Contoh Teks Berita ' Bahasa Indonesia, Jati Diri Bangsa Indonesia'

Post a Comment
bahasa kita bahasa indonesia

Sekarang, posisi bahasa Indonesia mulai tergeser karena pemanfaatan bahasa asing. Wali Kota Tomohon, Jimmy Feidie Eman menungkapkan, kondisi tersebut memprihatinkan. Ia mencontohkan seperti pada papan-papan nama gedung, papan petunjuk, kain rentang, bahkan iklan banyak yang menggunakan bahasa asing. Tidak  hanya di ruang publik, bahkan pemanfaatan bahasa di dalam organisasi pemerintahan pun mulai bergeser
"Kondisi yang hampir serupa juga terjadi pada penggunaan bahasa dalam administrasi organisasi, perusahan dan pemerintahan, seperti tercermin pada surat-surat dinas dan laporan," kata Eman. Lanjut dia, harus disadari bahasa Indonesia merupakan simbol kedaulatan dan jati diri bangsa, namun belum sepenuhnya dimartabatkan di negeri sendiri. Menurut Eman, kaidah bahasa yang selama ini telah dibakukan belum sepenuhnya diterapkan dengan baik dan benar bahkan terkesan diabaikan seiring perkembangan teknologi.
Bahasa Indonesia merupakan Bahasa Nasional dan bahasa resmi berdasarkan amanat Sumpah Pemuda 1928 dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Oleh karena itu, Eman mengajak kepada seluruh komponen dalam masyarakat yang ada di Kota Tomohon untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk dalam semua kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan. Ia pun menginstruksikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah untuk mempedomani bahasa Indonesia yang baku dalam setiap komunikasi yang dilakukan baik penyampaian informasi secara langsung maupun melalui kegiatan surat menyurat dalam kegiatan sehari-hari. Begitu juga kepada seluruh organisasi dan lembaga vertikal baik perusahan daerah maupun perusahan swasta.
"Semuanya ini diingatkan kepada kita sekalian bahwa berbahasa Indonesia yang baik adalah cerminan bangsa Indonesia yang cinta bangsa dan tanah air," kata dia. Eman mengakui, bahasa asing penting juga untuk dikuasai untuk tujuan komunikasi dan bersaing di kehidupan global. Namun, bahasa Indonesia jauh lebih penting untuk diutamakan karena merupakan jati diri dan citra bangsa. Selain itu, Indonesia pun kaya denga bahasa-bahasa daerah. Sama dengan bahasa Indonesia, bahasa daerah pun perlu dilestarikan. "Mudah-mudahan melalui komitmen kita bersama untuk memartabatkan bahasa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, Bahasa Indonesia benar-benar menjadi citra, jati diri dan simbol kedaulatan bangsa," kata dia.
Sumber: tribunnews

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter