Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas XII (3)

Post a Comment
contoh soal Bahasa Inondesia terbaru
Kumpulan Soal Bahasa Indonesia Kelas XII. Pada kesempatan ini akan disajikan beberapa soal bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk belajar dalam menghadapi ulangan harian, untuk persiapan ujian semester, atau ujian nasional.

Perhatikan paragraf berikut!
Selain mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi dalam bidang mata pelajaran yang diampunya, seorang guru dituntut pula untuk menunjukkan ketrampilannya secara unggul dalam bidang pendidikan dan pembelajaran, seperti dapat menerapkan berbagai metoda dan teknik pembelajaran, teknik pengolahan kelas, dan lainnya. Untuk memperoleh ketrampilan tersebut, di samping memerlukan bakat tersendiri, juga diperlukan latihan secara sistimatis dan berkesinambungan. Seorang guru juga tidak hanya sekedar unggul dalam mempraktekkan pengetahuannya, tetapi juga mampu menuliskan segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang keilmuannya.
22. Pembenaran kata tidak baku yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah....
A.  Keterampilannya, metoda, sistematis, mempraktekkan.
B.  Keterampilannya, metode, sistematis, mempraktekkan.
C.  Ketrampilannya, metode, sistematis, mempraktikkan.
D.  Keterampilannya, metode, sistimatis, mempraktikkan.
E.  Keterampilannya, metode, sistematis, mempraktikkan.

Perhatikan kutipan teks biografi tersebut!
Albert Einstein lahir pada hari Jumat, 14 Maret 1879, di sebuah kota yang makmur, di bagian Selatan Jerman. Sejak masih bayi, Albert sudah mengundang komentar. Ibunya merasa bentuk kepalanya tidak seperti bayi-bayi lain. Dan lebih dari itu, dia juga merasa takut kalau Albert Einstein menderita cacat mental karena dia terlambat bicara.
23. Isi yang paling dominan dari kutipan biografi tersebut adalah....
A. Ciri-ciri Albert Einstein.
B. Kelahiran Albert Einstein.
C. Albert Einstein terlambat bicara.
D. Sisi lain dari nama besar Einstein.
E. Tanggal dan tahun kelahiran Einstein.

Perhatikan kutipan dialog berikut!
Pengemis   : Demi Allah, saya tidak akan mencuri lagi, Nona. Asal...
Ani            : Tidak. Aku tidak akan memberi lagi uang padamu.
Pengemis   : Ah, Nona, kasihanilah saya.
Ani             : Tapi mengapa tadi mau mencuri?
Pengemis  : Tidak, Nona, saya tidak akan sekali lagi. Dan saya sudah bersumpah. Ya, saya sudah bersumpah.
Ani             : (Mengambil uang dari laci meja) Awas, kalau sekali lagi engkau mencuri!
24. Bukti watak tokoh Ani yang baik hati ditunjukkan oleh kutipan....
A.  Ah, Nona, kasihanilah saya.
B.  Tapi mengapa tadi mau mencuri?
C.  Tidak. Aku tidak akan memberi lagi uang padamu.
D.  (Mengambil uang dari laci meja) Awas, kalau sekali lagi engkau mencuri!
E.  Tidak, Nona, saya tidak akan sekali lagi. Dan saya sudah bersumpah. Ya, saya sudah bersumpah.

Bacalah kutipan cerpen berikut ini!
.... Kalau tidak, tentu telah berkurang satu lowongan kerja untuk tukang kebun keliling seperti dia. Dua hari yang lalu itu ku kemas pakaian-pakaian bekas anak-anak yang sudah tidak muat lagi mereka kenakan. Aku yang menyisihkan pakaian-pakaian itu milikku, begitu juga milik istriku. Pakaian-pakaian bekas itu kuberikan kepadanya, di samping upah yang dia terima. Kami sebenarnya bukanlah orang yang mampu. Tapi kebiasaan seperti itu telah ditanamkan orang tuaku sejak aku masih kecil.
(Dikutip dari cerpen Malam Takbir, Hamsad Rangkuti)
25. Amanat yang terkandung dalam penggalan cerpen di atas adalah....
A.  Barang-barang bekas hendaknya dimanfaatkan.
B.  Orang mampu harus menyayangi orang tak mampu.
C.  Bila kita belum mampu tak perlu mengasihi orang lain.
D.  Kita tidak boleh mengurangi lowongan kerja orang lain.
E.  Anjuran bersedekah apa saja kepada orang lain yang membutuhkan.

Perhatikan pantun berikut!
....
Mendapat rusa belang kaki
Berguru kepalang ajar
Bagai bunga kembang tak jadi
26. Larik yang tepat untuk melengkapi pantun di atas adalah...
A.  Berburu dan berlayar
B.  Berburu ke padang pasir
C.  Berburu ke padang datar
D.  Berburu hewan ke pasar
E.  Berburu ke hutan belantara

Perhatikan pantun berikut!
Rindu dendam keluh kesah
Seolah sembilu menusuk kalbu
Rinduku dalam hatiku resah
Terasa pilu tidak bertemu            

Tunduk malu tidak biasa
Bunga melati jadi tumpuan
Sehari berlalu setahun terasa
Rindu di hati padamu Puan

27. Persamaan isi kedua pantun di atas berkaitan dengan rasa....
A.  Kerinduan
B.  Kebencian
C.  Keangkuhan
D.  Kebersamaan
E.  Kepasrahan

Perhatikan puisi berikut!
Aku
Kalau sampai sampai waktuku
Kumau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih perih
Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi

28. Kalimat resensi yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah....
A.  Keinginan si aku dalam hidup seribu tahun lagi.
B.  Harapan si aku dalam meraih cita-cita yang diinginkan.
C.  Kekecewaan si aku karena dikucilkan oleh lingkungannya.
D.  Pemberontakan si aku atas ketidakbebasan yang dialaminya.
E.  Ketidakpuasan si aku dalam menjalani kehidupan remajanya.

29. Suasana yang tergambar dalam penggalan puisi tersebut adalah....
A.  Sedih
B.  Gelisah
C.  Takut
D.  Semangat
E.  Sepi

Perhatikan kalimat langsung berikut ini!
“Kalian jangan hanya memikirkan masalah dunia saja, tetapi pikirkanlah hal-hal surgawi,” kata Pak Ustad kepada murid-muridnya.
30. Makna imbuhan –wi pada kata surgawi di atas adalah....
A.  Berhubungan dengan
B.  Sesuatu yang ada
C.  Sesuatu yang
D.  Kausatif
E.  Proses/hal

31. Kata ulang murid-muridnya mempunyai makna....
A.  Jumlah (banyak)
B.  Proses
C.  Keadaan
D.  Hal yang berkaitan
E.  Peristiwa

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter