Ragam Kalimat dalam Bahasa Indonesia

Post a Comment
Ragam kalimat berarti jenis atau macam-macam kalimat yang ada. Istilah klausa dipakai untuk merujuk pada deretan kata yang paling tidak memiliki subjek dan predikat, tetapi belum memiliki intonasi atau tanda baca tertentu. Istilah kalimat juga mengandung unsur paling tidak subjek dan predikat, tetapi telah dibubuhi intonasi atau tanda baca. Jadi, deretan kata Ahmad baru membeli mobil (tanpa intonasi atau tanda baca tertentu) adalah sebuah klausa. Bila kemudian kita tambahkan intonasi yang naik, lalu turun pada kata mobil, maka terbentuklah kalimat yang merupakan pernyataan berita. Dalam bahasa tulis, hal ini diwujudkan dengan pemakaian tanda titik. Apabila intonadinya naik, atau tanda bacanya adalah tanda tanya, maka yang terbentuk adalah kalimat tanya. Dengan kata lain, suatu klausa bisa menjadi kalimat yang berbeda-beda tergantung pada intonasi atau tanda baca yang dipakai.
Jika ditinjau dari jumlah klausanya, kalimat dapat berupa kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tunggal adalah kalimat yang proposisinya satu dan karena itu predikatnya pun satu, atau dianggap satu karena merupakan predikat majemuk. Jadi kalimat
1.         Dia bekerja di Bank.
2.         Mereka makan dan minum di kedai itu.
3.         adalah kalimat tunggal dengan predikat bekerja, dan makan dan minum.

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu proposisi sehinggaempunyai paling tidak dua predikat yang tidak dapat dijadikan suatu kesatuan. Karena sifat itu, maka kalimat majemuk selalu berwujud dua klausa atau lebih. Jika hubungan antara klausa yang satu dengan klausa yang lain dalam satu kalimat itu menyatakan hubungan koordinatif, maka kalimat macam itu dinamakan kalimat majemuk setara. Jika hubungannya subordinatif, yakni yang satu merupakan induk, sedangkan yang lain merupakan keterangan tambahan, maka kalimat macam itu dinamakan kalimat majemuk bertingkat. Contoh kalimat:
1.         Kalimat majemuk setara
2.         Dia pergi dan istrinya mulai menangis.
3.         Kalimat majemuk bertingkat

4.         Dia pergi sebelum istrinya menangis.

Postingan Terkait

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter