Contoh Pidato Peringatan Hari Pramuka

2 comments
Hari pramuka sering diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Pada tanggal ini biasanya sering diadakan kegiatan upacara. Pada kesempatan ini, saya akan bagikan contoh pidato peringatan hari pramuka terbaru.

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang Terhormat, Kepala SMA ………………
Yang saya hormati, Dewan Guru dan Segenap Staf SMA …………………….
Dan adik-adik Pramuka yang saya sayangi,

SALAM PRAMUKA!
Hadirin yang saya hormati,
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena pada pagi hariyang cerah ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk bertemu dalam upacara peringatan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2016. Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala SMA ………… yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato di hari yang sangat istimewa ini. Sebagai anggota Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka. 

Hadirin yang saya hormati,
Kita sangat bangga bahwa gerakan pramuka masih bersemi sebagai wadah untuk memupuk rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan sikap tangguh pemuda dan pemudi Indonesia. Gerakan pramuka tetap berjaya dalam dunia pendidikan untuk melatih generasi muda, membangkitkan kesadaran akan pentingnya memberi kontribusi nyata sebagai warga negara. Pergaulan hedonis kaum muda dan degradasi moral yang terpampang nyata di depan mata menggugah kepedulian kita untuk menghadapi tantangan tersebut. Bila kita mengamati realita yang terjadi saat ini, banyak sekali generasi muda yang mengalami demoralisasi (degradasi moral), di mana mereka terhanyut dalam romantika modernisasi. Proses pengadopsian budaya barat ini ini telah mengakibatkan terjadinya cultural shock (kegoncangan budaya) dan disfungsionalitas pada generasi muda yang umumnya dari kalangan pelajar. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang lupa akan status dan peranannya di dalam masyarakat. Contohnya, sebagian dari mereka hanyut dalam ilusi modernitas yang membuat mereka menjadi lupa untuk memanifestasikan fungsi, status dan perannya sebagai pelajar. Mereka sudah terlena dalam konstruksi sosial yang dibangun para kapitalis melalui empat 4 hal utama, yaitu : food, fun, fashion dan film. Akhinya mereka jadi lebih suka entetaiment (hiburan) dari pada education (pendidikan).
Sekarang, kita harus bersama-sama membangun kembali semangat nasionalisme kita melalui gerakan pramuka ini. Eksistensi gerakan pramuka membuat kita cukup tenang di tengah perubahan jaman yang semakin memprihatinkan. Apabila kita menyusuri jejak sejarah tentang peranan gerakan pramuka, kita akan menemukan catatan bahwa pramuka adalah organisasi yang berperan dalam menyatukan semangat pemuda dan pemudi ketika masa awal kebangkitan nasional. Pada saat itu gerakan pramuka turut membangunkan pemuda dan pemudi untuk mengikuti bela negara. Kegiatan pramuka banyak memiliki sisi positif untuk membangun kepribadian dan kemampuan seseorang. Salah satunya untuk melatih softskill dan hardskill yang dimiliki seseorang. Semua itu adalah bukti nyata bahwa gerakan pramuka harus selalu dijaga eksistensinya dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,
Berbagai pihak juga perlu ikut andil menghimbau peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Kita asah lagi kepedulian kita terhadap sesama dengan mengajak teman-teman kita mengikuti kegiatan yang positif seperti pramuka ini. Mari kita taklukkan tantangan jaman ini dengan bahu-membahu memasyarakatkan pramuka karena harapannya kegiatan pramuka tidak hanya bersemi di lingkungan pendidikan tetapi juga di kalangan masyarakat lainnya. Mari kita bangkit dan perduli pada sesama. Itulah hal penting yang patut kita sadari secara bersama. Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
SALAM PRAMUKA! 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Postingan Terkait

2 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter