atau/tetapi) konsentrasi dalam melakukan berbagai hal. Jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan dapat mendatangkan penyakit. Jika kita berkonsentrasi, hasil yang kita capai biasanya lebih baik (pada/oleh/daripada) saat kita tidak berkonsentrasi. Selain itu, kebersihan lingkungan perlu dijaga karena jika tidak (oleh/akan/pada) menimbulkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang mungkin terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan misalnya tipes, demam berdarah, cacingan, sakit kulit, (atau/dan/tetapi) malaria. (Bahkan/Namun/Oleh Karena itu) kita sangat memerlukan kesadaran tentang kebersihan lingkungan. Jika kita menjaga lingkungan dengan baik, lingkungan juga akan menjaga kita. 

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter