Keutamaan Shalat Tahajud atau Qiyamul Lail

Post a Comment
keutamaan shalat tahajud
Setiap umat Islam pasti mendambakan untuk masuk ke dalam surga. Mengharapkan surga, berarti setiap muslim harus senantiasa bertakwa kepada Allah SWT. Yang dimaksud dengan takwa ialah menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Muslim mana yang tidak ingin mendapat predikat muslim sejati di mata Allah? Semua muslim ingin terlihat bertakwa di hadapan pencipta-Nya untuk mendapatkan segala keridhaan-Nya. Hal ini pula mungkin yang selalu dipikirkan oleh kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Sehingga tak jarang mereka selalu melakukan kewajiban serta menjalankan sunnah secara sempurna. Begitu banyak sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad guna menuntun kehidupan kaum muslim di muka dunia. Salah satu sunnah yang sering kita dengar yaitu amalan qiyamul lail. Ibadah yang dilaksanakan pada waktu malam hari atau dini hari.

Shalat tahajud merupakan shalat yang dilaksanakan pada malam hari setelah kita bangun dari tidur. Amalan ini dapat dilaksanakan pada waktu 1/3 malam pertama, di waktu 2/3 malam, atau 1/3 malam terakhir. Namun, yang paling baik adalah pada waktu 1/3 malam terakhir. Ini merupakan waktu yang paling khusuk untuk melaksanakan shalat tahajud. Amalan ini banyak dilakukan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Tak jarang banyak orang yang mengerjakannya di kala terbangun di tengah malam. Anda pun bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat sampai 8 rakaat, dilanjutkan dengan shalat witir 3 rakaat.

Waktu paling mustajab untuk melaksanakan shalat tahajud sendiri adalah 1/3 malam terakhir. Dimana para malaikat turun ke langit paling rendah atau langit pertama dan Allah akan mendengar setiap doa hamba-Nya. Banyak orang mengatakan bahwa shalat tahajud diyakini memberi ketenangan dan kedamaian jiwa. Seseorang yang terbiasa bangun untuk sholat di tengah malam pastinya mampu mengontrol emosi. Memang nikmat yang didapatkan tidak langsung atau pertama kali melaksanakan shalat tahajud. Apabila seseorang selalu istiqomah dengan shalat tahajudnya, maka ia akan mendapatkan ketenangan jiwa dan selalu dekat dengan Allah SWT.

Al-Quran menjelaskan bahwa Shalat Tahajud adalah shalat sunah utama yang baik bila dikerjakan setiap malam, karena akan mengangkat derajat kita ketempat yang mulia.
Allah berfirman:
“Dan dari sebagian malam hendaklah engkau bangun [Tahajud], sebagai Ibadah tambahan untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat derajatmu ketempat terpuji” [Al-Israa 79].

Rasulullah bersabda bahwa sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam, dan sebaik-baik manusia adalah yang melaksanakan shalat tahajud.
Bila malam mulai merayap kekedalaman menuju jelang fajar, bangkitlah dari tidur untuk bermunajat kepada-Nya, seraya merenungi semua nikmat serta memohon kebaikan dunia dan akhirat.
Rasulullah bersabda :
“Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat, seandainya seseorang meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat, niscaya Allah akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam”.
Andai saja para kerabat kita mengetahui keutamaan dan keindahan shalat tahajud ini, pastilah mereka akan berlomba-lomba untuk menjalankannya.
Allah berfirman:
“Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah” [Adz-Dzaariyaat 16-18].
Sungguh indah dan nikmat bila bermunajat kepadaNya dikeheningan malam, kemudian diteruskan dengan bertasbih sesuai dengan firmanNya:
“Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri” [Ath-Thuur 48].
“Bertasbihlah kepadaNya pada bagian yang panjang dimalam hari” [Al-Insaan 26].
“Bertasbihlah kepadaNya pada beberapa saat dimalam hari dan diwaktu terbenamnya bintang-bintang” [At-Thuur 49].

Semoga artikel ini bermanfaat.

Semoga kita semua mendapatkan kemudahan untuk melaksanakan shalat tahajud dari Allah SWT. Amin 

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter